Cara Menghilangkan Duri Ikan Nyangkut Di Tenggorokan / Amandel


Bagaimana cara menghilangkan duri ikan yang nyangkut di amandel atau tenggorokan? Caranya cukup lah mudah, Jadi pastikan Anda menyimak pembahasan ini sampai akhir ya.

Poin Penting

Haruskah kita pergi ke dokter THT untuk mengambil duri ikan yang menyangkut di tenggorokan?

Jawabannya adalah nanti dulu, Anda bisa mencoba beberapa cara alami untuk menghilangkan duri ikan di dalam mulut.

Cara ini atas pengalaman Admin sendiri dan ternyata cukup ampuh juga. Lalu apa saja yang harus kita lakukan jika tak sengaja menelan tulang ikan?

Cara Ampuh Menghilangkan Duri Ikan Di Tenggorokan


Berikut ini adalah beberapa cara yang pernah Admin lakukan ketika mengatasi duri ikan yang tersangkut di dalam tenggorokan.

Hindari Menggunakan Tangan


Pertama yang harus di perhatikan oleh Anda adalah hindari penggunaan jari tangan untuk mengambil duri ikan.

Karena hal tersebut bisa saja membuat duri ikan tersebut malah semakin dalam menusuk dan parahnya terjadi pembengkakan dan infeksi.

Batuk


Coba batuk kan beberapa kali, jika tidak terlalu dalam duri ikan tersebut nyangkut, Biasanya akan mudah terlepas.

Jika belum lepas juga, maka hentikan cara batuk tersebut, Karena bisa menyakiti tenggorokan jika di paksa kan.

Menelan sekepal nasi


Siapkan beberapa kepalan nasi, Jika sudah silakan Anda telan secara bulat-bulat, jika duri ikan tidak terlalu dalam biasanya akan langsung lepas.

Namun, jika tidak lepas-lepas juga maka hentikan makan nasi, karena nanti perut Anda terlalu kenyang karena kebanyakan makan.


Makan pisang


Caranya sama dengan kita makan nasi, potong beberapa bagian buah pisang, Lalu kemudian telan secara bulat-bulat tanpa mengunyah nya terlebih dahulu.

Minum Air atau minyak zaitun


Coba minum air putih beberapa gelas dan jangan lupa dorong air tersebut kedalam mulut dengan cepat atau jika di rumah Anda tersedia minyak zaitun, Coba minum minyak tersebut.

Maksud dari minum minyak zaitun adalah untuk membuat duri ikan menjadi lebih licin dan bisa lepas dari tenggorokan.

Minum Air Garam


Jika tulang ikan yang nyangkut itu terlalu dalam atau berada di tengah. Maka bisa kumur-kumur dengan air garam atau langsung saja meminumnya.

Dengan cara ini maka duri ikan akan mudah terkikis atau hilang dengan sendirinya, Cara ini memang agak lama, Namun cukup efektif juga.

Gunakan cermin, senter dan pinset


Nah, cara ini yang sering Admin lakukan ketika sedang ketulangan, Coba Anda siapkan beberapa alat yang di perlukan.

Alat yang pertama adalah cermin kecil, kemudian alat penerangan (senter) dan yang terakhir adalah pinset yang digunakan untuk mengambil duri ikan.

Cara ini akan bisa di lakukan jika duri ikan masih dapat terjangkau atau masih terlihat melalui cermin yang dibantu oleh senter untuk melihat duri tersebut di dalam mulut.

Jika tidak terlihat duri ikan tersebut karena mungkin terlalu dalam, Maka gunakan beberapa cara yang telah Admin sampaikan pada poin-poin di atas.

Jika terlihat, maka bisa langsung jangkau dan cabut duri ikan tersebut menggunakan pinset yang telah di bersihkan sebelumnya.

Minta bantuan dokter


Terakhir jika beberapa cara di atas tidak membuahkan hasil apa pun, Maka coba datang ke dokter dan minta lah bantuan mereka untuk mengambilkan duri ikan yang menyangkut tersebut.

Nah, itulah beberapa cara untuk menghilangkan duri ikan di dalam mulut.

Tips Mencegah Ketulangan Duri Ikan


Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah supaya di kemudian hari tidak ketulangan duri ikan lagi.

1. Kunyah makanan secara lembut


Biasanya awal dari ketulangan duri ikan itu, Kita makan secara terburu-buru dan tidak mengunyah serta menghaluskan daging ikan terlebih dahulu.

2. Usahakan singkirkan terlebih dahulu duri ikan dari dagingnya


Ketika makan daging ikan memang terkadang kita malas untuk memisahkan antara daging dan tulangnya.

Jadi sebelum memasukan makanan kedalam mulut, pastikan tidak ada duri ikan utuh yang terbawa.

3. Jangan makan bagian ekor ikan


Nah, kalau ini adalah salah satu penyebab tulang ikan bisa nyangkut di tenggorokan yang Admin sering alami sendiri yaitu suka memakan bagian ekor ikan bandeng.

Bagian ekor ikan ini memang cukup banyak duri nya dan cukup sulit melembutkan nya, Maka dari itu hindari memakan bagian ekor ikan.

Mungkin itu yang dapat Admin jelaskan di dalam artikel yang berjudul cara menghilangkan duri yang nyangkut di amandel atau tenggorokan.

Semoga apa yang di sampaikan disini dapat bermanfaat untuk kita semua.