Menghilangkan Tungau Kasur dan Mengatasi Gigitan Kutu Busuk


Pastinya sudah akrab kan dengan binatang satu ini. Tentu sebagian besar orang akan begidik merinding membayangkan binatang ini. Ya, meski bentuknya sangat kecil, nyatanya tungau (kutu busuk) sangat mengganggu dan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman/gatal yang menyiksa.

Poin Penting

Apa Itu Tungau?


Meskipun namanya sudah sangat familiar, namun kami yakin banyak orang yang belum tahu lebih jauh tentang binatang ini. Bisa dibilang, tungau merupakan jenis hewan berkaki delapan dan mempunyai ukuran yang sangat kecil. Berbeda halnya dengan kutu, tungau datang dari ordo acarina, sementara kutu sendiri datang dari ordo insecta.

Dan perlu anda tahu, tungau termasuk salah satu hewan yang paling pintar beradaptasi dalam berbagai macam lingkungan. Dan karena ukurannya yang kecil inilah menjadikan tungau sangat sulit terlihat oleh pemangsa, termasuk manusia.

Tungau sendiri ada yang hidup di air ada pula yang hidup di daratan. Di samping itu, ada pula beberapa tungau yang hidup sebagai parasit pada hewan-hewan besar misalnya seperti mamalia.

Jenis tungau pun sangat beragam. Setidaknya ada sekitar 45 ribu jenis tungau yang berhasil ditemukan dan di identivikasi. Namun, jumlah tersebut pun masih belum pasti, karena ternyata masih banyak lagi jenis-jenis tungau lainnya yang belum  bisa diketahui.

Darimana Tungau Berasal?


Nah, kemudian pertanyaan selanjutnya yang mungkin ada dalam benak kita adalah terkait asal usul hewan tersebut.  Dan tahukah anda, ternyata kelelawar ada dibalik munculnya kehadiran tungau.

Yup, para ilmuwan yang ahli dalam mengaplikasikan ilmu genetika berhasil mengungkap mengenai asal usul hewan yang satu ini dengan mendapatkan kesimpulan, bahwa tungau berasal dari dua garis keturunan Eropa.

Penelitian yang dilakukan oleh Warren Booth dari University of Tulsa yang berada di Oklahoma, dalam jurnal Molecular Ecology memberikan sebuah bukti bahwasanya kelelawar merupakan inang leluhur dari tungau.

Dan bukti lainnya, tungau sendiri ternyata sudah ada bahkan sejak lama, hal itu dibuktikan dari sebuah fosil tungau yang ditemukan oleh seorang arkeolog. Dan fosil tersebut diperkirakan telah berusia sekitar 3500 tahun. Cukup mengejutkan, bukan?

Sarang-Sarang Favorit Tungau


Ada banyak tempat yang menjadi tempat favorit binatang ini. Diantaranya adalah :

1. Kulit

Bukan di WC, bukan di taman, tapi tungau senang membuat sarang di kulit manusia. Hii.Menyeramkan bukan?

Yup,  tungau sangat menyukai sisa kulit mati sehingga sarang utama yang akan dijadikan tempat tinggal oleh hewan yang satu ini adalah kulit manusia.

Debu bekas sisa kulit mati biasanya akan sangat banyak ditemukan dikasur dan bantal, akibatnya ketika anda menggunakan kasur dan batal tersebut kembali. tungau akan girang dan langsung bersemayam di kulit.

2. Mulut

Berikutnya adalah mulut. Kenapa? Karena mulut mengandung mikroorganisme yang paling banyak. Dan mikroorganisme inilah yang merupakan pendukung tumbuhnya tungau di mulut. Pastinya banyak yang tidak menyangka bukan?

3. Alis

Tungau juga senang membuat sarang di dalam pori-pori alis. Dan biasanya, hewan ini sering ditemukan pada kening orang yang sudah lanjut usia

4. Pergelangan Kaki

Kondisi kaki yang kering adalah sebuah rangsangan yang menyenangkan untuk tungau. Dengan kata lain, mereka akan dengan senang hati bersarang di sana sambil mengkonsumsi darah pada bagian tersebut

Lantas Apa yang Akan Terjadi Jika Tungau Tidak Segera Dibasmi?

