11 Ciri-Ciri Laba-Laba


Sudah tahu mengenai apa saja ciri-ciri laba-laba? Jika belum mengetahuinya secara jelas maka pada kesempatan kali ini penulis ingin sedikit berbagi pengetahuan pada kalian semua mengenai ciri khusus dari binatang laba-laba.

Mungkin bagi kalian kalimat laba-laba sudah tidak asing lagi di pendengaran dan mungkin saja pernah melihat bentuknya secara langsung, Bahkan laba-laba sendiri dijadikan cerita superhero Spider-Man yang awal kemunculan nya pada tahun 1960-an.

Pada umumnya laba-laba hidup di daratan dan ada juga spesies laba-laba yang mampu hidup di dalam air dan laba-laba tersebut adalah " Laba-laba bel penyelam atau selam" Bukan hanya mampu hidup di air saja, ternyata jenis laba-laba tersebut juga mampu membuat jaring nya walaupun hewan tersebut sedang berada di dalam air.

Nah, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai beberapa ciri-ciri khusus laba-laba, silakan di simak saja selengkapnya di bawah ini.

Ciri-Ciri Khusus Laba-Laba


Adapun mengenai cirinya adalah sebagai berikut.

1. Laba-laba bukan dari golongan serangga melainkan arachnida, Justru laba-laba sering memangsa hewan serangga kecil.

2. Binatang ini memiliki 2 segmen tubuh yaitu bagian abdomen (perut) dan prosoma (kepala dan dada)

3. Bukan hanya Ular saja yang memiliki racun atau bisa, ternyata dari 200 spesies laba-laba juga memiliki bisa yang sangat berbahaya jika terkena manusia.

4. Hewan laba-laba memiliki bentuk mulut yang unik dan terkesan mirip alat penghisap, laba-laba menggunakan mulutnya untuk memangsa hewan buruan nya dengan cara menghisap cairan tubuh hewan mangsanya.

5. Salah satu kemampuan laba-laba adalah dapat membangun jaring (sutra) yang asalnya dari air liur nya, jaring laba-laba sangat lengket, Maka tidak heran jika hewan mangsanya (serangga kecil) jika sudah terjebak di jaring nya, maka akan sulit untuk serangga tersebut bisa dapat meloloskan diri.

6. Laba-laba mampu mendeteksi getaran pada jaring nya, alasannya karena pada kaki laba-laba memiliki kemampuan indera peraba yang sangat sensitif, Jadi jika ada hewan serangga yang terperangkap di jaring nya, maka detik itu juga laba-laba akan bisa mengetahuinya.

7. Jumlah kaki laba-laba sebanyak delapan kaki.

8. Cara mereka berkembang biak adalah dengan cara bertelur.

9. Laba-laba (Arachnida) bernafas dengan paru-paru buku (untuk laba-laba darat) dan untuk laba-laba yang hidup di dalam air bernafas dengan insang buku dan Beberapa jenis laba-laba (Arachnida) juga mempunyai sistem pernafasan dengan trakea.

10. mereka mampu hidup di tempat apa saja, Namun laba-laba cukup sensitif terhadap adanya gangguan di sekitarnya, Laba-laba lebih suka hidup di hutan dengan daun yang berguguran atau di serasah yang merupakan habitat yang sesuai bagi laba-laba itu sendiri.

11. Memiliki corak warna yang beraneka ragam, ada yang berwarna kecokelatan, abu-abu, berwarna terang mencolok dan lain-lainnya.

Itulah penjelasan singkat mengenai beberapa ciri-ciri khusus laba-laba, semoga informasi ini bisa dapat bermanfaat untuk kita semua.