8 Ciri-Ciri Burung Elang dan Habitat


Jumat, 10 Agustus 2018

8 Ciri-Ciri Burung Elang dan Habitat

Pada kesempatan kali ini Admin ingin sedikit membahas mengenai apa saja ciri-ciri burung elang? atau dalam bahasa inggris di sebut dengan eagle ini adalah salah satu jenis burung yang memiliki ukuran tubuh yang cukup besar dan menjadi burung pemangsa (predator) yang cukup tangguh di udara.

Habitat elang sendiri secara umum sering berada di daerah dataran tinggi atau pegunungan, Adapun habitat elang lainnya ada di hutan dataran rendah, perkebunan, rawa, savanna, dan lain sebagainya, disesuaikan dengan jenisnya masing-masing.

Elang dapat kita temukan di Asia, Eropa, Amerika utara, Benua afrika dan bahkan di Indonesia sendiri terdapat beberapa spesies burung elang, Contohnya seperti Elang jawa, Elang brontok, Elang hitam, Elang laut perut putih, Elang-ular bido dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri Burung Elang


Mengenai klasifikasi ilmiah burung elang: Kerajaan: animalia, Filum: chordata, Kelas: aves, Ordo: accipitriformes, Famili: accipitridae.

Adapun mengenai ciri-ciri elang adalah sebagai berikut, Silakan sahabat dapat menyimak nya di bawah ini.

1. Elang termasuk hewan pemangsa berdarah panas dan sang raja unggas.

2. Memiliki tubuh dan sayap yang diselubungi oleh bulu pelepah.

3. Burung elang berkembang biak dengan cara bertelur dan sangat bertanggung jawab dengan anaknya, Ia akan merawat anaknya hingga ia mampu terbang.

4. Termasuk jenis burung predator yang hampir tidak ada musuh ter berat baginya, kecuali manusia yang kerap kali memburu dan menangkapnya, Atau bisa juga di era modern ini Drone mungkin saja menjadi musuh ter beratnya di udara, Hehehe.

5. Makanan Elang adalah beberapa hewan mamalia kecil seperti tikus, kelinci, tupai, kadal, ayam, dan bahkan ia mampu menangkap Ikan di dalam air.

6. Elang memiliki paruh yang melengkung, Namun tidak bergigi. Paruhnya sangat kuat dan mampu mengoyak mangsanya.

7. Memiliki sepasang kaki yang kuat dan di lengkapi dengan kuku yang runcing, tajam, melengkung yang mampu mencengkeram hewan mangsanya.

8. Salah satu jenis burung yang memiliki indra penglihatan yang sangat tajam dan juga jeli, Di udara yang tinggi Ia mampu melihat hewan buruan nya dalam jarak yang cukup jauh.

Hal Menarik Mengenai Burung Elang

Ada beberapa negara yang menggunakan burung elang sebagai simbol atau lambang negaranya.

Tentu hal tersebut bukanlah tanpa alasannya, Ada beberapa filosofi dari burung elang ini, Sehingga menjadi simbol atau lambang di berbagai negara.

Contoh filosofi burung Elang yang bisa kita amati adalah ia, Berdikari (berdiri di atas kaki sendiri) Ia suka terbang dan berburu sendiri menggunakan kemampuan dan potensi dirinya.

Ia sangat fokus pada tujuan, Berburu adalah kemampuannya dan menjadi salah satu jenis hewan predator yang hampir selalu berhasil dalam hal berburu mangsanya.

Burung elang sangat tangguh, Bahkan ia suka mengasah potensi dirinya dengan cara mencari suasana yang lebih menantang, Ia kerap kali mencari dan menunggu angin badai untuk membantunya terbang lebih tinggi di udara.

Termasuk burung yang setia dengan pasangannya, Bukan hanya burung merpati saja yang mendapatkan julukan sebagai burung paling setia, Elang pun demikian khususnya jenis elang botak.

Sebenarnya masih ada banyak lagi Filosofi menarik lainnya yang dimiliki oleh burung berkharisma dan berwibawa ini.

Lihat juga: Ciri-ciri burung hantu

Intinya kita sebagai manusia harus menjaga burung elang khususnya yang asli Indonesia agar supaya tetap lestari dan terhindar dari ancaman kepunahan.

Semoga pembahasan mengenai ciri-ciri burung elang ini dapat bermanfaat untuk kita semua.