Tempat tidur yang biasa anda pakai umumnya akan menyerap keringat setiap kali anda tidur, dan keringat itulah yang bisa mendatangkan tempat yang baik untuk bakteri. Apabila sistem imun anda sedang melemah, maka anda pun akan menjadi sangat rentan untuk terserang tungau. Dan tungau yang didiamkan tersebut akan mengakibatkan banyak dampak buruk. Diantaranya:

1. Bersin-bersin yang berkepanjangan setelah bangun tidur.
2. Hidung tersumbat dan dapat pula terjadi sinusitis.
3. Terasa sesak nafas.
4. Gatal-gatal pada seluruh bagian kulit
5. Mata merah dan berair.

Ciri-Ciri Terkena Gigitan Tungau


Ciri-ciri yang paling umum jika anda terkena gigitan tungau adalah terjadinya rasa gatal yang begitu hebat.  Walaupun demikian, pada bagian kulit yang terkena gigitan masih mempunyai gejala yang lain. Nah, ingin tahu gejala nya seperti apa? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Di daerah sekitar gigitan tungau akan berwarna kemerahan. Sedang pada bagian pusat yang digigit memiliki warna merah tua.

2. Rasa gatal yang pada bagian yang terkena gigitan tungau akan semakin menjadi-jadi ketika malam hari.

3. Kulit menjadi bersisik dan juga kering.

4. Kulit menjadi berwarna merah dan terlihat seperti garis yang lurus. Hal tersebut diakibatkan karena banyaknya tungau yang telah menggigit kulit anda.

5. Jika tungau menggigit bayi, bayi tersebut akan jadi rewel dan sulit untuk di tenangkan. Dalam beberapa kasus yang terjadi, gigitan tersebut pun bisa membuat bayi mengalami demam yang berlebihan.

6. Bagi seseorang yang mempunyai alergi, efek dari gigitan tungau bukan hanya gatal, melainkan disertai juga dengan lepuhan dan gelembuh di kulit.

7. Kulit cenderung lebih mudah lecet.

8. Memiliki kemungkinan mengalami infeksi yang diakibatkan oleh kulit yang lecet tersebut.

Nah, apabila anda mengalami 8 gejala yang sudah disebutkan di atas, maka sudah dapat dipastikan bahwa anda telah terkena serangan tungau.

Jika anda terus membiarkannya, tentu saja hal ini tidak baik dan lambat laun bisa berbahaya. Kenapa? Karena rasa gatal yang mendera akan merangsang anda untuk terus menggaruknya, dan dari situlah kulit akhirnya menjadi lebih mudah lecet dan rentan terkena infeksi penyakit kulit yang lain.

Cara Penularan

Pernah tidak melihat seluruh anggota keluarga yang terkena penyakit gatal-gatal secara bersamaan? Nah, itulah salah satu contoh bahwa orang yang terserang gigitan tungau dapat dengan mudah menularkannya pada orang lain. Lantas bagaimana cara penularannya?

Penularan yang paling sering adalah karena terjadinya sentuhan atau kontak kulit orang yang sehat dengan kulit orang yang terjangkit tungau. Selain itu, penggunaan handuk, bantal secara bersamaan juga turut memudahkan proses penularan.

Tips Mengatasi Gigitan Tungau Secara Alami


Nah, bagi anda yang sudah terlanjur terkena gigitan tungau, jangan khawatir, karena anda tetap bisa mengatasi gigitan dari hewan yang satu ini dengan cara yang alami dan tidak perlu repot mengeluarkan banyak uang untuk pengobatan secara medis yang mahal. Berikut adalah tips selengkapnya.

1. Mandi Air Panas

Setelah anda digigit oleh tungau, garis pertahanan pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan cara mandi dengan air panas. Perlu diketahui, fakta nya, mandi dengan air panas bisa melemahkan jenis tungau apapun yang telanjur mengendap di tubuh anda,loh.

Tidak hanya itu, manfaat lainnya adalah dapat meminimalkan reaksi kulit  dari gigitan yang telah terjadi.

Caranya mudah, anda hanya perlu menggunakan sabun antiseptic yang tergolong ringan (hindari yang berbahan keras) dan gosok lah pada tubuh anda secara lembut dan menyeluruh.Lakukan secara rutin setiap kali anda mandi.

