Cara Mengobati Kucing Sakit Tanpa Ke Dokter Hewan


Cara mengobati kucing sakit muntah, demam panas, flu, tidak mau makan, tidak bisa berdiri, lemas, sakit mata, dan gejala lainnya tanpa harus pergi ke dokter hewan, Apakah bisa dilakukan sendiri dirumah?

Tentu saja bisa, Kamu dapat melakukan pertolongan pertama dengan pengobatan yang terbilang alami dan bisa dilakukan secara mandiri dirumah, Jadi pastikan Kamu jangan melewatkan informasinya disini.

Admin sendiri bukanlah seorang dokter hewan, Hanya sekedar pecinta kucing yang sudah lama merawat kucing dan pada kesempatan kali ini Kami akan memberikan sedikit pengalaman mengenai bagaimana cara mengobati kucing secara mandiri.

Menurut Pets.webmd.com, Masalah kesehatan pada kucing yang paling umum terjadi adalah muntah, kutu dan jamur, cacing pita, diare dan sakit mata.

Walau kucing sangat baik dan teliti dalam perawatan dirinya sendiri. Namun tidak bisa lepas dari ancaman beberapa penyakit kucing yang lebih umum tersebut.

Mengobati Kucing Sakit Tanpa Ke Dokter Hewan

Melakukan pertolongan pertama itu sangat penting untuk dilakukan agar supaya kita dapat menyelamatkan kucing dari sakit yang lebih parah.

Berikut ini adalah beberapa cara bagaimana mengobati kucing sakit tanpa harus pergi ke dokter hewan yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

1. Mengobati Kucing Muntah, Demam dan Lemas


Silakan Kamu cek suhu tubuh si kucing, Apakah terasa hangat? Jika memang begitu, itu menandakan bahwa kucing peliharaan Kamu sedang mengalami demam.

Kucing yang sedang demam biasanya akan menunjukan beberapa gejala seperti muntah, flu, dan tubuhnya terlihat sangat lemah atau lemas.

Adapun mengenai cara mengobati kucing demam, flu dan muntah-muntah adalah sebagai berikut.

1. Memberikan air putih yang cukup pada kucing.

2. Atur suhu ruangan yang ada di dalam rumah, Jika terlalu panas sebaiknya bawa kucing ke tempat yang lebih teduh dan sejuk, Atau biarkan kucing bermain di luar rumah, Jangan di kurung terus.

3. Berikan kucing dengan suplemen energi dan Vitamin B

4. Berikan kucing dengan obat tolfenamic acid, Berikan ia dengan dosis satu tablet untuk tiga - lima hari. Dosis tersebut untuk kucing yang mempunyai berat badan 1,5 dan untuk kucing yang memiliki bobot tubuh empat kilo gram baiknya berikan ia satu tablet per hari.

2. Mengatasi Kucing Yang Tidak Mau Makan


Beberapa penyebab kucing tidak mau makan diantaranya adalah, Karena ia sedang mengalami gangguan pada pencernaan, penyakit mulut, merasa bosan dengan makanannya dan sedang stress.

Berikut ini adalah cara mengatasi kucing tidak mau makan:

1. Jika kucing tidak nafsu makan, Coba Sobat goda ia untuk makan caranya cukup mengoleskan makanan (daging basah) ke dekat hidung atau mulutnya.

2. Kucing tidak mau makan sama sekali, Maka sobat bisa menyuapinya menggunakan syringe (suntikan tapi tidak ada jarum nya) Berikan ia makanan yang lembut, Lakukan secara perlahan-lahan.

3. Berikan kucing obat penyakit mulut, Jika ia sedang mengidap sakit sariawan, gusinya bengkak dan lain sebagainya, Gunakan obat salep kenalog yang bisa sahabat beli di apotik, Kalau gak salah harganya sekitar enam puluh ribuan.

3. Mengobati Kucing Tidak Bisa Berdiri


Terdapat beberapa penyebab kenapa kucing tidak bisa berdiri atau pincang, Salah satunya adalah karena kakinya keseleo yang di akibatkan karena terbentur atau jatuh.

Kalau tidak ada luka luar, itu artinya kucing salah tumpuan pada saat melompat, Namun jika terdapat luka luar berarti kucing memang terkena lemparan atau terlindas ban motor atau mobil dan harus cepat di atasi oleh dokter hewan, Takutnya tulangnya retak atau syaraf nya terjepit.

Untuk pertolongan pertama, Pastikan kucing tidak kekurangan cairan (dehidrasi) berikan ia minum yang banyak.

Jika tidak mau minum Sobat bisa mengusap kan air ke mulutnya. Tidak lupa juga untuk memberikan ia makan dengan makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging ayam atau yang lainnya.

Lihat Selengkapnya: Cara Menyembuhkan Kaki Kucing Yang Keseleo

4. Menyembuhkan Sakit Mata Pada Kucing


Ada beberapa jenis penyakit mata yang sering di alami oleh kucing, Yang pertama adalah karena kucing memproduksi air mata secara berlebihan, Feline Herpesvirus, Nasolacrimal occlision, Konjungtivitas dan Akibat cacing mata.

Adapun langkah untuk pertolongan pertama mengobati kucing sakit mata adalah dengan cara selalu bersihkan mata kucing dari belekan.

Memisahkan antara kucing yang sehat dengan yang sakit, dan terakhir bisa memberikan ia daun sirih, Silakan tetes kan ke area mata kucing.

