Benarkah Kucing Menyebabkan Mandul, Lihat Penjelasannya


Apakah kucing menyebabkan mandul atau kemandulan dan keguguran? Mungkin itu pertanyaan yang sering di lontarkan oleh orang yang ingin sekali merawat kucing di rumahnya.

Namun niat tersebut berubah, malah tidak jadi merawat kucing karena merasa ragu dan juga takut akan dampak merawat kucing yang katanya dapat menyebabkan kemandulan.

Pada umumnya seorang wanita lah yang cukup takut mengenai hal tersebut dan terus bertanya apakah ini benar atau hanya mitos belaka.

Sebenarnya kucing termasuk hewan yang menyukai kebersihan, namun juga tidak lepas dari yang namanya penyakit dan juga virus.

Namun itu tergantung dari sebagaimana kita merawat kucing itu sendiri, apakah sudah baik dan benar atau malah sebaliknya.

Jika anda merawatnya dengan baik tentu kucing peliharaan akan selalu sehat dan aman dari segala serangan virus yang bisa saja menular ke pemiliknya.

Menurut kedokteran atau ahli hewan memang benar wanita (rentan) atau bahkan laki-laki bisa juga berpotensi mandul yang di akibatkan oleh kucing peliharaan.

Salah satu akibat yang bisa membuat seseorang mandul adalah karena adanya parasit di dalam kucing (Toxoplasma)

Di indonesia sendiri cukup sering orang yang terkena toxoplasma. Itu dikarenakan Indonesia memiliki iklim yang tropis.

Orang yang rentan terkena toxoplasma biasanya orang yang mudah sakit atau sistem kekebalan tubuhnya tidak kuat.

Serta mudah sekali terkena virus atau juga parasit yang banyak terdapat di wilayah iklim tropis.

Kalau anda termasuk orang yang kuat dan jarang terkena penyakit, mungkin parasit tersebut tidak akan mudah melawan sistem kekebalan tubuh anda.

Bagaimana cara parasit (toxoplasma) bisa masuk dan menyerang manusia sehingga mengakibatkan kemandulan bahkan dapat menyebab keguguran pada janin?

Kucing yang sudah terjangkit toxoplasma biasanya akan membawa parasit tersebut lewat kotorannya dan biasannya berpotensi terkena bulunya pada saat kucing sedang buang air.

Nah, pada saat itulah biasanya bulu kucing mudah lepas dan juga beterbangan dan bahkan menempel di bantal, kasur mau pun di selimut.

Jika bulu kucing yang sudah terkena kotoran yang mengandung toxoplasma tidak sengaja masuk ke dalam mulut atau bahkan sampai menelannya.

Maka yang disebut toxoplasma tersebut bisa saja mulai menjangkit di dalam tubuh.

Jika bulu tersebut termakan oleh wanita yang sedang mengandung, Maka kemungkinan besar akan dapat keguguran.

Hal tersebut karena toxoplasma memang cukup berbahaya dan mampu merusak kesehatan sel telur pada wanita.

Lantas harus bagaimana, apakah saya harus mengurungkan niat saya untuk merawat kucing di rumah?

Seperti apa yang admin katakan di atas, bahwa jika kita merawat kucing dengan baik dan benar.

Maka hal tersebut tidak menjadi masalah, yang terpenting adalah anda tidak alergi terhadap kucing itu sendiri.

Dengan begitu maka anda dapat mencoba merawat kucing di dalam rumah.

Kucing Menyebabkan Mandul?



Di bawah ini adalah beberapa tips untuk mencegah dari serangan toxoplasma yang di akibatkan oleh kucing peliharaan, silakan di simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Memberikan Vitamin Atau Vaksin Pada Kucing


Untuk langkah pertama supaya menjaga kucing tidak terkena parasit toxoplasma adalah memberikan kucing vitamin dan juga vaksin.

Cara tersebut cukup ampuh menjaga kucing dari serangan penyakit yang kapan saja bisa menular ke manusia.

2. Selalu Menjaga Kebersihan Kucing


Selalu merawat, memerhatikan dan menjaga tubuh kucing supaya tetap bersih.

Caranya silakan mandikan kucing 2 hari sekali atau 1 minggu sekali atau jika tidak ada waktu bisa memandikan kucing jika tubuh kucing sudah terlihat kotor atau juga berdebu.

3. Rutin Membersihkan Kandang Kucing


Kandang kucing biasanya salah satu tempat bersarangnya biang penyakit atau parasit.

Maka dari itu selalu bersihkan kandang kucing, tempat makan, minum, dan juga mengganti pasir yang di gunakan kucing untuk buang air, kalau bisa bersihkan setiap hari.

4. Tingkatkan Sistem Daya Tahan Tubuh Diri Sendiri (Manusia)


Jangankan parasit toxoplasma, penyakit yang lain juga pasti akan mudah menghinggapi tubuh yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat rentan.

Maka dari itu selain merawat dan membersihkan kucing peliharaan alangkah baiknya pemiliknya juga harus rutin menjaga kesehatan tubuhnya

Caranya bisa rutin memakan makanan sehat atau juga menambah asupan vitamin yang baik untuk menjaga dan menambah kekebalan tubuh.

5. Jangan Suka Mencium Kucing


Mungkin ini yang sering dilakukan bagi kebanyakan pencinta kucing, adalah suka mencium kucing peliharaannya.

Mungkin ada beberapa alasan pencinta kucing melakukan hal tersebut, bisa karena muka si kucing imut, lucu, menggemaskan, penurut dan lain sebagainya.

Tapi walaupun demikian kita jangan terlalu sering kontak dengan kucing, Apa lagi sampai mencium bulu atau bibir si kucing.

Jangan lupa juga untuk rutin mencuci tangan setelah bermain dan memegang kucing kesayangan, agar segala kuman-kuman yang menempel di tangan bisa bersih dan juga hilang.

Nah, itulah beberapa tips mencegah kemandulan yang di akibatkan oleh parasit toxoplasma kucing peliharaan.

Semoga dengan membaca artikel ini anda sudah tidak ragu lagi untuk mencoba merawat kucing dan menjadikan kucing tersebut sebagai sahabat baru anda di rumah.

Intinya adalah selalau menjaga kebersihan kucing, kandang, asupan dan juga jangan ketinggalan untuk memerhatikan kesehatan tubuh diri sendiri juga, Semoga bermanfaat.