Setelah selesai mandi, tepuk-tepuk tubuh anda dengan handuk sampai kering. Tepuk lah dengan lembut dan hindari melakukan gosok kan pada tubuh yang terlalu kuat karena dapat mengakibatkan ruam dan rasa sakit yang berlebih, khususnya pada daerah yang telah terkena gigitan.

Oh, ya, anda juga bisa mengoleskan minyak zaitun maupun pelembab yang ringan. Hal ini dimaksudkan supaya kulit anda lembab, tidak kering dan tetap terjaga kesehatannya.

2. Menggunakan Vicks Vapor Rub Sesudah Mandi

Jika anda sudah selesai mandi, carilah botol vicks vapor rub. Vicks vapor rub adalah obat gosok seperti balsam atau salep yang bisa anda cari dengan mudah di apotek atau minimarket terdekat.

Nah, produk yang satu ini bisa menuntaskan rasa gatal akibat gigitan tungau dengan sangat cepat. Kandungan mentol pendingin yang ada di dalamnya , bisa memberikan pengaruh terhadap reseptor gatal di kulit. Bahkan bisa juga bisa untuk mengurangi lecet.

Cara pengobatan selengkapnya adalah sebagai berikut :

Ambillah sedikit vicks vapor rub, dan tambahkan juga sedikit garam meja ke dalamnya. Kemudian, campur kan keduanya hingga merata dan oleskanlah pada daerah yang telah terkena gigitan.

Ulangi kembali langkah-langkah di atas, apabila terjadi pembengkakkan atau pun peradangan. Jika gejala tersebut tidak terjadi, anda tidak perlu untuk mengulangi nya.

3. Dengan Kompresan Dingin

Tips berikutnya adalah dengan menggunakan  kompresan dingin. Yup, kompresan dingin dapat membantu anda mengurangi rasa gatal.

Cara selengkapnya adalah sebagai berikut :

Bungkus lah beberapa es batu dengan menggunakan kain tipis.Gunakan lah kompres pada area terkena gigitan kurang lebih selama 10 menit.Jika rasa gatal atau sakit belum mereda, maka anda bisa mengulangi nya kembali.

Oh, ya, merendam daerah yang terkena gigitan dengan air dingin juga bisa anda lakukan untuk membantu meringankan gatal-gatal yang tak tertahan kan.

4. Berendam Dalam Campuran Baking Soda

Baking soda adalah alternatif berikutnya yang bisa anda lakukan untuk meminimalisir ruam dan gatal-gatal.

Kenapa harus dengan baking soda?Karena baking soda memiliki fungsi penetral asam yang mampu mengurangi risiko infeksi.

Cara selengkapnya adalah sebagai berikut

Tambahkanlah  cangkir baking soda pada bak mandi anda. tapi, ingat bak mandinya harus penuh dengan air dingin, dan bukan air hangat. Setelah ditambahkan, silahkan anda aduk rata lalu berendam lah di bak mandi tersebut sekitar kurang lebih 15 menit.

Setelah selesai, tepuk-tepuklah tubuh anda dengan lembut menggunakan handuk. Lakukan tips keempat ini secara teratur setidaknya sekali sehari untuk mendapatkan kesembuhan yang lebih cepat dan optimal.

Oh, ya, di samping itu anda juga bisa menyiapkan baking soda, ditambah pasta tipis sekitar 2 sendok teh dan campur lah keduanya dengan sedikit air. Oleskan pada daerah yang terkena gigitan, dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.Lalu bilas lah dengan air dingin.

Sebagai catatan, tips ini sebaiknya tidak lakukan jika kulit yang terkena gigitan telah memiliki luka terbuka.

5. Dengan Menggunakan Oatmeal

Anda pasti sudah tidak asing kan dengan makanan oatmel? Yup, oatmeal juga bisa digunakan untuk mengatasi gatal-gatal akibat ulah si tungau yang menyebalkan.

Adakah oatmeal khusus yang digunakan untuk tips kelima ini?

Jawabannya adalah “ada”.Kami sarankan anda menggunakan oatmel koloid, yaitu gandum yang sudah digiling menjadibubuk yang halus.

