Cara Mengatasi Laptop Lemot, Lag dan Jadi Lebih Cepat


Adakah cara mengatasi laptop lemot? Tentu saja ada dan disini kami akan membahas mengenai bagaimana cara agar laptop tidak lambat, lag dan menjadi cepat kembali jadi pastikan Anda selalu menyimak informasinya di sini.

Kinerja sistem yang lemot dan juga di tambah laptop yang suka lag terlalu lama, tentu akan sedikit menghambat aktivitas kita untuk mengerjakan beberapa tugas sekolah, kantor atau keperluan yang lainnya.

Kadang jika mengalami hal tersebut yaitu laptop sangat lama memproses perintah dari user, Seakan ingin rasanya di lem biru alias lempar beli yang baru.

Tapi harap bersabar ini ujian dan jangan keburu emosi dulu, Karena pasti ada jalan keluarnya tanpa harus membeli laptop yang baru lagi.

Mengatasi Laptop Lemot, Lag dan Jadi Lebih Cepat



Dikutip dari laman Lifewire.com, Bahwa dari sekian banyak penyebab utama kenapa terjadi perlambatan terhadap kinerja laptop atau komputer adalah di sebab kan karena adanya serangan dari adware, spyware, virus, atau malware.

Jadi pastikan sistem operasi yang Anda gunakan di laptop tersebut dalam keadaan sehat serta bersih dari adanya virus dan jika memang sudah terlanjur telah terjangkiti.

Maka sebaiknya harus segera di hilangkan dan jangan di biarkan terlalu lama atau pasrah begitu saja, Karena tentu masalah laptop lemot tersebut tidak akan kunjung teratasi dengan sendirinya.

Penyebab Laptop Lemot


Adapun mengenai beberapa penyebab kenapa laptop jadi lemot baik itu pada saat baru di nyalakan atau sedang di gunakan, Adalah sebagai berikut.

1. Karena Auto Update


Salah satu yang menyebabkan laptop lemot adalah karena adanya fitur auto-update dan biasanya beberapa program Adobe yang kerap kali meminta update sendiri, jadi akan membuat laptop menjadi lambat begitu di nyalakan.

2. Kapasitas RAM Penuh Tidak Mencukupi


RAM (Random Acces Memory) Sendiri fungsinya sebegai tempat penyimpanan sementara data dan perlu diperhatikan juga bahwa jika kita hendak menyimpan data pastikan memory nya mencukupi.

Jika RAM kurang atau tinggal sedikit, Maka biasanya akan membuat proses sistem menjadi lemot dan juga program yang hendak dijalankan juga akan mengalami crash dan parahnya laptop menjadi hang.

Usahakan jangan menjalankan program secara bersamaan terlalu banyak, Jika kapasitas RAM yang ada pada laptop Anda itu kecil, Sebaiknya di upgrade atau di tambah.

3. Banyaknya Junk Files (Sampah)


Coba Anda cek di recycle bin, Apakah masih menumpuk files sampah nya, Jika masih tersisa maka sebaiknya di hapus saja secara permanen atau di bersihkan agar supaya ruang hardisk tidak di penuhi dengan junk files.

Anda juga bisa menghapus dan membersihkan temporary file, cache, cookies, history peramban (browser) secara berkala dan bisa juga dengan mengurangi add-on untuk mempercepat kinerja laptop pada saat berseluncur di internet.

Cara melakukannya pun tidak lah terlalu sulit, Anda bisa menggunakan bantuan CCleaner atau aplikasi pembersih lainnya untuk membersihkan semua itu.

4. Karena Virus


Salah satu penyebab laptop lemot adalah karena ada nya virus yang menjangkiti sistem dan biasanya mereka akan menguasai processes secara berlebihan dan membuat beban laptop semakin berat.

5. Kapasitas Hardisk Hampir Penuh


Jangan memaksakan untuk menyimpan data pada saat hardisk pada laptop Anda sudah hampir penuh dan limit, Karena akan menyebabkan aliran data menjadi berat serta lambat.

Sebaiknya kurangi data yang tersimpan pada hardisk, Bisa dengan menghapus file sampah atau data yang sebenarnya tidak terpakai atau jarang digunakan.

Anda bisa menggunakan aplikasi pembersih seperti CCleaner atau Disk Cleanup untuk membersihkan file sampah yang menumpuk.

6. Laptop Overheat Atau Terlalu Panas


Penggunaan laptop yang terlalu lama tentu akan membuat laptop menjadi panas atau Overheat, Bisa juga karena kita sering memaksakan sistem untuk bekerja lebih keras dari biasanya dengan membuka banyak aplikasi berat secara bersamaan.

Laptop yang mengalami overheat tentu akan mempengaruhi kinerja laptop itu sendiri menjadi super lambat dan bahkan jika sudah terlalu panas biasanya laptop akan menjadi hang atau pun mati secara mendadak.

Jika sudah begitu, Baiknya kita shut down dan berikan waktu laptop tersebut untuk beristirahat sampai laptop kembali dingin dan bisa digunakan lagi.

