4 Manfaat Kuning Telur Untuk Kesehatan Kucing


Pada kesempatan kali ini admin ingin sedikit berbagi informasi mengenai apa saja manfaat kuning telur untuk kesehatan kucing.

Sebagai seorang yang hobi memelihara kucing pada umumnya ingin melihat hewan tersebut selalu sehat dan tidak ingin mengalami sakit.

Untuk selalu menjaga kesehatan kucing memang tidaklah mudah dan membutuhkan perhatian khusus terutama dalam hal makanan, serta menjaga daya tahan tubuh kucing agar tidak mudah terkena penyakit tertentu.

Maka dari itu sebagai seorang pemilik harus meluangkan sedikit waktunya untuk hewan kucing peliharaannya. Perhatikan gizi nya, vitamin dan lain-lainnya.

Dengan cara rutin memberi makanan bergizi pada hewan kucing, Maka tentu kesehatan kucing akan lebih terjamin dan terjaga.

Setelah asupan gizi untuk kucing sudah di perhatikan dan terpenuhi, Maka selanjutnya kita perhatikan juga kebersihan tubuh si kucing dan juga kandangnya.

Karena dengan rutin membersihkan bulu kucing atau kandangnya maka yang namanya biang kuman atau penyakit akan kabur dan tidak akan mudah membahayakan kesehatan kucing itu sendiri.

Sebenarnya cukup sederhana dan tidak terlalu sulit untuk merawat kucing dengan cara baik dan juga benar.

Namun terkadang kita lupa untuk mengecek kesehatan kucing itu sendiri, mudah-mudahan yang sering lupa dan malas merawat kucing kini berubah menjadi rajin dan lebih mencintai sahabat peliharaannya dirumah.

Nah, apakah diantara sahabat pencinta kucing pernah memberikan kuning telur pada kucing peliharaannya?

Ternyata kuning telur sangat bermanfaat sekali untuk menjaga kesehatan kucing. Penasaran apa saja manfaat kuning telur untuk kucing? Kalau penasaran silakan disimak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Kandungan kuning telur ayam :
Karbohidrat Kuning Telur = 0,7 gr
Kalsium Kuning Telur = 147 mg
Energi Kuning Telur = 361 kkal
Vitamin B1 Kuning Telur = 0,27 mg
Vitamin C Kuning Telur = 0 mg
Fosfor Kuning Telur = 586 mg
Zat Besi Kuning Telur = 7 mg
Vitamin A Kuning Telur = 2000 IU
Protein Kuning Telur = 16,3 gr
Lemak Kuning Telur = 31,9 gr

Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan lain sebagainya.


Manfaat Kuning Telur Untuk Kesehatan Kucing

Poin Penting

Adapun mengenai beberapa manfaat kuning telur bagi kucing, Adalah sebagai berikut.

1. Kuning Telur Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Serta Memperkuat Stamina Kucing


Manfaat yang pertama adalah dapat menjaga daya tahan tubuh kucing, maka kucing akan terhindar dari berbagai macam biang penyakit yang mungkin saja dapat membahayakan kesehatan dan nyawa si kucing.

Bukan hanya itu saja, dengan memberikan kuning telur maka stamina kucing akan meningkat dan tentu akan membuat kucing akan terlihat lebih aktif dan juga lincah.

2. Memperindah Bulu


Kuning telur juga dipercaya dapat memperindah bulu kucing, siapa sih yang tidak mau melihat kucing kesayangannya memiliki bulu yang lembut dan juga indah.

Nah coba deh berikan kucing telur pada kucing sobat, maka bulu kucing akan lebih terlihat cantik.

Tapi ingat ya sahabat jangan pernah memberikan kucing dengan ikan asin, karena ikan asin biasanya akan berdampak kepada bulu kucing menjadi rontok dan juga rusak.

3. Menjadi Alternatif Penyembuhan Kucing Yang Sakit


Jika kucing sahabat mengalami sakit, coba berikan kuning telur dengan cara menyuapinya.

Tapi jika cara ini belum berhasil. Maka mau tidak mau kita harus membawanya ke dokter hewan agar nantinya di berikan penanganan yang lebih efektif.

Atau sobat juga bisa mencoba memberikan air kelapa hijau kepada si kucing.

Lihat juga: Cara mengobati kucing sakit dengan air kelapa hijau

4. Mempercepat Proses Penggemukan Pada Kucing


Bukan hanya manusia saja loh yang bisa cepat gemuk karena gemar mengkonsumsi kuning telur.

Tapi ternyata terhadap kucing pun bisa juga, kuning telur memang cukup efektif untuk penggemukan badan kucing lebih cepat.

Namun perlu diingat bahwa kita jangan terlalu sering atau terlalu banyak memberikan kuning telur pada kucing. Karena akan membuat ukuran tubuh kucing tidak ideal atau terjadi obesitas.

Catatan : Usahakan gunakan jenis kuning telur ayam kampung yang masih segar.

Kalau ingin menggunakan jenis kuning telur lainnya silakan saja, tapi menurut admin tidak sebaik kuning telur ayam kampung yang masih segar atau telur yang tidak terlalu lama disimpan di lemari es.

Berikan kuning telur nya saja dan untuk putih telur nya usahakan jangan sampai terbawa atau ikut di berikan untuk kucing.

Berikan kuning telur secukupnya saja, jangan memberikannya terlalu banyak nanti kucing akan terlalu kenyang dan juga muntah.

Jika kucing mengalami muntah atau alergi, Maka segeralah henti kan dan jangan berikan lagi kuning telur tersebut di lain waktu.

Nah, itulah beberapa manfaat kuning telur untuk merawat kesehatan kucing, semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terutama bagi sahabat pencinta kucing di mana pun berada.