Berikut adalah cara selengkapnya :

Tambahkanlah oatmeal koloid sebanyak 1 cangkir ke dalam bak mandi yang telah diisi dengan air suam-suam kuku.

Kemudian, aduklah secara menyeluruh supaya butiran oatmeal dapat tersebar secara merata.Nah, silahkan anda berendam di bak mandi tersebut sekitar 15 hingga 20 menit. Ulangi tips ini 2 hingga 3 kali sehari. Sesuaikan saja dengan beratnya gejalayang anda alami.

6. Mengoleskan Cuka Sari Apel

Berikutnya adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Cuka sari apel sendiri mempunyai sifat antiseptic serta anti gatal sehingga dapat berfungsi  untuk membasmi pembengkakkan dan peradangan.

Cara selengkapnya adalah sebagai berikut :

Tambahkanlah cuka sari apel murni mentah ke dalam 2 cangkir.Aduk-aduk, kemudian masukan ke dalam air mandi yang hangat.Silahkan anda berendam di dalam bak mandi tersebut selama 15 menit.

Setelah selesai, keringkan dengan handuk yang lembut sampai kulit menjadi kering.Lalu oleskanlah pelembab yang ringan untuk mencegah kekeringan. Lakukan tips ini setidaknya satu hingga dua kali sehari.

Alternative lainnya, sebaiknya anda juga mengoleskan cuka sari apel murni langsung ke daerah yang terkena gigitan tungau.Gunakan kapas yang lembut untuk mengoleskannya. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin.

Sama seperti tips sebelumnya, lakukan satu hingga dua kali secara rutin setiap hari.

7. Mengoleskan Lidah Buaya

Tahukah anda, lidah buaya mengandung sifat anti inflamasi yang begitu kuat, loh.Nah, sifat inflamasi dalam lidah buaya tersebut dapat membantu untuk mengurangi peradangan serta pembengkakkan dan nyeri yang anda alami.

Selain itu, kandungan vitamin E dalam lidah buaya bisa membantu menjaga kulit agar tetap lembab dan meminimalisir rasa gatal.

Caranya selengkapnya adalah sebagai berikut

Ambillah ekstrak gel dari lidah buaya, lalu oleskan pada bagian yangterkena gigitan.Diamkan selama 15 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Alternatif lainnya adalah dengan mencampur beberapa tetes minyak zaitun dan minyak peppermint.Masukkan keduanya kedalam setengah cangkir gel lidah buaya.Kemudian oleskan campuran tersebut pada daerah yang gatal, dan diamkan selama 15 hingga 20 menit.

Setelah selesai, bilaslah menggunakan air hangat dan ulangi 2 sampai 3 kali sehari.

8. Mengoleskan Minyak Zaitun ke Kulit yang Terkena Iritasi

Minyak zaitun memang mempunyai khasiat yang begitu banyak untuk menyembuhkan berbagai penyakit, tak terkecuali bermanfaat juga untuk meredakan iritasi dan peradangan.

Nah, minyak esensial yang satu ini memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang tinggi, sehingga bermanfaat dan telah terbukti ampuh 2 kali lebih cepat mampu memerangi rasa sakit akibat gigitan tungau.

Cara selengkapnya adalah sebagai berikut :

Bilas bagian yang terkena gigitan dengan air.Kemudian oleskan sedikit saja minyak zaitun di atas bagian tersebut.Ulangi selama beberapa kali dalam sehari.

Alternatif lainnya, anda juga bisamenyiapkan pasta minyak zaitun serta madu. Siapkanlah dengan takaran yang sama. Oleskan ke daerah yang gatal beberapa kali dalam sehari.

Di samping itu, anda pun  bisa mencampur beberapa tetes tea tree oil dan minyak zaitun ke dalam satu sendok. Aduk perlahan menggunakan ujung jari.

Ingat, ujung jari anda harus dalam keadaan yangbersih, ya.Kemudian, oleskan pada daerah yang gatal.Lakukan berulang kali sampai rasa gatal atau ruam sembuh secara total.

9. Menggunakan Teh Chamomile

chamomile mempunyai sifat anti iritasi dan inflamasi untuk menenangkan kulit dari iritasi dan gatal.