7. Kerusakan Pada Hadware


Adanya kerusakan pada komponen hardware juga dapat menyebabkan laptop menjadi lemot, Pastikan hardware tidak dipenuhi dengan debu dan berjalan dengan baik. Biasanya komponen yang sering terjadi masalah itu ada pada HDD, VGA, Processor atau Hardware lainnya.

Cara Agar Laptop Tidak Lemot Alias Lambat


Berikut ini adalah beberapa tips mengatasi laptop yang lemot, Silakan di simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

1. Lakukan Scanning Virus


Secara umum virus adalah salah satu biang keladi kenapa laptop menjadi lemot, Hal tersebut bisanya karena virus aktif pada saat pertama kali melakukan booting.

Virus yang sengaja membuat beban memory menjadi penuh dan akhirnya berhasil membuat kita emosi.

Maka dari itu baiknya segera hilangkan atau hapus virus, adware, malware dari sistem, salah satunya dengan cara selalu update anti virus dan lakukan scanning secara teratur.

Gunakan anti virus cukup hanya satu saja tidak perlu banyak-banyak, Karena nantinya bukan teratasi malah akan menambah beban laptop Anda saja.

2. Sebaiknya Uninstall Aplikasi Tak Terpakai


Mengoleksi aplikasi boleh-boleh saja, Tapi sesuaikan dengan kapasitas memory yang ada pada laptop Anda.

Jika sudah hampir limit maka baiknya Anda Uninstall beberapa aplikasi atau software yang sekiranya jarang sekali di pakai.

Terlalu banyak program yang di install, tentu akan membuat kinerja laptop menjadi lambat dan hal tersebut karena program yang ada akan memakan resource memory.

Jadi baiknya jika di laptop anda terdapat aplikasi yang jarang digunakan atau habis masa trial, Baiknya di hapus saja jangan di simpan.

3. Gunakan Aplikasi Seperlunya Saja


Terkadang saking semangatnya membuat suatu project, Kita kerap kali membuka banyak software secara bersamaan dan akhirnya laptop pun jadi lemot atau lag, tentu hal tersebut akan mengganggu aktivitas kita.

Maka dari itu baiknya Anda membuka program seperlunya saja, Jangan terlalu banyak karena akan membuat sistem bekerja lebih keras.

Coba anda tekan pada keyboard CTRL+SHIFT+ESC, Kemudian perhatikan bagian processes, Silakan lihat beberapa aplikasi mana saja yang memakan memory cukup besar.

Jika sudah tidak di gunakan lagi, Baiknya Anda matikan dengan cara klik kanan aplikasi tersebut kemudian pilih End process, Setelah itu kinerja laptop pun kembali menjadi lebih ringan.

4. Kurangi Aplikasi Yang Ada Pada Desktop


Kurangi fitur yang ada pada desktop atau halaman depan seperti jam, tanggal, animasi atau background animasi gambar yang berganti setiap beberapa detik.

Hal tersebut tentu akan membuat beban laptop menjadi bertambah.

Anda juga bisa mengurangi shortcut pada desktop, Sehingga tampilan nya lebih rapih dan mengurangi sedikit bebas pada saat laptop baru dinyalakan.

5. Disable Atau Menonaktifkan Sebagian Aplikasi Saat Startup


Jika laptop Anda begitu lambat pada saat baru dinyalakan, Itu berarti ada banyak aplikasi yang berjalan secara otomatis pada saat startup.

Cara mengatasinya cukuplah mudah, Anda bisa memilih mana-mana saja program yang hendak dimatikan fitur atau layanan nya.

Biasanya Adobe atau aplikasi lainnya yang meminta update secara otomatis itulah yang membuat laptop menjadi lemot.

Silakan Anda tekan Win + R pada keyboard, Lalu ketik msconfig, Perhatikan pada bagian tab starup, Disitu akan ada beberapa program yang di centang.

Jika ingin mematikannya cukup hilangkan centang tersebut, Kemudain pilih Apply atau Ok.

6. Pakai Cooling Pad


Laptop yang panas biasanya akan membuat kinerja laptop menjadi lambat, Usahakan gunakan laptop di tempat yang terbuka, bersihkan dari debu dan jangan gunakan laptop di atas kasur atau bantal.

Hal tersebut biasanya akan membuat laptop cepat panas, Gunakan cooling pad untuk mengurangi suhu pada laptop yang panas tersebut.

7. Silakan Install Ulang Sistem Operasi


Solusi terakhir jika laptop Anda masih saja lemot adalah dengan cara install ulang sistem operasi, Dengan cara ini tentu akan membersihkan secara menyeluruh laptop Anda dari file-file sampah yang menumpuk, virus dan lain sebagainya.

Silakan Anda backup terlebih dahulu data atau software mana saja yang di anggap penting, Jika sudah di backup.

Maka silakan jangan ragu untuk menginstal ulang sistem operasi pada laptop Anda,dan masalah pun teratasi.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi laptop yang lemot, Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.