7 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Ampuh


Cara mengatasi dan menghilangkan kutu kucing bukanlah hal sulit untuk  dilakukan, apa lagi menghilangkan nya pada kucing dewasa.

Karena biasanya kutu yang terdapat pada kucing dewasa, Jauh lebih mudah untuk kita ambil walaupun menggunakan sisir atau jari mungkin masih bisa kita dapatkan.

Biasanya kucing dewasa bisa membersihkan serta mencari kutu nya sendiri melalui lidah atau dengan cara menggarukan-garukan tubuhnya menggunakan kaki.

Namun, untuk kucing yang masih kecil (anak kucing) cukup sulit untuk kita ambil kutu nya, Karena kutu pada anak kucing banyak yang menempel pada area kulit, khususnya pada bagian perut dan leher.

Kalau dibiarkan begitu saja tentu kasihan sekali si anak kucing tersebut, pasti akan merasa terganggu karena banyaknya kutu yang menempel di tubuhnya.

Apa dampak kutu terhadap kucing peliharaan?

Dampaknya cukup berbahaya, karena jika kucing sudah merasa tidak nyaman, maka kucing tidak akan ragu untuk menggaruk tubuhnya menggunakan kuku yang tajam tersebut.

Terkadang melukai tubuhnya sendiri dan mengakibatkan iritasi pada kulitnya, dan itu pernah dialami sendiri pada kucing peliharaan Admin.

Pada saat itu, muka anak kucing menjadi luka-luka karena terkena kukunya sendiri, Ia berusaha mengusir kutu yang menempel dan super mengganggu.

Maka dari itu kita sebagai pencinta kucing patut memerhatikan dan merawat kucing dengan baik, serta jangan mau kucing kesayangan kita merasa tersiksa karena adanya kutu-kutu kecil yang menyebalkan itu.

Kalau kamu pernah memiliki anak kucing pasti sudah sangat paham sekali bagaimana rasanya digigit kutu kucing.

Kalau admin sih sering digigit kutu kucing, karena admin berusaha mengambil kutu menggunakan jari.

Bukanya terambil, malah kutu kucing tersebut loncat ke kulit admin, eh digigit dan lumayan juga sih rasanya (Gatal), dan berbeda dengan kutu yang ada di rambut manusia pada umumnya.

Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Kucing


Untuk mengatasi kutu kucing ada berbagai cara, ada yang menggunakan alat, obat, atau dengan cara yang alami dan cara tersebut akan admin jelaskan di bawah ini

Silakan disimak saja mengenai bagaimana cara ampuh menghilangkan kutu yang menempel pada bulu kucing.

1. Memandikan Kucing


Cara jitu mengatasi kutu kucing adalah dengan memerhatikan kebersihan dari kucing itu sendiri.

Tapi untuk anak kucing sebaiknya jangan memandikannya dengan cara disiram, namun basahi saja menggunakan kain basah atau busa.

Campur kan air dengan shampoo khusus kucing, kemudian usapkan ke bagian tubuh kucing di tempat di mana kutu kucing tersebut berkumpul.

Dengan melakukan itu, pasti kutu kucing akan merasa kepayahan dan yang paling terpenting adalah telur kutu nya juga akan mati sehingga tidak akan berkembang biak lagi.

Lakukan cara tersebut secara berulang-ulang atau konsisten agar nantinya kutu kucing tidak kembali lagi, bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati.

2. Menyisir Bulu Kucing


Setelah memandikan dan mengeringkan bulu kucing, kemudian sisir lah kucing menggunakan alat sisir yang sesuai atau cocok dengan bulu kucing kamu.

Dengan menyisir bulu kucing, sama saja kita merawat bulu kucing supaya tetap lebat, terawat dan terhindar dari gangguan kutu kucing.

3. Minyak Telon Untuk Menghilangkan Kutu Kucing


Menghilangkan kutu kucing dengan cara mengoleskan minyak telon ke tubuh kucing.

Apakah benar akan berhasil? Ampuh kok dan ini benar-benar cukup ampuh untuk mengusir kutu kucing, silakan di coba yah.

4. Minyak Kayu Putih


Minyak telon dan minyak kayu putih hampir sama yaitu dapat menghangatkan tubuh.

Namun kedua minyak tersebut sebenarnya berbeda, walaupun berbeda namun ampuh menghilangkan kutu kucing.

Silakan oleskan minyak kayu putih pada sela-sela kulit kucing yang di mana menjadi sarangnya kutu kucing.

5. Kapur Ajaib


Ini cara yang sering admin gunakan untuk membasmi kutu kucing caranya dengan menaburkan kapur ajaib ke tubuh kucing yang dipenuhi oleh kutu.

Untuk mendapatkan kapur ajaib, kamu bisa membelinya di warung-warung terdekat.

Kapur ajaib ini sudah dikenal sebagai pembasmi semut, kecoak, serangga dan juga kutu pada rambut manusia atau kutu pada bulu kucing.

Cara pemakaiannya cukup mudah, silakan kamu halus kan kapur ajaib nya lalu kemudian taburi kapur ajaib tersebut ke tubuh kucing yang ada kutu nya.

Tapi ingat, jangan terlalu banyak atau menaburkan nya jangan berlebihan, karena nanti kucing tidak akan mau diam dan bahkan menjilati kapur ajaib tersebut.

Itu karena kutu kucing mulai menggigit tubuh si kucing, tapi itu tidak akan memakan waktu lama, karena kutu kucing akan mati atau loncat kabur.

6. Menggunakan Obat Tetes


Dengan meneteskan nya pada tengkuk kucing, biasanya kutu-kutu akan langsung mati.

Obat tersebut juga bisa menyembuhkan scabies pada kucing.

Untuk mendapatkan obat tersebut sebenarnya cukup mudah. Karena ada banyak merk obat tetes, Kalian bisa mencarinya secara online.

7 Membersihkan Lingkungan Sekitar


Kalau ini bukanlah cara menghilangkan atau membasmi kutu kucing, namun mencegah adanya kutu pada kucing.

Karena lingkungan yang kotor akan mudah sekali dihinggapi kuman-kuman, bakteri dan juga penyakit.

Sering-sering lah membersihkan kandangnya atau tempat tidur kucing, dengan cara mencuci kandang dan mensterilkan lingkungannya.

Dengan cara tersebut pasti kutu kecil yang menjengkelkan tersebut tidak akan berani lagi kembali dan mengganggu kucing peliharaan.

Tips untuk kamu yang mau mencoba beberapa tips di atas disarankan untuk memotong ujung kuku kucing yang tajam terlebih dahulu.

Karena biasanya jika kita mengusik ketenangan kutu kucing tersebut, si kutu mulai menggigit si kucing.

Jadi untuk antisipasi kucing melukai tubuhnya sendiri, karena di garuk-garuk. ada baiknya kita memotong ujung kukunya terlebih dahulu.

Nah itulah beberapa tips cara ampuh menghilangkan kutu kucing, gunakan salah satu cara di atas untuk mengusir kutu pada kucing kamu.

Jika kamu masih ragu dengan apa yang admin jelaskan di atas, silakan ada baiknya kamu membawa kucing kesayangan ke tempat jasa perawatan kucing.

Karena sudah pasti ada jaminan si kucing akan bersih dan terbebas dari kutu kucing.