Tidak hanya itu chamomile pun dapat membantu proses penyembuhan dengan jauh lebih cepat. Sehingga tidak heran jika chamomile sering digunakan sebagai salah satu kandungan dalam bedak untuk mengobati gatal-gatal khususnya pada produk bedak bayi.

Cara selengkapnya adalah sebagai berikut

Buatlah 2 cangkir tehchamomile, lalu simpanlah ke dalam kulkas.Rendam kain lap ke dalam teh dingin, lalu letakkan pada bagian yang ruam atau gatal.Diamkan kurang lebih selama 10 menit.Lakukan beberapa kali dalam sehari untuk memperoleh hasil yang optimal.

Alternatif lainnya, anda juga bisa menambahkan 5 atau 4 tetes minyak esensial chamomile ke dalam 1 sendok makan minyak kelapa. Sama seperti cara sebelumnya, anda hanya perlu mengoleskannya pada bagian yangterkena gigitan berulang kali dalam sehari.

Cara Menghilangkan Tungau Pada Kemaluan


Sebelum kita melangkah pada bagaimana cara untuk menghilagkan tungau di kemaluan, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa itu tungau kemaluan.

Tungau kemaluan atau dalam bahasa ilmiahnya phtirus pubis adalah tungau yang memiliki bentuk sangat kecil dan berwarna merah.

Jenis tungau yang satu ini sama seperti tungau yang lainnya yaitu sangat senang berada di tempat yang lembab, hanya bedanya tungau kemaluan lebih suka berada di tempat sekitar kelamin manusia.

Lantas, kenapa tungau kemaluan bisa muncul di tubuh kita. Nah, berikut adalah beberapa penyebabnya.

1. Penyebab yang paling utama adalah anda kurang bisa menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh terutama pada bagian organ intim.

2. Kurang bisa menjaga kebersihan kasur yang dipakai untuk tidur, handuk, dan lain sebagainya.

3. Kurang bisa memperhatikan kebersihan pakaian, terutama celana dalam yang dipakai.

4. Pernah melakukan hubungan badan dengan seseorang yang sebelumnya sudah terserang tungau kemaluan.

5. Pada anak-anak, tungau biasanya muncul karena mereka lebih sering bermain di tempat lembab dan berpasir, seperti misalnya tempat tumpukan batang padi dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan tungau pada kemaluan,

1. Kapur Sirih

Tahukah anda, menurut orang tua zaman dulu tungau pada kemaluan dapat dihilangkan dengan menggunakan kapur sirih. Dan ternyata para ahli medis pun setuju bahwa ada zat dalam kandungan kapur sirih yang bisa membantu menyembuhkan infeksi akibat gigitan tungau.

Caranya mudah, anda hanya perlu mengoleskan kapur sirih pada daerah yang terkena gigitan. Setelah dioleskan, anda akan merasakan sensasi dingin pada kulit, dan pada akhirnya tungau kemaluan tersebut akan kabur dengan sendirinya karena tidak tahan dengan efek tersebut.

2. Tembakau

Berikutnya adalah dengan menggunakan tembakau.Cara penggunannya pun tidak ribet dan sangat mudah, yaitu anda hanya perlu mencampurkan tembakau dengan air secukupnya.Aduk perlahan, dan oleskan pada kulit yang terdapat tungau kemaluan.

3. Tepung jagung

Tepung juga bisa menjadi alternatif berikutnya jika 2 cara yang sudah dibahas di atas tidak berhasil juga untuk mengusir tungau di kemaluan.

Silahkan oleskan tepung jagung di area sekitar kemaluan yang terasa gatal.Diamkan selama beberapa saat.Jika dirasa sudah cukup, bersihkan dengan air dan sabun, kemudian keringkan lah memakai handuk.

4. Batang Padi

Dan terakhir adalah dengan menggunakan batang padi.

Cara yang satu ini sering sekali dilakukan oleh orang tua zaman dulu kepada anak-anak dan hasilnya memang cukup efektif.

Caranya mudah, anda hanya perlu memotong batang padi secara meruncing.Dan dengan perlahan, cukil tungau yang menempel pada kemaluan sampai berhasil diambil.

