5 Cara Mengenalkan Kucing Baru Dengan Kucing Lama


Salah satu hewan yang memiliki sistem teritorial atau mempunyai batas-batas wilayah kekuasaannya adalah kucing. Kucing akan secara otomatis menjaga wilayahnya dari kucing-kucing liar yang ingin mencoba menempati wilayahnya.

Tentu dengan adanya sistem teritori pada kehidupan kucing ini lah yang membuat kita akan merasa kesulitan jika hendak ingin mengadopsi kucing baru di dalam rumah.

Karena jelas jika kita secara mendadak atau asal menyimpan kucing baru di dalam rumah begitu saja, maka pasti akan membuat kucing peliharaan yang sudah lama menempati rumah akan segera mengusir kucing yang baru di adopsi tersebut.

Terkadang kucing yang baru di adopsi juga biasanya melawan balik kucing lama dan jika dibiarkan begitu saja (berduel) Maka siap-siap saja sobat akan kehilangan diantara salah satu kucing peliharaan tersebut.

Intinya kucing yang akan pergi alias kabur adalah kucing yang kalah bertarung dan kucing yang menang adalah kucing yang berhasil mendapatkan wilayah teritorial yang diperebutkan nya.

Untuk mencegah semua itu, maka kita harus sigap dan berusaha untuk mencari solusi terbaik mengenai kedua kucing tersebut, sehingga mereka mau bersama-sama dan menempati wilayah di dalam satu ruang atau rumah yang sama tanpa adanya saling bentrok satu dengan yang lain.

Tentu langkahnya tidaklah mudah, tapi jika sobat belum mencobanya, maka kalimat sulit tersebut belumlah dikatakan berlaku.

Jika sahabat ingin mencoba beberapa trik bagaimana mengenalkan kucing baru dengan kucing lama, silakan sobat dapat menyimak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengenalkan Kucing Baru Dengan Lama Supaya Menjadi Akrab


1. Langkah Pertama (Pengenalan)


Pertama yang harus dilakukan oleh kita adalah memperkenalkan kucing lama dan kucing baru dengan cara mendekatkan kedua kucing tersebut. Namun ingat jangan asal lempar saja yah, nanti malah kedua kucing tersebut bertarung.

Coba pangku kucing yang baru tersebut kemudian coba dekatkan ke arah kucing lama sembari memanjakan kucing lama tersebut dengan mengelus badan, kepala atau menggaruk lehernya.

Cara tersebut cukup ampuh untuk membuat kucing lama (yang mempunyai wilayah) merasa tenang dan nyaman, walaupun ada kucing baru di dekatnya.

2. Memberikan Makanan


Coba berikan kedua kucing tersebut makanan, tapi biasanya kucing tidak akan mau makan bersama apa lagi 1 piring untuk berdua.

Maka solusinya adalah kita coba memisahkan makanan tersebut menggunakan kedua piring dan berikan jarak yang cukup jauh agar kedua kucing tersebut tetap merasa tenang

3. Mendekatkan Wadah Makanan


Setelah langkah kedua sukses dilakukan dan kucing tidak terlalu saling curiga lagi, maka langkah selanjutnya adalah mendekatkan jarak makanan (wadah) tersebut dan biasanya kalau kedua kucing sudah saling mengenal satu dengan yang lain.

Maka kucing tersebut pasti akan mau makan secara berdekatan, tapi kalau kedua kucing masih saja saling memukul atau menabok.

Maka coba teruskan langkah opsi kedua yang tetap digunakan, sampai kedua kucing tersebut benar-benar sudah saling mengenal.

4. Bermain Bersama


Untuk tahap keempat, coba sobat berikan kesempatan pada kedua kucing tersebut untuk bermain bersama. Cara melakukannya adalah dengan membuat mainan berupa gantungan.

Untuk membuatnya cukup mudah, coba siapkan benang, plastik hitam yang sudah di gulung-gulung, kemudian ikat kan plastik tersebut menggunakan benang.

Setelah itu silakan anda goda kedua kucing tersebut untuk bermain, jika kedua kucing itu bermain dan mengejar gantungan tersebut secara bersama-sama dan tidak saling mencurigai lagi, maka tahap pendekatan keempat sudah berhasil.

5. Memastikan Bahwa Kedua Kucing Sudah Akrab atau Belum


Untuk tahap kelima ini hanya untuk memastikan saja, apakah kedua kucing itu sudah benar-benar akrab atau belum.

Cara mengecek nya cukup mudah sekali yang perlu sobat siapkan adalah makanan yang disimpan dalam 1 piring atau wadah dan coba berikan pada kedua kucing tersebut.

Apakah kedua kucing mau makan bersama-sama atau bahkan masih saja saling menggeram dan juga memukul.

Kalau benar begitu berarti kucing masih membutuhkan proses pendekatan yang cukup lama lagi. Namun jika kucing mau memakan makanan didalam 1 wadah dan secara bersama-sama.

Biasanya itu pertanda bahwa kedua kucing tersebut telah akrab dan benar-benar sudah menjadi sahabat, tentu pasti tidurnya pun terkadang akan sering berdampingan.

Ciri-ciri kucing lama dan baru sudah mulai bersahabat


1. Mau bermain bersama.
2. Tidak saling menggeram apalagi memukul.
3. Mau makan di dalam 1 wadah atau piring yang sama.
4. Berdampingan dan saling menjilati atau membersihkan bulu sahabatnya.
5. Kucing sudah mau tidur secara berdampingan dan pasti akan terlihat nya lucu.

Nah itulah beberapa tips bagaimana mengenalkan dan mengakrabkan kucing baru dan juga kucing lama (tuan rumah).

Sebenarnya untuk dapat mengakrabkan kucing jantan dan betina jauh lebih mudah di banding dengan mendekatkan persahabatan antara sesama kucing jantan.

Namun jika kita orangnya sabar, ulet dan juga telaten dan mau mencoba berusaha mendekatkan kedua kucing, pasti lama-lama kedua kucing tersebut pasti akan bisa akrab juga.