Ciri-Ciri Bebek


Ciri-Ciri Bebek - Secara umum binatang bebek sering di kenal juga dengan sebutan itik dan nama ilmiahnya adalah anas platyrnchos. Untuk keberadaan bebek di indonesia sendiri cukup banyak dan dapat kita temukan dengan mudah di sawah, sungai, dan di tempat yang memiliki air yang tawar atau air laut, hewan ini termasuk jenis hewan burung anatidae.

Bebek atau itik sendiri pada umumnya di kenal sebagai burung akuatik yang dimana tubuh bebek sendiri tergolong lebih kecil di bandingkan dengan saudara dekatnya yaitu Angsa atau pun angsa berleher pendek.

Hewan bebek memiliki daya tahan tubuh yang cukup kuat di bandingkan dengan jenis unggas lainnya, contohnya seperti Ayam dan lain sebagainya. Bebek termasuk hewan omnivora yang dimana memakan makanan seperti cacing, rumput (tanaman air), amfibi kecil atau berbagai jenis serangga.

Binatang bebek termasuk hewan ternak yang serbaguna, bebek dapat di manfaatkan daging, telur dan juga bulunya, maka tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk berternak atau membudidayakan bebek, baik untuk di jadikan bebek pedaging mau pun petelur.

Nah, Itulah penjelasan singkat mengenai bebek atau itik, sekarang kita masuk ke pembahasan mengenai ciri-ciri bebek. Silahkan di simak selengkapnya di bawah ini.

Karakteristik Atau Ciri-Ciri Bebek Jantan Maupun Betina


Adapun mengenai ciri-ciri bebek, Adalah sebagai berikut.

1. Bebek memiliki bulu dengan corak yang beragam, baik bebek jantan maupun betina. Namun untuk bebek betina sendiri memiliki warna yang terlihat agak kusam dan memiliki corak bintik-bintik pada bulunya.

2. Untuk membedakan mana bebek jantan dan betina, kita dapat melihat pada bagian bulu ekornya, Untuk bebek jantan memiliki bulu ekor yang pada bagian ujung bulu ekornya agak melengkung atau bengkok ke atas dan untuk bebek betina sendiri terlihat normal atau biasa.

3. Ukuran bebek betina terlihat lebih kecil di bandingan dengan bebek jantan yang dimana bebek jantan memiliki tubuh yang lebih besar.

4. Bebek termasuk hewan yang memiliki suara yang unik. Bebek jantan memiliki suara yang lebih kecil di bandingkan dengan bebek betina yang memiliki suara yang lebih keras.

5. Baik bebek jantan maupun betina keduanya memiliki dua kaki dan memiliki telapak kaki yang cukup lebar dan juga berselaput, Jadi jangan heran jika bebek adalah salah satu hewan yang pintar berenang di air.

6. Bebek memiliki paruh yang terlihat pipih dan ukurannya cukup panjang dan lebar, paruh tersebut di gunakan untuk lamellae atau untuk menyaring makanan yang di makan oleh bebek tersebut.

7. Secara umum bebek memiliki berat kurang lebih 1,5 kg dan panjangnya 30 sampai 50 cm.

8. Bebek berkembang biak dengan cara bertelur, Mereka berkembang biak setahun sekali (di sesuaikan dengan jenisnya masing-masing) atau mengikuti kondisi cuaca maupun musim, contohnya musim hujan, musim panas, musim semi.

9. Bebek memiliki kulit atau bulu yang berminyak. Minyak tersebut diproduksi oleh kelenjar yang ada di bagian ekor bebek tersebut. Kegunaan kelenjar minyak tersebut salah satunya adalah untuk membuat bulu bebek bisa anti air.

10. Bebek adalah salah satu unggas yang terbilang malas atau jarang mengerami telur nya, Namun walaupun demikian, ternyata dengan bebek jarang mengerami telur nya maka bebek tersebut akan menghasilkan telur yang lebih banyak.

Ciri-Ciri Bebek Jenis Pedaging

1. Memiliki tubuh yang cukup besar di banding dengan jenis bebek lainnya
2. Bebek pedaging membutuhkan asupan makanan yang mengandung gizi yang tinggi.
3. Pertumbuhan bebek pedaging terbilang sangat cepat.

Contoh beberapa jenis bebek pedaging : Bebek swedia biru, Bebek serati, Bebek tegal, Bebek raja dan ratu, Bebek manila, Bebek peking, Bebek tiktok dan Jenis bebek pedaging lainnya.

Ciri-Ciri Bebek Jenis Petelur

1. Memiliki tubuh yang terbilang kecil di bandingkan dengan bebek pedaging.
2. Bebek petelur berjalan dengan tegak.
3. Memiliki leher yang panjang, Namun ada pula bebek petelur yang memiliki leher yang pendek.
4. Bebek petelur suka reproduksi.
5. Bebek petelur mulai memproduksi telur nya pada umur 6-7 bulan.

Contoh bebek petelur : Bebek petelur mojosari, Bebek bali atau Itik pinguin, Bebek alabio, Bebek khaki campbell dan lain sebagainya.

Cukup sekian pembahasan mengenai apa saja ciri-ciri bebek, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.