Cara  Mencegah Munculnya Tungau di Kemaluan


1. Sering-seringlah mencuci daerah rambut kemaluan dengan shampo atau sabun supaya tetap terjaga kebersihannya.

2. Cukurlah rambut kemaluan secara berkala. Jangan biarkan terlalu panjang. Dan ingat, mencukur disini bukan berarti anda harus mencukurnya sampai bersih, melainkan hanya dipendekkan saja.

3. Jaga kebersihan pakaian. Cucilah secepatnya ketika pakaian anda sudah dalam keadaan kotor. Jangan membiarkannya terlalu lama apalagi didiamkan selama berhari-hari.

4. Jangan lupa untuk membersihkan diri apabila setelah bersentuhan dengan hewan.

5. Bersihkan bantal, kasur, handuk serta selimut secara berkala supaya bisa terbebas dari serangan kuman dan juga parasit.

Fakta Unik Tentang Tungau


1. Tungau memiliki bentuk yang mirip dengan anakan kecoa yaitu ukuran tungau dewasa dapat mencapai 5 mm dengan lebar 1,5 hingga 3,3 mm. walaupun demikian, tungau jantan memiliki ukuran yang jauh lebih besar ketimbang tungau betina.

2. Tungau mempunyai perut beruas yang begitu elastis dan berbentuk bulat pipih. Nah, pada saat memperoleh makanan, perut tungau akan mulai mengembang hingga maksimal.

3. Pertumbuhan tungau akan menjadi ekstra sangat cepat bila berada di area yang lembab.

4. Jika anda ingin terhindar dari tungau, sebaiknya menggunakan kasur busa atau per supaya tungau tidak menyerang kembali.

Kenapa?Karena kasur busa mempunyai tekstur seperti serabut yang jauh lebih kompleks dibanding kasur biasa, dan dengan demikian perkembangbiakan tungau lebih bisa di minimalisir.

5. Makanan yang paling digemari oleh tungau adalah sama dengan nyamuk, yaitu darah segar manusia. Bedanya, alat hisap yang dimiliki oleh tungau berbentuk seperti taring dengan ukuran 5 hingga 15 mm.

6. Bagi anak tungau, kebutuhan akan darah manusia jauh lebih tinggi. Karena mereka membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk menunjang perkembangan tubuhnya. Darah manusia umumnya mengandung protein yang banyak sehingga sangat disukai oleh anak tungau.

Kendati demikian, adakalanya hewan yang satu ini pun bisa tidak makan selama berbulan-bulan serta mengalami masa dorman di tempat tinggalnya.

7. Tungau betina mampu menghasilkan sampai 200 telur. Dan ketika mencapai 5 bulan berikutnya setelah melahirkan, hewan anakan tungau akan memiliki ukuran sekitar kurang lebih 6 mm.

8. Tungau termasuk ke dalam deretan hewan parasit serta aktif menjalankan aktivitas pada malam hari tanpa mengeluarkan suara apapun karena ukurannya yang begitu kecil.

9. Lama waktu hidup seekor tungau adalah sekitar 10 bulan, dan biasanya apabila keberadaanya sudah terlalu banyak di suatu area tertentu, maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan begitu menyengat.

10. Tungau adalah hewan yang masih tergolong serangga dan satu kelas dengan kupu-kupu, dan tubuh tungau memiliki  kepala dengan bagian abdomen yang terlihat menyatu.

11. Tungau memiliki nama ilmiah yaitucimex lectularius. Di samping itu, masih ada spesies lain yang mempunyai tampilan nyaris seperti tungau yaitu cimex columbiarius dan cimex antennatus.

12. Infeksi tungau pertama kali terjadi di Indonesia ketika tentara Jepang menjajah pada tahun 1945-1965.

13. Telur dari tungau memiliki warna putih bening dan biasanya telur tersebut berbau aneh dan tidak sedap jika tidak sengaja terhirup saluran pernafasan manusia.

Mengenal Lebih Jauh Kutu Busuk dan Cara Membasminya


Jika Anda merasa gatal-gatal sehabis bangun tidur atau setelah duduk di sofa, bisa jadi itu bukan ulah nyamuk nakal, tetapi si kutu busuk dan tungau. Kedua jenis serangga ini memang seringkali menghuni kasur dan sofa.

