Cara Mengatasi Icon Headset Tidak Mau Hilang Di Android


Mungkin sebagian dari kalian merasa bingung mengenai bagaimana cara mengatasi logo atau icon headset yang selalu muncul sendiri di status bar hp android dan tidak mau hilang. Tapi tenang saja karena admin ingin berbagi tips dan trik mengenai bagaimana cara mengatasinya.

Poin Penting

Kita pasti sudah tahu bahwa mode headset itu akan muncul ketika kita sedang menggunakan fiture earphone dan setelah kita selesai lalu melepas earphone tersebut, Maka icon headset di status bar atau di layar screen handphone pun akan otomatis menghilang.

Terdapat beberapa masalah atau kendala jika kita tidak mengatasi hal tersebut, diantara lainnya adalah tidak dapat menggunakan speaker, mendengarkan lagu, suara panggilan dan suara notifikasi, untuk mendengarkannya tentu kita harus memasang kembali earphone atau headset tersebut.

Adapun mengenai beberapa penyebab kenapa mode headset selalu muncul pada status bar adalah sebagai berikut.

1. Pengguna smartphone yang sering menggunakan speaker aktif.

2. Memasukkan slot headset dengan cara menekan nya terlalu keras ke dalam dan mencabutnya dengan memaksa atau cepat.

3. Slot headset berkarat atau lengket, karena terkena air atau lama tidak digunakan.

4. Terlalu lama tidak melepas slot jack audio (Terpasang hingga berbulan-bulan)

5. Masalah kerusakan yang lain dan kita tidak mengetahuinya.

Setelah kita tahu mengenai apa saja penyebab utamanya, mungkin akan mudah bagi kita untuk mengatasinya.

Kejadian ini sering terjadi dan di alami oleh pengguna hp android Oppo, Xiaomi, Asus, LG dan merek smartphone android lainnya.

Adapun cara mengatasi icon headset tidak mau hilang di hp android adalah sebagai berikut.

Mengatasi Icon Headset Tidak Mau Hilang Pada Hp Smartphone Android


Cara ampuh menghilangkan logo, lambang atau icon headset di hp smartphone android, Silakan disimak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Dengan Cara Reconnect Jack Headset


Silakan pasang kembali headset sobat dan kemudian lepas kembali secara perlahan-lahan, lakukan secara berulang-ulang sampai mode headset tersebut bisa hilang pada hp android Anda.

Jika belum berhasil juga, coba lakukan dengan cara yang lainnya, silakan lihat di bawah ini.

Meniup Headset Jack Audio


Silakan bersihkan lubang soket atau jack headset pada hp android Anda dengan cara meniupnya sekeras dan bertenaga.

Cara tersebut cukup ampuh untuk menghilangkan dan membersihkan debu atau yang mengganjal pada soket headset tersebut.

Membersihkan Headset Jack Audio


Cara ini intinya sama dengan cara yang ke dua, Namun mungkin cara ini lebih jauh efektif untuk membersihkan soket lubang headset nya, Silakan ikuti caranya.

Siapkan kapas, batang korek api, dan juga minyak kayu putih, Kalau tidak mau repot-repot menyiapkan nya satu persatu, Maka bisa menggunakan korek kuping (cutton bud).

Jika cotton bud sudah ada di tangan Anda, Maka silakan oleskan cutton bud tersebut dengan minyak baby oil atau kayu putih.

Pastikan smartphone sobat dalam keadaan tidak aktif atau mati (Meminimalisir korsleting)

Setelah itu masukan cutton bud tersebut ke lubang atau soket headset jack audio, Kemudian keluarkan kembali.

Lakukan secara perlahan-lahan dan berulang-ulang sampai mode headset pada hp android Anda berhasil menghilang.

Mengetuk Konektor Headset


Biasanya kalau kita menemui masalah pada hp android atau barang elektronik, Kita selalu memukul, Menggoyang-goyangkan atau Mengetuk-ngetuk. Memang terkesan seperti mitos, Namun ada baiknya kita coba terlebih dahulu.

Jika masalah kerusakan tersebut belum juga teratasi yang ada bukan mengetuk lagi tapi membanting hp tersebut. Bercanda bro.

Coba ikuti beberapa langkah-langkah berikut ini, Masukan headset sobat setengah saja dan jangan terlalu dalam, Setelah itu menyentil, selentik atau mengetuk headset tersebut secara perlahan-lahan.

Menggunakan Bantuan Aplikasi


Silakan sobat cari aplikasi yang bernama sound about atau bisa juga menggunakan aplikasi headset toggle di google play store.

Walaupun kita sudah menggunakan aplikasi, Namun jika terdapat kerusakan pada fiture headset, Maka hal tersebut kurang lah begitu efektif untuk bisa mengatasi masalah tersebut secara menyeluruh dan permanen.

Ada baiknya kita memperbaiki atau mencari solusi bagaimana mengatasi icon headset tersebut agar bisa menghilang dan tidak sering mengalami kendala lagi di kemudian hari.

Menggunakan Jasa Service Smartphone


Cara terakhir jika beberapa cara di atas tidak membuahkan hasil, Maka mau tidak mau kita harus membawanya ke tukang service smartphone android.

Tujuannya adalah agar masalah tersebut bisa di ketahui penyebabnya dan tentu akan dapat cepat teratasi, Langkah ini memang mengharuskan kita mengeluarkan beberapa lembar rupiah.

Namun jika kita membiarkan dan selalu menggunakan earphone pada telinga kita. Tentu hal tersebut tidak cukup baik untuk kesehatan pendengaran kita nantinya.

Itulah pembahasan singkat mengenai bagaimana cara mengatasi icon headset yang tidak mau hilang, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.