16 Ciri Ciri Hewan Aves


Apakah sahabat telah mengetahui mengenai apa saja ciri-ciri hewan aves? Mungkin bagi sebagian dari kita sebutan binatang aves masih terdengar asing di pendengaran, Namun perlu di ketahui bahwa aves adalah nama ilmiah dari burung yang dimana hewan ini masuk pada Kelas hewan Vertebrata atau binatang unggas bertulang belakang.

Jenis Aves ternyata cukup bermacam-macam baik bentuk, habitat maupun ukuran tubuhnya sendiri contohnya burung unta yang dimana memiliki tubuh yang tinggi, bahkan burung unta dewasa melebihi tingginya dari manusia dan juga selanjutnya adalah burung kolibri yang dimana memiliki tubuh yang kecil.

Pada umumnya Aves selalu mencari makan di daratan dan ada juga yang mencari makanannya di sekitar perairan, Aves atau burung selalu mengkonsumsi makanannya sampai setengah dari berat badan mereka untuk setiap hari, ternyata suka makan banyak juga ya.

Diantara banyaknya jenis aves, Berikut ini adalah beberapa contoh aves diantaranya adalah burung, ayam, bebek, angsa, itik, penguin dan lain-lainnya dan aves tersusun dari kepala, leher, badan, ekor dan juga kaki yang di gunakan untuk berjalan serta memiliki kedua sayap yang di gunakan nya untuk terbang, Namun khusus untuk penguin sayapnya tidak di gunakan untuk terbang, melainkan untuk mendayung, berenang dan menyelam.

Selengkapnya: Ciri-Ciri Penguin

Tahukah Anda bahwa pada bagian tubuh aves pada umumnya tertutupi oleh berbagai macam bulu, Adapun beberapa macam bulu beserta dengan fungsi pada hewan aves diantaranya adalah.

Bulu halus, yang berfungsi sebagai penghangat, Kita dapat melihat dengan jelas bulu halus pada burung tersebut yang masih berusia muda (anak burung) dan bulu halus tersebut juga sering terdapat di bagian sekeliling kaki atau ujung kakinya.

Bulu terbang, yang berfungsi sebagai alat bantu untuk terbang yang terdiri dari bulu bagian sayap (untuk terbang atau mengangkat ke atas) dan bulu bagian ekor (digunakannya sebagai kemudi)

Dan yang terakhir adalah bulu kontur, yang dimana berfungsi dan digunakan sebagai penutup tubuh dan membentuk tubuhnya menjadi ciut atau langsing.

Ciri Ciri Hewan Aves


Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri khusus hewan aves, Apa saja? Silakan disimak penjelasannya di bawah ini.

1. Aves (Burung) adalah anggota kelompok binatang bertulang belakang yang memiliki sayap dan juga bulu (Vertebrata).
2. Sayap adalah anggota gerak depan dari aves.
3. Ukuran tubuhnya bervariasi, tubuh aves terdiri dari kepala, leher, badan, dan juga ekor.
4. Termasuk hewan berdarah panas.
5. Memiliki suhu tubuh tetap.
6. Memiliki suara yang khas yang disuaikan dengan jenisnya masing-masing.
7. Struktur tulang atau kerangka nya kuat namun ringan.
8. Aves memiliki predaran darah ganda, Maksudnya adalah dalam 1 kali peredaran darah ke tubuhnya, darah tersebut melewati jantung hingga 2 kali.
9. Menggunakan alat pernafasan paru-paru dan juga pundi-pundi hawa, Apa itu? pundi pundi hawa adalah perluasan paru-paru berbentuk kantung udara pada sistem pernafasan burung (burung-burung yang dapat terbang)
10. Fertilisasi secara internal dan juga aves bersifat ovipar dan sebagian besar dari spesiesnya mengerami telur nya dan setelah menetas aves merawat anaknya.
11. Ovarium aves yang berkembang hanya sebelah kiri.
12. Sekat nya sempurna.
13. Aves memiliki dua atau sepasang kaki yang berfungsi sebagai alat bantu berjalan, mencakar-cakar, menangkap dan mencengkram, berenang, bertengger di pohon dan lain-lainnya.
14. Memiliki mulut yang berparuh, paruh aves bermacam-macam bentuk dan disesuaikan dengan jenis makanan dan habitatnya.
15. Aves sendiri memiliki (siring), Siring merupakan alat suara yang terdapat pada bifurkasi atau percabangan trakea.
16. Cara mereka (Aves) berkembang biak adalah dengan cara bertelur.

Terdapat Beberapa Spesies Aves atau Klasifikasi Dari Aves, Diantaranya Adalah.

1. Strigiformes (burung hantu)
2. Galliformes (unggas), contohnya adalah Ayam kampung atau buras dan kalkun.
3. Pelecaniformes, contohnya adalah burung camar.
4. Anseriformes, contohnya adalah Angsa atau soang.
5. Galliformes, contohnya adalah merak.
6. Columbiformes, contohnya adalah burung merpati.

Apa Aaja Peranan Aves (Burung) Bagi Kehidupan Manusia?

Aves cukup banyak berperan penting dalam kehidupan manusia, diantaranya adalah.

Tidak jarang manusia memanfaatkan bulu dari aves untuk keperluan bisnis, contohnya beternak, membuat berbagai macam produk, seperti membuat kerajinan tangan, kemoceng, dan Shuttlecock.

Dimanfaatkan sebagai alat bantu pembasmi hama, seperti tikus yang dapat di tangkap oleh burung hantu.

Dapat dimanfaatkan sebagai asupan protein bagi manusia, contohnya daging dan telur nya.
Digunakan nya sebagai penyalur hobi, contohnya merawat ayam dan burung hias.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri hewan Aves beserta dengan klasifikasi dan juga peranan aves bagi kehidupan manusia, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.