Ciri-Ciri Reptil


Ciri-Ciri Reptil - Apa pengertian reptil atau reptilia? Reptil adalah binatang melata dan pasti kita pernah melihat hewan buaya dan ular. Itulah beberapa contoh hewan reptil yang dapat kita temukan dengan mudah di kebun binatang.

Reptil termasuk hewan berdarah dingin (vertebrata) dan di bagian tubuhnya di tertutupi oleh sisik dan hewan ini termasuk binatang bertulang belakang. Pada umumnya reptil berkembang biak dengan cara bertelur, Namun tidak jarang pula di beberapa kasus terdapat spesies yang berkembang biak dengan cara melahirkan.

Binatang reptil memiliki ukuran tubuh yang bervariasi, ada yang berukuran hanya 1,6 cm contohnya hewan tokek kecil dan ada juga reptil yang berukuran sampai 6 meter contohnya hewan buaya dan lain sebagainya.

Secara umum reptil memiliki kaki empat dan juga memiliki lima jari di setiap kakinya, Namun hal tersebut tidak berlaku untuk jenis hewan reptil semacam ular karena hewan ini tidak memiliki kaki untuk berjalan.

Lihat juga : Ciri-Ciri Ular

Hewan reptil tersebar ke banyak negara termasuk juga di negara kita yaitu Indonesia yang memiliki salah satu binatang khas reptil yang telah di akui dunia yaitu Komodo. Reptil banyak hidup di daerah tropis dan mampu bertahan hidup di wilayah yang kering contohnya komodo hewan kebanggaan indonesia.

Nah, Itulah gambaran singkat mengenai binatang reptil, sekarang kita masuk ke pembahasan selanjutnya yaitu ciri-ciri reptil, Silakan di simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Ciri-Ciri Khusus Binatang Reptil


Adapun mengenai ciri-ciri binatang reptil, Adalah sebagai berikut.

1. Ciri-ciri reptil yang pertama adalah hewan ini masuk kedalam golongan hewan melata yang dapat bergerak menelungkup di atas tanah dan kekuatan otot di bagian kedua sisi tulang belakangnya di gunakan untuk bergerak, baik bergerak lambat mau pun cepat.

2. Reptil Memiliki kaki yang berukuran pendek dan di setiap sela-sela jarinya memiliki kuku yang runcing atau tajam. Kuku tersebut biasa di gunakan untuk pertahanan diri atau melumpuhkan hewan buruan nya.

3. Mereka mempunyai ukuran ekor yang lebih panjang di bandingkan dengan ukuran kakinya sendiri yang pendek.

4. Mempunyai struktur tubuh yang cukup lengkap, di antaranya adalah kepala, leher, badan dan ekor, Untuk ukuran badan reptil sangatlah bervariasi dan di sesuaikan dengan jenis reptil nya itu sendiri.

5. Mereka adalah hewan berdarah dingin, Cara reptil mengatasi dan mengatur suhu tubuhnya dengan cara beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

6. Pada umum nya tubuh binatang reptil memiliki sisik pada bagian kulit.

7. Reptil memiliki mata, lidah, mulut, telinga, gigi taring dan juga hidung.

8. Mampu bertahan hidup dan berumur panjang di bandingan dengan jenis hewan lainnya, beberapa contoh hewan reptil yang mampu berumur panjang adalah Komodo, Buaya, Kura-kura, Ular, Penyu dan lain sebagainya.

9. Secara umum hewan reptil pemakan daging (karnivora) jadi tidak heran jika hewan reptil kerap kali di juluki dengan binatang predator.

10. Mereka berkembang biak dengan cara bertelur, Namun di beberpa kasus ada reptil yang berkembang biak secara bertelur lalu kemudian beranak (ovovivipar).

Jenis Hewan Reptil Yang Cukup Mudah Untuk Di Rawat

Jika kalian pencinta hewan reptil, Admin ingin merekomendasikan pada kalian apa saja hewan reptil yang dapat dirawat diantaranya adalah, Ular Ball Python, Ular Mandarin Ratsnakes, Leopard Gecko, Biawak, Iguana, Kura-Kura Hias, Dan masih banyak lagi jenis hewan reptil yang bisa kalian pelihara, Namun tetap harus sesuai aturan dan juga ijin dari pihak yang berwenang.

Rawatlah hewan kesayangan anda dengan sepenuh hati, Jika perlu budidaya hewan tersebut agar hewan reptil yang terancam punah akan dapat terus lestari dan selamat dari ancaman kepunahan.

Jika Anda dirasa tidak mampu untuk merawat hewan reptil, sebaiknya jangan merawat hewan reptil di rumah dan biarkan hewan tersebut hidup di alam bebas. Mungkin cukup sekian penjelasan singkat mengenai apa saja ciri-ciri reptil, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.