Kutu busuk yang juga populer dengan sebutan tinggi ini merupakan sejenis serangga sangat kecil, berwarna coklat kemerahan, dan dapat hidup serta berkembang biak di suhu 21-26 derajat Celcius. Makanan mereka sama seperti nyamuk, yaitu darah manusia serta hewan berdarah panas.

Perlu diketahui, kutu busuk yang telah dewasa berukuran kurang lebih 5 mm dengan warna coklat tua. Betina nya dapat mengeluarkan telur hingga 300 butir sepanjang hidupnya.

Bagaimana kutu busuk bisa hinggap di sofa dan kasur Anda?

Penting untuk dipahami, lingkungan yang kotor tidak selamanya mengindikasikan keberadaan kutu busuk. Karena nyatanya, mereka juga gemar hidup di lingkungan bersih.

Bagi Anda yang setiap harinya memakai ranjang berdua atau bertiga, maka  kecenderungan populasi kutu busuk makin besar.

Termasuk untuk kasur sekelas hotel sekalipun. Mungkin salah satu dari anda pernah mengalami gatal-gatal atau bahkan menjumpai kutu busuk saat tidur di hotel?

Ya, hal ini memang wajar, karena tidak ada jaminan sebuah penginapan yang mahal, kasurnya bebas kutu dan tungau.

Dan kabar buruknya, kutu kasur juga dapat hinggap di pakaian Anda selama Anda menginap di hotel tersebut, dan akan terbawa sekembalinya Anda di rumah.

Dan bisa dibayangkan, kasur dan sofa  rumah anda akan menjadi tempat bersarang selanjutnya dari kutu busuk tersebut.

Dan jika dibiarkan, kasur dan sofa dirumah menjadi sarang kutu busuk yang menimbulkan hal tak nyaman bagi seluruh keluarga dirumah.

Selain itu, kutu busuk yang hidup di kamar tidak berpenghuni, dapat pindah ke kamar sebelahnya dengan melewati celah-celah bangunan. Jadi, selalu hati-hati dan jaga kebersihan secara ekstra setiap hari.

Apa tandanya  kasur dan sofa terdapat kutu busuk?

Kutu busuk berukuran sangat kecil dan bentuknya pipih sehingga sulit sekali terdeteksi. Belum lagi jika sofa atau kasur nya berwarna gelap juga. Namun jika pada sofa atau kasur yang berwarna terang, mungkin sedikit lebih mudah.

Bila menemukan bercak-bercak coklat berukuran kecil-kecil, besar kemungkinannya bahwa itu adalah bekas kotoran kutu busuk yang sudah menempel dan mengering.

Kutu busuk juga akan menggigit beberapa bagian tubuh Anda, seperti kaki, punggung, tangan dan wajah.

Gigitan kutu busuk dan gigitan nyamuk berbeda. Gigitan kutu busuk cenderung membentuk pola garis yang lurus sedangkan nyamuk akan menggigit bagian tubuh secara acak.

Rasa gatal setelahnya pun juga sedikit berbeda. Biasanya ukuran  bentol-bentol akibat gigitan kutu busuk lebih besar daripada gigitan nyamuk.

Bercak darah pada kasur juga bisa menjadi indikator adanya kutu busuk pada kasur. Bercak darah ini bisa saja terjadi sesaat setelah kutu menghisap darah manusia namun kemudian tubuh mereka tertindih oleh tubuh manusia, lalu hancur.

Selain itu semua, bau yang menyengat juga dapat menjadi indikator adanya kutu busuk yang hidup di permukaan sofa atau kasur.

Efek yang ditimbulkan setelah digigit kutu busuk

Meski sebenarnya kutu busuk bukan serangga yang berbahaya dan tidak menimbulkan masalah yang serius namun setelah mereka menggigit Anda, maka akan timbul bentol-bentol pada kulit yang terasa sangat gatal. Bentol dan gatal-gatal ini bisa sembuh dalam waktu kurang lebih 1 minggu, setelah Anda mengoleskan krim antihistamin.

Pada beberapa kasus, gigitan kutu busuk juga dapat menimbulkan bercak kemerahan pada kulit, bahkan bentol yang berisi air. Kasus lain yang menjadi lanjutannya adalah ruam kemerahan dan infeksi akibat menggaruk bentol-bentolnya. Untuk kasus yang lebih parah, penyembuhannya bisa menggunakan krim antibiotik atau obat antihistamin.

