12 Ciri-Ciri Unta


Ciri-Ciri Unta - Bagi masyarakat indonesia mungkin akan sangat jarang sekali untuk dapat melihat hewan unta secara langsung di tempat umum, kecuali di kebun binatang. Alasannya karena binatang ini termasuk binatang yang banyak di temukan di wilayah gurun atau padang pasir seperti kawasan timur tengah dan juga di afrika utara.

Mereka sanggup beradaptasi dan mampu hidup di wilayah yang dikelilingi oleh padang pasir dan dengan suhu udara panas dan mungkin makhluk hidup lainnya akan merasa kesulitan untuk dapat beradaptasi di lingkungan tersebut.

Ia memiliki salah satu kemampuan yaitu mampu beradaptasi di lingkungan atau habitat dengan suhu udara panas, Alasannya karena jenis satwa ini memiliki sistem pengaturan suhu tubuh yang berbeda dengan jenis hewan mamalia pada umumnya.

Unta jarang sekali terengah-engah seperti hal nya manusia yang mudah sekali mengalami kelelahan atau juga dehidrasi (kekurangan cairan di dalam tubuh) dan uniknya lagi hewan mamalia ini sangat sedikit mengeluarkan keringat.

Hal tersebut membuatnya pandai untuk mengatur suhu tubuh serta pintar berhemat energi di dalam tubuhnya.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai salah satu hewan gurun, Yaitu unta. Sekarang kita masuk ke pembahasan utama yaitu, Ciri-ciri khusus unta, Silakan anda dapat menyimak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Ciri-Ciri Unta


Adapun mengenai cirinya adalah sebagai berikut.

1. Tubuh: Ia memiliki bobot tubuh besar dan bisa mencapai berat 1,000 kg (Di sesuaikan dengan jenisnya) dan tinggi hingga mencapai dua meter.

2. Jenis: Mereka masuk kedalam jenis hewan golongan mamalia dan mampu hidup selama usia 40 tahun lebih. Jangan lewatkan untuk melihat artikel mengenai Ciri-Ciri Mamalia.

3. Warna bulu: Pada umumnya mereka memiliki warna bulu coklat (gradasi) dan coklat kehitaman.

4. Mata: Memiliki kemampuan indra penglihatan yang tidak begitu spesial, Ia memiliki ukuran mata cukup besar dan memiliki bulu mata panjang, Hal tersebut berguna untuk menjaga matanya supaya tidak mudah terkena oleh debu dan juga pasir. 

5. Kaki: Hewan ini memiliki ukuran kaki panjang, kuat berotot dan cukup besar. Di bagian telapak kakinya terdapat bantalan kaki yang lebar, tekstur nya kasar dan membentuk 2 jari kaki. Hal tersebut yang membuat ia mampu berjalan dengan baik di gurun pasir.

6. Telinga: Ia memiliki telinga yang permukaannya dilapisi bulu, Hal tersebut berguna untuk menyaring debu dan juga pasir sehingga tidak mudah masuk ke lubang telinga unta tersebut.

7. Bibir: Memiliki ukuran bibir yang cukup lebar dan juga kuat, Bibirnya kuat seperti halnya karet dan bahkan tanaman berduri sekalipun unta sanggup memakannya tanpa mengalami luka sama sekali.

8. Ekor: Memiliki ukuran ekor dengan panjangnya bisa mencapai lima puluh centimeter lebih.

9. Cara Berkembang Biak: Unta berkembang biak dengan cara mengandung, melahirkan dan menyusui anaknya.

10. Jenis Makanan (Herbivora): Secara umum makanan unta adalah berupa tumbuh-tumbuhan seadanya yang tumbuh di padang pasir. Mereka mampu bertahan hidup sampai satu minggu lebih tanpa asupan makanan dan juga minuman.

11. Mereka adalah hewan sosial dan senang hidup dengan cara berkelompok dengan kawanan nya dan bahkan uniknya lagi mereka akan saling menyapa dengan cara bertiup di wajah masing-masing.

12. Punuk: Salah satu ciri khusus dan paling khas yang kentara dari binatang ini adalah mereka memiliki punuk di punggungnya.

Banyaknya punuk di punggungnya tergantung dari apa jenisnya, Namun pada umumnya mereka memiliki satu dan dua punuk di punggungnya.

Fungsi punuk nya adalah sebagai wadah untuk menyimpan cadangan sumber makanan (Energi) dalam bentuk lemak.

Kegunaan dan Manfaat Unta Bagi Kehidupan Manusia

Unta adalah salah satu hewan yang cukup bersahabat dengan manusia dan apalagi jika di wilayah padang pasir.

Binatang mamalia ini memiliki tenaga yang cukup kuat dan biasanya manusia memanfaatkan hewan ini sebagai alat transportasi (hewan tunggangan) atau juga untuk membantu manusia untuk membawa barang-barang berat (hewan pekerja).

Bukan hanya itu saja kegunaannya, Hewan ini juga bisa di manfaatkan untuk di ambil susu, kulit (bulu), dagingnya dan lain sebagainya.

Beberapa Jenis Unta

Unta Arab, Baktria, Hybrid camel, Baktria Liar, Carna.

Klasifikasi Unta

Kerajaan: Animalia
Subkingdom: Bilateria
Infrakingdom: Deuterostomia
Filum: Chordata
Subfila: Vertebrata
Infraphylum: Gnathostomata
Superclass: Tetrapoda
Kelas: Mammalia
Subclass: Theria
Infraclass: Eutheria
Order: Artiodactyla
Keluarga: Camelidae
Genus: Camelus
Jenis: Camelus bactrianus (Bactrian)
Camelus dromedarius (Satu punuk)
Subspesies: Camelus bactrianus bactrianus
Camelus bactrianus ferus (Unta Liar Baktria)
Sumber menurut: Integrated Taxonomic Information System.

Cukup sekian pembahasan singkat mengenai ciri-ciri unta, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.