Cara Menghilangkan Dahak Di Tenggorokan 97% Ampuh


Bagaimana cara menghilangkan dahak di tenggorokan (batuk) ? Langkahnya cukup lah mudah, Jadi pastikan Anda menyimak pembahasan ini sampai akhir.

Poin Penting

Hampir kebanyakan orang pasti pernah merasakan batuk, baik itu terhadap bayi maupun orang dewasa.

Nah, jenis batuk pun berbeda-beda Ada batuk yang ringan dan ada juga yang berat, gejala berat inilah yang biasanya di sertai rasa gatal, berdahak dan bahkan sakit.

Terjadinya batuk pun ada beberapa penyebabnya, salah satunya adalah karena tenggorokan gatal atau karena faktor alergi debu, bulu binatang dan lain sebagainya.

Namun ada juga jenis batuk yang cukup berat dan serius, Yaitu karena gejala ISPA, penyakit paru-paru, TBC dan lain sebagainya.

Adanya dahak pada tenggorokan biasanya akan disertai dengan pilek (ingus) hal tersebut akan berpengaruh pada kualitas suara yang berat dan saluran pernafasan pun akan sedikit terganggu.

Kepala menjadi pusing dan aktivitas sehari-hari pun akan sedikit terganggu, Bahkan kualitas tidur akan menjadi buruk dan akibatnya kurang istirahat serta badan menjadi lemas.

Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan


Lantas bagaimana cara menghilangkan dahak di tenggorokan yang disertai dengan batuk-batuk secara alami dan tanpa obat, Silakan disimak tips nya di bawah ini.

Minum banyak air


Dahak yang terlalu kental kadang cukup sulit untuk dapat dikeluarkan, Maka dari itu untuk mengatasinya tentu harus mengecerkan dahak tersebut.

Caranya bisa meminum air putih dengan jumlah yang banyak. Air putih pun dapat menjaga cairan di dalam tubuh dan terhindar dari gejala dehidrasi.

Makan bawang putih


Salah satu cara untuk mengatasi dahak di tenggorokan adalah dengan cara mengkonsumsi bawang putih.

Bawang putih dapat berfungsi sebagai anti jamur dan bakteri. Anda bisa mengunyah bawang putih secara langsung.

Memang rasa dan baunya agak sedikit kurang enak, namun demi meredakan gejala dahak maka Anda harus memaksakannya.


Menghirup uap air hangat yang dicampur dengan daun sirih, daun jeruk nipis atau minyak kayu putih


Cara ini adalah salah satu yang biasa Admin lakukan di rumah jika tenggorokan bermasalah dan berdahak.

Coba siapkan salah satu bahan yang mungkin mudah di dapat oleh Anda di rumah, Bisa daun jeruk nipis, sirih atau bisa juga minyak kayu putih.

Silakan rebus air putih hingga mendidih, Jika sudah silakan angkat dan kemudian masukan daun jeruk nipis, sirih atau beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air panas tersebut.

Tutup sejenak panci atau wadah tersebut, Kemudian buka penutupnya dan hirup uap air tersebut hingga pernafasan menjadi sedikit lega.

Daun mint


Daun mint ini bisa menimbulkan efek segar dan dingin di tenggorokan, Maka tidak heran kalau banyak orang yang memanfaatkan daun mint ini untuk meredakan batuk berdahak dan melegakan tenggorokan.

Jadi untuk mengeluarkan dahak yang cukup ampuh, Maka tak usah ragu untuk mengkonsumsi daun mint. Caranya mudah, Silakan siapkan beberapa lembar daun mint kemudian cuci hingga bersih.

Jika sudah silakan seduh pada gelas yang telah terisi air hangat dan minum lah air tersebut secara rutin atau jika Anda hendak tidur.

Minum air hangat


Perbanyak minum air hangat, Manfaat minum air hangat tentu akan membantu mengecerkan lendir yang menyumbat pada tenggorokan.

Anda juga bisa mencapurkan beberapa jenis tanaman herbal (alami) contohnya seperti jeruk nipis, jahe, mint dan lain sebagainya.

Berkumur air garam


Air garam bukan hanya di manfaatkan untuk meredakan sakit gigi saja, Melainkan dapat juga mengatasi dahak yang menggumpal pada tenggorokan.

Garam sendiri memiliki kandungan sodium yang cukup tinggi. Anda bisa mencoba berkumur menggunakan air garam.

Siapkan satu gelas air hangat, kemudian tuangkan setengah sendok garam bersodium, lalu berkumur sembari menengadahkan kepala.

Menghirup uap air hangat


Caranya hampir sama dengan poin di atas, Hanya bedanya ini tanpa campuran apa pun. Silakan anda rebus air hingga mendidih, kemudian tuangkan ke satu wadah dan hirup uap tersebut.

Dengan menghirup uap, maka hal tersebut akan membantu mengecerkan lendir yang berada dalam paru-paru.

Madu dan Kunyit


Silakan siapkan kunyit yang telah di halus kan (parut) kemudian masukan ke air dan peras kunyit tersebut. Jika sudah Anda bisa langsung seduh kunyit yang telah di peras tersebut ke dalam air hangat.

Jangan lupa juga tambahkan beberapa sendok madu agar rasa dan khasiat nya lebih maksimal.

Lada


Salah satu bahan rempah ini juga bisa meredakan dahak pada tenggorokan. Silakan siapkan lada secukupnya saja dan tuangkan ke segelas air hangat.

Lada ini memang rasanya cukup pedas, Solusinya Anda dapat menambahkan dengan madu untuk mengurangi rasa pedas tersebut.

Minum Madu


Madu juga bisa meredakan dahak pada tenggorokan, Usahakan madu yang alami dan belum di campur dengan gula atau perasa apa pun.

Anda bisa langsung meminum madu tersebut atau mencapurkannya dengan segelas air hangat, Untuk lebih mantap bisa di tambahkan dengan jahe.

Makan makanan pedas


Cara ini juga cukup ampuh mengatasi dahak yang cukup mengganggu di tenggorokan. Coba makan kuah sayur sup yang di campur dengan sambal yang cukup pedas.

Biasanya lendir yang ada pada tenggorokan dan hidung akan sedikit mencair.

Mungkin itu saja yang dapat Admin jelaskan di dalam artikel yang berjudul cara menghilangkan dahak yang ada di tenggorokan.

Semoga apa yang di sampaikan disini dapat bermanfaat untuk kita semua.