12 Ciri-Ciri Komodo dan Penyebab Kelangkaannya


Apakah sahabat sudah mengetahui mengenai apa saja ciri-ciri komodo? Jika belum mengetahuinya secara jelas, maka pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi sedikit pengetahuan atau wawasan tambahan mengenai ciri khusus komodo.

Perlu diketahui bahwa komodo adalah salah satu jenis hewan reptil purba yang termasuk spesies kadal terbesar di dunia dengan rata-rata panjangnya adalah 2 sampai 3 meter.

Komodo juga memiliki sebutan lain yaitu biawak komodo atau masyarakat internasional sering menyebutnya dengan panggilan komodo dragon.

Mungkin anda bertanya komodo berasal dari mana? Jelas komodo adalah hewan asli dari indonesia dan sekarang namanya sudah dikenal oleh orang-orang baik dalam negeri atau pun mancanegara.

Bukan hanya hewan atau binatang nya saja yang terkenal, Salah satu habitat atau pulaunya pun sudah dikenal di banyak negara di seluruh dunia.

Bahkan telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia dari asal negara tercinta kita ini.

Sebutan untuk pulaunya sendiri adalah pulau komodo yang beralamat di pulau komodo, komodo, kabupaten manggarai barat, NTT (Nusa tenggara timur), atau untuk lebih mudahnya adalah di taman nasional pulau komodo (Komodo National Park).

Ciri-Ciri Komodo


Adapun mengenai ciri-ciri khusus komodo adalah sebagai berikut.

1. Merupakan hewan jenis reptil  dan vertebrata berdarah dingin

Ciri khusus hewan reptil adalah dapat bergerak dengan menggunakan perut atau secara melata.

Contohnya seperti Buaya, ular, kadal biawak dan komodo itu sendiri.

Baca juga: Ciri-ciri hewan invertebrata

2. Termasuk hewan karnivora.

Seperti pada kebanyakan hewan reptil lainnya, Komodo juga memakan daging (karnivora).

Contoh hewan yang selalu menjadi buruan dan makanannya adalah rusa, kerbau, kambing, burung dan jenis hewan mamalia lainnya.

3. Memiliki lidah

Komodo memiliki lidah yang panjang dan berwarna kuning serta bercabang.

Fungsi lidahnya adalah untuk mendeteksi rasa dan mencium dan memiliki kemampuan yang dapat membantu navigasi atau penunjuk arah walaupun dalam keadaan gelap

4. Memiliki racun

Tidak hanya ular saja yang memiliki bisa atau racun, Komodo pun memilikinya dan bahkan tidak kalah mematikannya.

Komodo memiliki air liur yang berbahaya dan terdapat banyak sekali virus dan bakteri.

Fungsi dari air liur nya adalah untuk melumpuhkan hewan buruan nya, sehingga menjadi lemas dan juga mati.

5. Memiliki kemampuan untuk berdiri

Walaupun komodo memiliki bobot tubuh yang berat, Namun siapa sangka komodo juga mampu untuk berdiri menggunakan kaki yang berotot tersebut.

Beberapa alasan kenapa komodo berdiri adalah karena bertarung dan merebut kan wilayah kekuasaan dan untuk memenangkan komodo betina.

6. Memiliki 4 kaki

Komodo memiliki 4 buah kaki yang dimana otot-oto nya sangat kuat, pada ujung jarinya komodo memiliki kuku yang sangat runcing.

7. Memiliki 3 mata

Tahukah anda bahwa komodo mempunyai 3 buah mata?

Pasti anda juga terkejut, begitu pun dengan beberapa turis wisatawan yang merasa bahwa komodo memiliki tiga mata dan mata ketiga tersebut terletak pada bagian tengah kepalanya (dahinya).

Apakah benar atau hanya perasaan saja?

Menurut beberapa penelitian mata tersebut lebih berfungsi sebagai sensor yang tujuannya untuk dapat mengukur intensitas cahaya dan tidak untuk melihat.

Sehingga dapat mempermudah komodo mencari suatu wilayah yang bisa dikatakan lebih panas dan itu untuk menjaga kesetabilan suhu tubuhnya.

Komodo juga dapat mengetahui malam dan juga siang tanpa harus membuka matanya dan itu karena sensor nya.

Sepasang matanya memiliki indra penglihatan yang cukup baik dan juga tajam.

