Ciri-Ciri Ular


Ular masuk ke dalam jenis hewan reptilia yang dimana ia tidak memiliki kaki dan juga binatang ini memiliki tubuh yang panjang. Ular dapat hidup di banyak tempat, ada yang hidup di hutan, gunung, gurun, sawah, lingkungan desa, dataran rendah atau tinggi dan bahkan ada ular yang mampu hidup di dalam air laut.

Beberapa jenis ular pada umumnya banyak di temukan di daerah tropis, salah satunya ada di negara kita yaitu Indonesia. Sebagai hewan berdarah dingin memang tidak mudah jika hidup di daerah yang memiliki udara yang sangat dingin contohnya kutub atau tempat yang diselimuti oleh salju.

Kalau di Indonesia mungkin kita akan lebih mudah menemukan berbagai jenis ular dengan beberapa keunikan corak nya atau bagaimana ular tersebut dapat hidup dan berkembang biak, Kita tahu sendiri ada beberapa jenis ular yang selama hidupnya hanya di pepohonan saja tanpa pernah turun ke tanah.

Ada juga jenis ular yang hidupnya di atas tanah (Melata) dan terdapat jenis ular yang menyukai tempat-tempat lainnya, seperti semak-semak, di tumpukan batu, danau, rawa, sungai atau di laut lepas.

Ciri Ciri Khusus Binatang Ular


Adapun mengenai ciri khusus dari hewan reptil ular adalah sebagai berikut, Silakan sahabat dapat melihatnya dibawah ini.

1. Bersisik

Tubuh ular bersisik, sama halnya dengan jenis binatang reptil pada umumnya seperti kadal, buaya, biawak, iguana, bunglon, tokek, dan lain sebagainya.

2. Berjalan Dengan Cara Melata

Ular pada umumnya berjalan dengan cara melata atau berjalan dengan menempelkan perut ke tanah, Namun ada juga jenis ular yang banyak menghabiskan waktunya di atas pohon atau di dalam air.

3. Tidak Memiliki Daun Telinga

Ular pada umumnya tidak memiliki daun telinga dan juga gendang telinga.

4. Hewan Pemakan Daging (Karnivora)

Termasuk binatang predator dan memakan hewan buruan nya seperti tikus, kodok, kambing, rusa, dan bahkan saling memakan antar sesamanya.

5. Mendesis

Ia memiliki kemampuan tersendiri yaitu dapat mengeluarkan suara yang di hasilkan oleh mulutnya yaitu suara mendesis.

6. Memiliki Ukuran Tubuh Yang Panjang

Bentuk dari tubuhnya sendiri memanjang dan ular jenis piton biasanya menduduki peringkat teratas dalam hal ukuran tubuh ter panjang, Namun ada juga jenis ular yang memiliki ukuran tubuh yang pendek contohnya seperti leptotyphlops carlae.

7. Lidah Yang Bercabang

Secara umum ular memiliki bentuk lidah yang bercabang dan salah satu fungsi dari lidahnya adalah untuk menunjukan arah atau sebagai alat navigasi, Maka jangan heran jika ular sering mengeluarkan lidahnya jika sedang bergerak.

8. Penglihatan dan Pendengaran Yang Kurang Tajam

Ular sejatinya tidak memiliki indera pendengaran dan juga penglihatan yang baik, Akan tetapi binatang reptil ini mampu merasakan getaran di tanah serta mereka juga memiliki kemampuan penciuman yang luar biasa tajam. Indera penciuman yang tajam tersebut terletak pada lidahnya yang bercabang.

9. Berbisa

Beberapa jenis ular memiliki racun atau bisa yang sangat mematikan, Bisa ular tersebut di gunakan sebagai alat bantu untuk menjaga dirinya sendiri dari serangan predator lawan dan di gunakan juga untuk melumpuhkan mangsanya.

Apa Makanan Ular?

Ular adalah jenis hewan reptil pemakan daging atau karnivora, Ular dapat melahap mangsanya seperti, burung, kodok, tikus, dan lain-lainnya, Bukan hanya itu saja ternyata ular juga suka sekali memakan telur.

Untuk jenis ular yang bertubuh besar seperti ular sanca dan jenis ular besar lainnya juga mampu memakan buruan nya seperti kambing, rusa, kijang secara bulat-bulat.

Untuk ular yang hidupnya di air biasanya memakan jenis hewan seperti ikan, kodok dan lain sebagainya.

Bagaimana Ular Berkembang Biak?

Ular pada umumnya berkembang biak dengan cara bertelur dan untuk jumlah telur nya sendiri bervariasi ada yang hanya beberapa butir telur saja, ada juga yang bisa mencapai puluhan butir telur dan bahkan ada ular yang mampu bertelur hingga ratusan butir telur.

Cara ular menetaskan telur nya adalah dengan cara meletakkan telur nya kedalam lubang-lubang tanah dan mengerami telur tersebut sampai waktunya menetas, Namun ada juga ular yang malas menunggu atau mengerami telur nya.

Apa Saja Jenis Ular Yang Ada Di Indonesia?

Ular sanca kembang, ular kepala dua, ular kawat, ular siput, ular pelangi, ular gadung, ular cacak, ular kisik dan jenis ular-ular lainnya yang ada di indonesia

Hal Unik Tentang Ular

Ular ternyata tidak takut akan garam loh dan tidak berlendir seperti halnya lintah, Ia pun dapat mendengar dan mampu menelan mangsanya walaupun yang dimakan itu tubuhnya lebih besar dari ukuran mulut dan kepalanya.

Tidak semua jenis ular bertelur, Maksudnya ia bertelur dan menetaskan nya di dalam perut, Mereka tidak akan menyerang manusia jika ular tersebut tidak merasa terancam.

Sekian penjelasan singkat mengenai karakteristik ciri-ciri binatang reptil seperti ular, Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat untuk kita semua.