12 Ciri-Ciri Buaya


Pengertian dan ciri-ciri buaya - Binatang buaya adalah salah satu jenis hewan reptil yang memiliki tubuh yang cukup besar, berdarah dingin dan biasa hidup di sungai, rawa-rawa dan danau, buaya termasuk hewan yang agresif, buas dan termasuk hewan predator yang cukup berbahaya.

Buaya termasuk hewan pemakan daging (karnivora), Makanan utama hewan buaya adalah ikan, hewan reptil, dan berbagai jenis hewan mamalia, Jika buaya tersebut merasa terganggu dengan kehadiran manusia di sekitar habitatnya, Maka bisa saja manusia tersebut akan di serang oleh buaya tersebut. Maka dari itu berhati-hatilah pada saat kita sedang di dekat buaya.

Kalimat dan penamaan buaya sendiri diambil dari bahasa indonesia dan terdapat juga penamaan buaya menggunakan bahasa daerah di berbagai wilayah di indonesia, Diantaranya adalah bajul (jawa), buhaya (Sunda), bekikok (betawi) dan crocodile untuk bahasa inggris.

Buaya termasuk kedalam jenis hewan purba, Sama halnya dengan berbagai jenis hewan reptil lainnya, Salah satunya adalah binatang Komodo yang sampai sekarang populasi nya masih cukup banyak di indonesia bahkan di berbagai negara di dunia juga terdapat penangkarannya.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai pengertian buaya, Sekarang kita masuk ke pembahasan selanjutnya mengenai beberapa ciri-ciri khusus buaya, Silakan di simak saja di bawah ini.

Ciri-Ciri Buaya


Adapun mengenai ciri-cirinya adalah sebagai berikut.

1. Buaya termasuk hewan karnivora (Pemakan daging).
2. Mereka adalah binatang berdarah dingin atau jenis hewan reptil kategori ordo krokodilian.
3. Cara berkembang biak buaya adalah dengan bertelur.
4. Mampu bertelur sebanyak 10 sampai 60 butir telur, terkadang jumlahnya lebih dari itu.
5. Memiliki gigi taring yang runcing, kuat dan juga tajam. Jumlah gigi buaya kurang lebih sebanyak 36.
6. Buaya memiliki rahang yang kokoh dan juga kuat untuk menghancurkan mangsanya.
7. Mempunyai sepasang mata.
8. Terdapat selaput pada bagian mata dan juga hidung.
9. Buaya bernafas menggunakan paru-paru.
10. Hampir keseluruhan permukaan tubuh buaya di tutupi kulit yang keras dan juga bersisik.
11. Mempunyai sepasang kaki pada bagian depan dan juga sepasang kaki belakang.
12. Buaya memiliki beberapa corak warna pada kulitnya, Namun pada umumnya buaya berwarna hijau tua dan kecokelatan.

Hal Unik Pada Buaya

1. Buaya mempunyai kemampuan berburu yang cukup mumpuni, Buaya sering menangkap mangsanya dengan cara tiba-tiba.

2. Kemampuan buaya berjalan di darat memang cukup lambat, Namun untuk kemampuan di dalam air buaya lah juara nya, Maka tidak heran jika buaya mendapatkan mangsanya di darat maka biasanya buaya tersebut akan langsung membawanya kedalam air.

3. Kurang lebih terdapat 23 spesies buaya yang asalnya dari perairan air asin dan juga terdapat jenis buaya kerdil.

4. Permukaan kulit buaya sangat keras, terutama dibagian punggung yang terkadang tidak mempan di tusuk menggunakan anak panah.

5. Anak buaya akan di masukan kedalam mulut induknya, Jika habitatnya sedang dalam keadaan berbahaya.

6. Buaya biasanya akan mengeluarkan air mata, Jika mata buaya tersebut kering karena terlalu lama berdiam diri di darat, Air mata tersebut berasal dari kelenjar lachrymal.

7. Ketahanan tubuh buaya sangatlah luar biasa, Bahkan buaya mampu bertahan hidup hanya dengan memakan satu hewan besar dalam waktu yang cukup lama.

8. Cara buaya mencerna makanan biasanya menggunakan bantuan batu sebagai penggiling, Buaya terkadang menelan batu yang tujuannya untuk membantu melancarkan proses pencernaan nya.

Dan masih banyak lagi keunikan dari binatang buaya yang mungkin penulis belum sertakan pada kesempatan kali ini.

Kulit buaya sering di manfaatkan oleh manusia, Untuk dijadikan berbagai macam produk tas, gesper dan lain-lain. Untuk teman-teman pecinta binatang ada baiknya tetap harus selalu menjaga keberadaan buaya agar terhindar dari kepunahaan.

Jangan karena keuntungan semata lantas kita lupa untuk menjaga buaya agar tetap selalu ada dan juga lestari, Mungkin dicukupkan sekian pembahasan mengenai ciri-ciri buaya, Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.