8. Memiliki ekor yang sangat panjang

Komodo memiliki ekor yang kira-kira ukurannya sama panjang dengan tubuhnya.

9. Komodo tidak biasa hidup secara berkelompok

Secara umum komodo biasanya hidup tidak secara berkelompok, Namun pada waktu tertentu komodo akan berkelompok.

10. Perbedaan ukuran tubuh komodo jantan dan betina

Perbedaan ukuran antara komodo jantan dan betina memang dapat terlihat, pada umumnya komodo jantan lebih besar daripada komodo betina.

11. Komodo berkembang biak dengan cara?

Komodo berkembang biak dengan cara bertelur dan jumlahnya bisa mencapai 20 hingga 30 butir telur.

12.Termasuk hewan yang dilindungi

Kita sebagai masyarakat indonesia tentu harus bangga dengan binatang komodo dan pulau komodo, Karena telah dikenal di berbabagai negara.

Kita harus mendukung seluruh program pemerintah, apalagi yang menyangkut masalah pelestarikan alam, mencegah kepunahan terhadap hewan yang dilindungi.

Dan termasuk komodo yang harus tetap ada dan lestari.

Sehingga anak cucu kita masih bisa mengetahui bentuk langsung dari binatang komodo dan bukan hanya gambar posternya saja yang dapat di lihat.

Apa saja faktor-faktor penyebab kelangkaan komodo?

Berapa factor yang menyebabkan komodo rawan punah antaran lain:

1. Pemburuan hewan komodo secara liar

Pemburuan di alam liar memang bisa dikatakan cukup meresahkan dan dilakukan oleh manusia-manusia yang tidak bertanggung jawab.

Alasan komodo diburu adalah karena ingin memanfaatkan beberapa organ tubuhnya, seperti kulitnya yang diambil untuk dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan dompet, tas, gesper dan lain-lain.

Tentu hal tersebut melanggar aturan dan dilarang untuk dilakukan.

2. Kebakaran

Habitat yang mengalami kebakaran adalah salah satu akibat yang dimana korbannya (hewan) dapat terancam banyak yang mati dan populasi komodo di pulau padar sendiri nyaris punah dikarenakan kebakaran alami pada saat itu.

3. Gempa bumi atau kegiatan vulkanis

Di beberapa pulau yang dimana komodo berpenghuni adalah wilayah yang sebenarnya memiliki kegiatan vulkanis yang cukup sering terjadi.

Aktivitas tersebut bisa saja sewaktu-waktu dapat mengancam populasi komodo di pulau tersebut.

4.  Maraknya tempat wisata

Sudah tidak diragukan lagi bagaimana keindahan pulau komodo dan sekitarnya dan ini menjadi daya tarik bagi turis-turis asing untuk datang ke pulau komodo.

Dengan berkembangnya tempat wisata tentu akan mengurangi wilayah atau habitat komodonya itu sendiri, karena mungkin telah di bangun beberapa tempat-tempat wisata yang di gunakan oleh manusia.

Walaupun kini komodo dapat beradaptasi dengan keberadaan manusia di lingkungannya dan semoga saja para turis-turis dan warga disana ikut serta untuk menjaga keberadaan hewan komodo dan tidak merusak alamnya yang begitu indah.

5.  Kerusakan pada habitat

Penyebab kerusakan habitat bisa disebabkan oleh bencana alami dan tidak menutup kemungkinan juga di lakukan oleh manusia-manusia jail yang tidak bertanggung jawab.

Dengan habitat yang rusak tentu akan mempersempit ruang gerak untuk komodo dan dampaknya adalah akan memperlambat komodo untuk berkembang atau mempersulit perkembangbiakan komodonya itu sendiri

Jika tidak di atasi kerusakan pada habitatnya tersebut dan terkesan membiarkannya begitu saja, tentu dampaknya akan serius yaitu akan mengurangi populasi komodo di pulau tersebut.

6.  Kurangnya makanan

Makanan utama komodo adalah berupa daging hewan jenis mamalia, seperti kijang, kambing, ular, tikus, burung (telur burung), dan mamalia kecil lainnya.

Jumlah makanan yang berkurang juga akan menjadi faktor utama penurunan jumlah populasi komodo.

Sekian pembahasan mengenai ciri-ciri komodo beserta apa saja yang akan menyebabkan kelangkaan komodo, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.