Cara Menghilangkan Tungau Kasur (Kutu Busuk)

Banyak jalan menuju Roma. Banyak pula cara untuk membasmi keberadaan kutu busuk. Cara membasmi kutu busuk maupun tungau pun sebenarnya tidak jauh berbeda. Jadi cara-cara ini bisa Anda gunakan untuk membasmi kedua serangga penyebab gatal-gatal tersebut.

Bersihkan secara rutin setelah dipakai

Bersihkan secara rutin sofa dan tempat tidur setelah bangun tidur lalu sedot lah debunya dengan vacuum cleaner. Penyedot debu ini akan menghisap semua kutu busuk, tungau, berikut dengan telur-telur mereka.

Cuci semua perlengkapan tidur dengan air panas

Cara lain untuk membasmi kutu busuk adalah dengan merendam sprei, sarung bantal dan guling serta selimut dengan air panas, tambahkan sedikit sabun antibakteri lalu keringkan dengan mesin pengering kemudian jemur hingga benar-benar kering.

Jemur di bawah terik sinar matahari

Jika memiliki waktu yang lebih, cobalah untuk sesekali menjemur kasur, guling, bantal maupun boneka di bawah terik sinar matahari. Selain menggunakan cara tersebut, Anda juga bisa mengeringkan nya pada mesin pengering yang memiliki suhu tinggi. Suhu panas yang tinggi dapat mematikan kutu busuk.

Taburkan sillica gel

Silliga gel berfungsi untuk menyerap kelembaban pada kasur Anda. Jadi jika Anda tidak punya banyak waktu untuk menjemur kasur dan peralatan tidur Anda, cukup gunakan silliga gel, dan lihat sendiri hasilnya.

Kapur barus dan minyak tanah

Ini merupakan desinfektan yang sangat alami dan bahkan sudah banyak yang terbukti banyak yang berhasil menggunakan kapur barus dan minyak tanah untuk membasmi kutu busuk.

Caranya campur kedua bahan tersebut pada sebuah wadah, lalu pindahkan ke botol semprotan kemudian semprot kan ke seluruh permukaan sofa atau kasur.

Gunakan tetesan lilin

Jika Anda sudah menemukan gerombolan kutu busuk di atas tempat tidur Anda, gunakan cara yang alami tapi telah terbukti manjur yaitu dengan meneteskan lilin-lilin yang sudah dinyalakan ke cela-cela kutu busuk yang dan tungau.

Lakukan dengan hati-hati karena cukup beresiko. Panas dari lelehan lilin akan segera mematikan kutu dan telur-telur nya.

Membasmi Kutu Busuk Dengan Baygon Atau Insektisida

Selanjutnya cara membasmi kutu busuk adalah dengan menggunakan obat nyamuk semprot seperti Baygon, Vape dan sebagainya. Insektisida ini memang sangat membantu namun perlu kehati-hatian sebab insektisida ini sangat beracun dan bahaya jika sampai terhirup atau terkena pada kulit.

Dengan menggunakan bunga pandan

Bunga pandan atau yang biasa disebut dengan pudak bisa dijadikan obat alami yang dapat membasmi kutu busuk. Caranya mudah, cukup dengan menaruh bunga pandan secukupnya pada sofa dan kasur Anda. Bunga pandan dapat mengusir kutu busuk dan tungau.

Minyak pohon teh (tree tea oilI)

Minyak pohon teh ini merupakan antiseptik yang sangat alami dan ampuh. Hal ini dikarenakan minyak pohon teh mengandung bau yang cukup tajam sehingga dengan menyemprotkan atau mengoleskannya ke seluruh permukaan kasur dan sofa.

Dengan air garam

Cara terakhir untuk membasmi kutu busuk dan tungau adalah dengan menggunakan garam. Semprot kan air garam ke seluruh permukaan kasur atau sofa kemudian diamkan selama beberapa saat. Baru setelahnya bersihkan kembali.

Demikian ulasan mengenai kutu busuk dan cara membasmi nya. Meski sebenarnya tidak terlalu berbahaya, namun demi waktu istirahat yang berkualitas, maka jangan malas membersihkan semua bagian rumah Anda.