13 Ciri-Ciri Gajah

13 Ciri-Ciri Gajah
Gajah adalah salah satu hewan mamalia yang memiliki belalai dengan ukuran yang cukup panjang dan juga memiliki sepasang gading yang keras dan juga kokoh, bukan hanya itu saja ternyata ukuran tubuhnya juga sangat berat, besar dan juga berbobot.

Hewan gajah seringkali menggunakan belalai dan sepasang gading nya sebagai pertahanan diri dari ancaman musuh di sekitar habitatnya.

Namun cukup disayangkan sekali karena sebagian orang yang tidak bertanggung jawab suka berburu dengan mengincar dan mengambil gading gajah untuk keperluan materi semata.

Gajah salah satu hewan yang dilindungi oleh pemerintah indonesia, Maka dari itu kita sebagai pecinta binatang harus mendukung upaya pemerintah untuk terus menjaga keberadaan gajah agar selalu ada dan terhindar dari ancaman kepunahan dimasa yang akan datang.

Jenis-Jenis Gajah


Ada beberapa jenis atau klasifikasi gajah diantaranya adalah.

  1. Sumatran elephant: Gajah Sumatera
  2. Borneo Elephant: Gajah Kalimantan
  3. Sri Lankan Elephant: Gajah Sri Lanka
  4. Gajah Afrika
  5. Savannah / Bush Elephant: Gajah Semak Afrika
  6. African Forest Elephant: Gajah Hutan Afrika
  7. Indian Elephant: Gajah India
  8. Asian Elephant: Gajah Asia

Binatang gajah termasuk hewan yang cerdik dan juga ramah, Maka tidak heran jika gajah sering kali dilatih oleh manusia supaya menjadi binatang yang penurut dan juga ramah terhadap manusia atau dengan siapapun.

Habitat Gajah


Untuk menemukan hewan gajah di indonesia sendiri cukuplah mudah, Gajah dapat kita temukan di berbagai tempat, diantaranya adalah kebun binatang, hutan, gunung, sabana, rawa-rawa, dan di habitat yang lainnya. Gajah cenderung menyukai tempat yang dekat dengan keberadaan air.

Tidak jarang pula habitat gajah dirusak dan membuat gajah-gajah berpindah atau bermigrasi mencari tempat yang baru, termasuk masuk ke kampung dan merusak beberapa fasilitas warga seperti persawahan, perkebunan dan bahkan berkeliaran di pemukiman warga.

Cara untuk mencegah gajah supaya tidak masuk dan merusak rumah-rumah warga adalah dengan cara terus menjaga lingkungan atau habitat gajah, agar hewan gajah ini tetap nyaman untuk menempati habitat aslinya.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai gajah, sekarang kita masuk ke pembahasan inti yaitu mengenai ciri-ciri gajah, silahkan di lihat selengkapnya di bawah ini.

Adapun mengenai cirinya adalah sebagai berikut.

  1. Gajah adalah hewan mamalia.
  2. Termasuk hewan yang memiliki ukuran tubuh yang besar, berat dan berbobot.
  3. Gajah dewasa memiliki tubuh yang tinggi, melebihi ukuran tinggi manusia.
  4. Memiliki empat kaki, dua kaki depan dan dua kaki belakang.
  5. Mempunyai ukuran ekor yang panjang dan pada ujung ekornya ditumbuhi rambut.
  6. Ukuran telinga atau daun telinga yang besar dan juga lebar.
  7. Terdapat gading yang besar, kokoh dan ujungnya runcing.
  8. Gajah memiliki sepasang mata
  9. Terdapat belalai yang panjang, Fungsi belalai gajah diantaranya adalah untuk membaui, bernafas, menyedot atau mengambil air kedalam mulutnya, mengambil makan dan sebagai pipa air untuk membersihkan badannya dan juga funsi-fungsi belalai gajah yang lainnya.
  10. Kulit yang cukup tebal dan juga keriput, kulitnya tahan akan sengatan cahaya matahari dan gigitan semut.
  11. Cara berkembang biak gajah adalah dengan cara mengandung dan melahirkan.
  12. Termasuk hewan yang suka berkelompok dan memiliki rasa empati yang tinggi terhadap gajah yang sedang dirundung duka.

Informasi Menarik Tentang Gajah


  • Termasuk hewan mamalia yang dapat berumur panjang, Gajah mampu hidup sampai usia tujuh puluh tahun.
  • Gajah termasuk binatang yang sulit untuk dapat melompat.
  • Memiliki bobot berat jantung kira-kira sekitar 12 Kg sampai 20 Kg
  • Ukuran otak yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran otak hewan mamalia lainnya.
  • Jangka waktu mengandung kurang lebih sampai 22 bulan lamanya.
  • Belalai gajah memiliki kurang lebih 40.000 otot dan belalai gajah mampu mengangkat benda atau barang dengan bobot yang cukup berat.
  • Walaupun bobot gajah ini sangat berat, Akan tetapi gagah ini memiliki salah satu keahlian yaitu berenang.
  • Pendengaran gajah cukup tajam karena gajah memiliki pendengaran infrasonic yang cukup baik dan mampu mendengarkan getaran tanah yang di timbulkan oleh langkah kaki kawanan gajah lainnya.
  • Gajah termasuk hewan yang peduli dengan sesamanya, Jika ada salah satu gajah yang terluka atau meninggal, Maka kawanan gajah akan berbondong-bondong untuk membantu. Intinya gajah ini suka saling tolong menolong, Kita sebagai Manusia harus meniru sifat yang seperti ini.
  • Gajah termasuk hewan yang mudah galau, bersedih dan juga menangis.

Gajah Makan Apa?


Gajah memakan berbagai macam tumbuhan contohnya seperti daun, buah, akar, ranting dan lainnya. Jadi gajah termasuk kedalam hewan herbivora.

Nama Latin Gajah


Nah, mungkin kalian juga ingin tahu mengenai nama latin atau ilmiah dari gajah. Hewan ini memiliki nama latin/ilmiah yaitu Elephas maximus dan ada juga nama ilmiah gajah sumatra adalah Elephas maximus sumatranus.

Sekian, penjelasan singkat mengenai ciri-ciri gajah. Jangan lewatkan juga untuk melihat artikel menarik lainnya mengenai ciri khusus hewan mamalia lainnya, yaitu Ciri-ciri sapi.
Lebih baru Lebih lama