12 Ciri-Ciri Kaki Seribu


Kamis, 04 Januari 2018

12 Ciri-Ciri Kaki Seribu

Apakah sahabat sudah tahu mengenai binatang ciri-ciri kaki seribu (luwing)? Jika belum mengetahuinya secara jelas, Maka pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi sedikit pengetahuan mengenai apa saja ciri-ciri khusus dari salah satu binatang yang memiliki jumlah kaki yang terbilang cukup banyak ini.

Binatang kaki seribu sering di samakan dengan lipan atau kelabang, padahal sebenarnya keduanya memiliki beberapa perbedaan dan salah satunya adalah dari jenis makanannya, pada umumnya kaki seribu adalah herbivora dan lipan pada umumnya adalah karnivora yang dimana lipan selalu mengandalkan racun nya untuk melumpuhkan mangsanya.

Memang jika di lihat secara langsung kaki seribu dan lipan itu dari bentuknya saja hampir mirip dan bahkan cukup sulit untuk dapat di bedakan, Kaki seribu memiliki sepasang antena di bagian depan kepalanya dan begitu pun dengan lipan yang memilikinya juga.

Namun, lipan memiliki sepasang antena pada bagian belakang tubuhnya dan itu tidak dimiliki oleh kaki seribu. Jadi sudah jelas kaki seribu dan lipan itu, Serupa tapi tak sama.

Hewan berbuku-buku ulat kaki seribu atau luwing bisa di temukan dimana saja apalagi di indonesia yang dimana iklim nya tropis pastilah tidak akan sulit bagi kita untuk dapat menemukan binatang yang satu ini, luwing ini sering muncul di rumah warga contohnya di kamar mandi atau pun di lantai.

Apakah benar luwing memiliki kaki dengan jumlah seribu? Nah, mungkin bagi kalian masih bingung dan bertanya-tanya mengenai hal tersebut, Luwing sejatinya tidak memiliki kaki dengan jumlah sebanyak itu, Melainkan luwing memiliki kaki kurang lebih 100 pasang kaki, itupun di sesuaikan dengan ukuran tubuhnya masing-masing.

Nah, berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai apa saja ciri-ciri khusus kaki seribu (luwing) silahkan anda dapat menyimak nya di bawah ini.

Ciri-Ciri Kaki Seribu (Luwing)


Adapun mengenai cirinya adalah sebagai berikut.

1. Hewan kaki seribu masuk kedalam kelompok hewan berbuku-buku (Arthropoda)

2. Pada umumnya luwing pemakan tumbuhan (herbivora), Namun ada juga kaki seribu yang memiliki sifat Omnivora.

3. Binatang kaki seribu jika sedang terdesak maka tubuhnya akan melingkar dengan tujuan melindungi dirinya.

4. Kaki seribu atau luwing memiliki cairan yang dapat di semprot kan dan itu cukup berbahaya jika terkena bagian mata manusia. Luwing sendiri termasuk hewan yang tidak terlalu berbahaya, Namun sebagian dari kita menganggap luwing adalah salah satu hewan yang menggelikan.

5. Kaki seribu berkembang biak dengan cara bertelur.

6. Luwing betina akan menggali dan membuat sarangnya di tanah dengan tujuan serta menyimpan telur-telur nya sehingga aman dari hewan predator.

7. Jumlah kaki hewan ini tidaklah berjumlah seribu melainkan kurang dari seribu, kurang lebih 100 pasang kaki (disesuaikan dengan ukuran tubuhnya)

8. Kaki seribu tidak bergerak dengan cepat seperti halnya Ular, luwing tidak memiliki cakar dan juga tidak suka menggigit.

9. Kaki seribu mampu bertahan hidup selama kurang lebih 7 tahun.

10. Kaki seribu memiliki sepasang antena di bagian depan kepalanya.

11. Habitat yang paling cocok untuk hewan kaki seribu adalah di hutan yang lembab dan berlumut, Karena luwing sendiri memerlukan uap air atau cairan yang sangat di butuhkan untuk tubuhnya dan juga sebagai kebutuhannya untuk dapat bertahan hidup.

12. Bukan hanya Cacing saja, Melainkan binatang kaki seribu atau luwing pun juga di percaya dapat menyuburkan tanah.

Nah, itulah beberapa penjelasan singkat mengenai ciri-ciri kaki seribu atau luwing, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.