10 Ciri-Ciri Beruang


Beruang adalah sejenis hewan mamalia, Hewan ini memiliki beberapa jenis dan dari semua jenisnya yang ada di dunia dan terdapat juga khas dari indonesia yaitu Beruang madu yang bertempat di bengkulu dan juga kota balikpapan (kalimantan timur) dan dijadikan sebagai maskot kota tersebut.

Sekilas jika dilihat dari bentuk tubuh beruang ini mirip dengan binatang panda dan hal tersebut memang karena mereka masih sama yaitu satu keluarga dari golongan ordo Carnivora, Familia ursidae.

Beruang termasuk hewan yang pemalu dan terkesan akan menghindari manusia. Namun jangan salah, jika mereka merasa terganggu dan apalagi ada yang mencoba untuk mengganggu anaknya, maka induk beruang tidak akan segan-segan untuk berperilaku kasar terhadap siapapun.

Ciri-Ciri Khusus Beruang


Adapun secara umum mengenai ciri-ciri beruang adalah sebagai berikut, Silahkan di simak saja selengkapnya di bawah ini.

Beruang Termasuk Hewan Mamalia

Sama seperti hewan mamalia pada umumnya seperti Kucing, Singa, Kuda, Panda, Harimau, Rusa dan lain sebagainya, Mereka memiliki ciri khusus yaitu terdapat kelenjar susu yang dapat di gunakan atau di berikan pada anaknya sebagai sumber makanan.

Berkembang Biak Dengan Cara Vivipar

Beruang berkembang biak dengan cara melahirkan dan induk beruang akan menjaga dan merawat anaknya.

Mengenai Bagian Tubuh Beruang (Fisik)

Beruang memiliki bulu tebal, kasar dan panjang hampir pada sekujur tubuhnya, walaupun ukuran tubuh beruang besar, Namun mereka dapat berdiri di atas kedua kakinya. Bercakar, dan memiliki moncong yang panjang.

Serta hewan ini memiliki otot bahu yang cukup kuat dan juga ukuran lengan yang besar. Hal ini akan memudahkan beruang untuk mengangkat batang pohon yang berat dan juga untuk menggali tanah.

Beruang juga memiliki indra pendengaran dan penglihatan yang cukup baik, bentuk telinganya bundar, serta memiliki ekor yang kecil.

Untuk Jumlah giginya sendiri sebanyak tiga puluh dua sampai empat puluh dua dan di hal tersebut disesuaikan dengan spesies nya, karena jumlah gigi pada beruang sendiri bervariasi.

Makanan Beruang (Omnivora)

Beruang termasuk hewan pemakan segala atau sering disebut dengan omnivora. baik memakan buah-buahan, madu, ikan, serangga kecil dan lain sebagainya.

Memiliki Kemampuan Memanjat Pohon

Lengan beruang khususnya jenis (beruang madu) cukup lebar, bentuk kukunya pun melengkung dan juga berlubang hal ini yang membuat beruang madu terlihat lihai dalam hal memanjat pohon.

Mampu Berenang Di Air

Jangan salah, Ternyata beruang juga jago dalam hal berenang dan biasanya mereka berenang ada maksudnya, yaitu berburu ikan untuk ia makan.

Memiliki Kemampuan Berlari Yang Cukup Cepat

Walaupun tubuhnya bisa di katakan berbobot, Namun beruang ternyata memiliki kemampuan berlari yang cukup cepat, yaitu bisa mencapai kecepatan tiga puluh lima meter per jam.

Beberapa Jenis-jenis Beruang,Termasuk (Beruang Madu)

Inilah beberapa jenis beruang yang masih ada keberadaannya di dunia, termasuk di indonesia

Beruang Hitam (Ursus Americanus), Coklat (Ursus Arctos), Hitam Asia (Asiatic Black Bear), Sloth, Kutub (Mampu berenang di Air Es yang dingin), Madu (Termasuk jenis beruang yang memiliki tubuh terkecil dari kesemua jenis beruang yang ada), Beruang Spectacled (Spectacled Bear)
dan yang terakhir adalah Panda.

Habitat Beruang

Beruang dapat hidup di wilayah tropis dan juga dingin (disesuaikan dengan jenisnya). Beruang dapat bertahan hidup sekitar usia dua puluh lima tahun hingga empat puluh tahun lamanya.

Tahukah sahabat, Bahwa beruang yang hidup di wilayah hutan (bebas) itu lebih cepat mati daripada mereka yang hidup di kebun binatang yang ter urus. Beruang juga suka hidup secara (soliter) atau menyendiri.

Beruang Termasuk Hewan Yang Di Lindungi

Beruang juga termasuk hewan yang di lindungi dan dilarang untuk diburu secara bebas. Terdapat beberapa konservasi termasuk di indonesia sendiri, yaitu bertempat di KWPLH BALIKPAPAN (Konservasi Beruang Madu).

Itulah beberapa ciri-ciri binatang beruang. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.