Atau bisa juga sahabat memberikan ia obat tetes mata atau obat Teramicin. Obat ini berbentuk salep dan bisa di beli di apotek.

Cara pakai nya cukup mudah, Pastikan mata kucing sudah di bersihkan kemudian oleskan Teramicin sesuai anjuran.

Lakukan satu kali dalam sehari, sehingga kotoran atau belekan nya menjadi berkurang.

5. Menghilangkan Kutu Atau Jamur Pada Kucing


Jangan biarkan kucing tersiksa karena adanya kutu, Jika terlalu lama di serang oleh kutu biasanya akan menyebabkan iritasi pada kulitnya.

Jika sudah begitu maka segeralah obati lukanya dengan cara memberikan berbagai jenis obat luka luar seperti betadine, NaCl, rivanol atau gentamicin.

Adapun cara untuk menghilangkan kutu atau jamur pada kucing adalah dengan cara mengoleskan minyak kelapa VCO, Minyak tawon dan lain sebagainya.

Lihat Selengkapnya: Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Kucing

6. Bantu Grooming


Kucing yang sedang sakit terkadang akan menjadi malas untuk membersihkan dirinya sendiri, Maka kita sebagai pemiliknya tentu harus ikut bantu grooming juga dengan cara menyikat bulunya dengan sisir kawat, membersihkan area telinga, mulut, kuku dan lain sebagainya.

7. Perhatikan Dia


Berikan ia perhatian khusus apalagi jika kucing sedang sakit, Rawatlah ia dengan kasih sayang karena biasanya kucing yang sedang sakit akan suka menyendiri.

Namun kita jangan membiarkannya begitu saja, Silakan elus-elus bulunya hingga ia menjadi lebih nyaman.

Makanan dan Minuman Untuk Mengobati Kucing Sakit


Berikut ini adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang baik untuk menjaga kesehatan kucing, Jika kucing Kamu sedang mengalami sakit.

Maka bisa memberikan beberapa makanan dan minuman dibawah ini untuk menyembuhkan penyakitnya.

1. Memberikan Kelapa Segar


Air kelapa sendiri sudah menjadi andalan bagi Admin untuk mengobati kucing sakit demam, muntah, diare dan tidak mau makan.

Sobat bisa mencari kelapa muda, Kemudian bakar terlebih dahulu selama kurang lebih tiga atau empat jam.

Tunggu hingga dingin dulu kemudian berikan kepada kucing yang sedang sakit tersebut. Bisa menggunakan suntikan tanpa jarum dan berikan ia secara perlahan-lahan, Supaya nantinya tidak tersedak.

Jangan khawatir jika kucing mengeluarkan cairan dari dalam mulutnya, Hal tersebut sudah biasa karena itu dalam proses menetralisir racun di dalam tubuhnya.

2. Berikan Kuning Telur Mentah


Kuning telur ini untuk mengatasi kucing yang tidak nafsu makan, Sobat bisa memberikan kucing dengan kuning telur ayam dan berikan ia menggunakan pipet atau suntikan tanpa jarum, Lakukan secara perlahan. Biasanya tidak lama kemudian nafsu makannya mulai normal kembali.

3. Memberikan Madu Alami Kepada Kucing


Madu cukup baik untuk mengobati kucing yang demam dan flu, Sobat bisa memberikannya madu, Usahakan madu alami dan bukan madu yang sudah di campur gula atau perasa tambahan.

Terdapat beberapa produk madu alami yang bisa sobat beli di antaranya adalah Madu Tj murni, Madu kurma Tj, Madu nusantara, Uray madu dan lain sebagainya.

Bisa mencarinya di supermarket atau silakan tanya-tanya ke toko obat (apotek).

Lihat Juga: Manfaat Madu Untuk Kesehatan Kucing

4. Selalu Memberikan Ia Air Putih


Pastikan kucing diberikan minum dengan air putih, Jangan sampai kita mengabaikan kucing yang sedang sakit.

Kucing yang kekurangan cairan di dalam tubuhnya justru akan memperburuk keadaan kesehatan kucing tersebut.

5. Kasih Susu Khusus Kucing


Coba berikan ia dengan susu khusus untuk kucing yang bisa sobat beli di petshop, Susu khusus kucing ini biasanya mengandung taurine dan berbagai macam nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan kucing.

6. Beri Multivitamin


Dengan memberikan kucing multivitamin, maka akan membantu memperkuat sistem imun tubuh kucing dan bisa melawan virus atau pun bakteri yang menyebabkan ia menjadi sakit.

7. Perhatikan Tempat Tidur (Kandang)


Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan keadaan tempat istirahat si kucing, Bersihkan kandang dan simpan beberapa kain bersih untuk di jadikan alas kucing untuk tidur.

Penutup:

Perlu di perhatikan juga bahwa jika kucing tidak kunjung sembuh juga dan bahkan Kamu melihat Ciri-ciri kucing mau mati.

Maka harus segera ditangani oleh dokter hewan, Karena untuk pengobatan secara mandiri dirumah tidak mesti selalu berhasil.

Jadi mau tidak mau Kamu harus membawanya ke dokter hewan, Agar kucing mendapatkan penanganan yang khusus dan nyawanya dapat selamat.

Mungkin di cukup kan sekian pembahasan mengenai bagaimana cara mengobati kucing sakit dengan cara mandiri atau sendiri dirumah, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.