Ciri-Ciri Cheetah (Citah Hewan Tercepat Di Dunia)


Cheetah adalah salah satu jenis hewan mamalia yang masih memiliki kekerabatan dengan anggota keluarga kucing (felidae) dan masih satu kerabat dekat dengan kucing rumah dan juga harimau.

Siapakah hewan tercepat di dunia? Apakah Singa, Kijang Pronghorn, Kuda atau Wildebeest dan jawabannya adalah Citah.

Ya, benar sekali.

Citah menduduki posisi paling atas dengan predikat sebagai hewan paling tercepat dari sekian banyak jenis hewan darat yang ada di dunia ini.

Bahkan kecepatan larinya bisa di sanding kan dengan kecepatan sepeda motor biasa atau tepatnya citah mampu berlari hingga mencapai 115 - 120 kilometer per jam.

Nama citah sendiri berasal dari bahasa sanskerta yang memiliki arti "berbintik" hewan ini selalu mengandalkan salah satu kelebihannya yaitu kecepatan lari dan di gunakan nya untuk mencari makan dengan cara berburu mangsa.

Mereka akan mengendap-endap sebagai taktik berburu dan juga mereka biasa bekerja sama dengan kawanan nya untuk bisa menerkam lalu kemudian melumpuhkan hewan targetnya tersebut.

Ciri-Ciri Khusus Hewan Citah


Adapun mengenai ciri-ciri citah adalah sebagai berikut.

Citah Termasuk Hewan Mamalia

Sama seperti Hewan Singa, Harimau, Kucing dan juga Citah adalah dari jenis hewan mamalia yang di mana mereka memiliki rambut atau berbulu, berdarah panas dan (betina) memiliki kelenjar susu yang akan di berikan pada anaknya sebagai sumber makanan.

Masih Anggota Keluarga Jenis Kucing (felidae)

Baik citah atau kucing yang biasa kita lihat di sekitaran rumah adalah masih satu kerabat. hanya saja mereka di bedakan dari segi bentuk dan ukuran tubuhnya.

Citah sebagai salah satu anggota kelompok kucing besar dan kucing rumahan sebagai kucing kecil dan mudah dipelihara oleh manusia.

Coba kalau citah kita pelihara di rumah, Pasti banyak yang tidak berani, termasuk admin sendiri.

Makanan Citah (Termasuk Hewan Karnivora)

Citah termasuk hewan pemakan daging atau biasa dikenal dengan sebutan "karnivora" citah akan mencari makanannya dengan cara berburu hewan-hewan jenis mamalia lainnya contohnya Rusa, Kelinci, Antelop, Kijang dan lain sebagainya.

Berhubung citah ini hidup di alam bebas, Maka tentu mereka akan memiliki pesaing dalam hal kekuasaan wilayah hingga sumber makanan.

Biasanya pesaing mereka rata-rata memiliki tubuh yang lebih besar dari ukuran tubuh citah itu sendiri, contohnya adalah Singa, Macan Tutul dan juga Hyena.

Mata Citah

Citah memiliki kedua mata dengan kualitas penglihatan yang cukup tajam dan juga pada bagian wajahnya citah memiliki garis hitam panjang dari mata hingga mulut (jalur air mata).

Salah satu fungsi dari garis hitam tersebut adalah untuk dapat mencegah cahaya matahari langsung yang dapat menghalangi serta mengganggu pandangan citah pada saat mereka berburu.

Warna dan Corak Tubuh Citah

Pada umumnya citah berwarna cokelat atau abu-abu (tidak terlalu mencolok) dan memiliki corak bintik hitam pada tubuhnya. salah satu fungsi dari bintik atau tutul tersebut adalah sebagai kamuflase.

Kaki Citah (Memiliki Kemampuan Lari Yang Sangat Cepat)

Salah satu alasan kenapa citah bisa berlari dengan begitu cepat adalah ada pada bagian kakinya yang memiliki serat otot yang lebar dan tentunya kuat.

Serta di topang dengan bagian tubuh lainnya seperti paru-paru yang besar dan jantung yang kuat agar memompa aliran oksigen jauh lebih cepat dan lain sebagainya.

Gigi Citah

Citah memiliki gigi taring dan rahang yang kuat. Mereka akan secara mendadak menyerang hewan mangsanya dengan cara menggigit mangsanya.

Memiliki Kumis

Citah juga memiliki kumis yang cukup panjang dan sangat sensitif terhadap pergerakan udara sekitarnya dan mampu mendeteksi keberadaan mangsanya.

Ekor Citah

Citah Memiliki ukuran ekor yang panjang. fungsi dari ekornya adalah sebagai keseimbangan, Jadi walaupun citah berlari dengan kecepatan tinggi tapi mereka tetap seimbang dan tidak kehilangan keseimbangan atau oleng.

Dapat Mengeluarkan Suara Lolongan

Biasanya citah akan mengeluarkan suara lolongan jika mereka merasa sedang dalam keadaan berbahaya.

Mereka akan memberitahukan kode berupa lolongan kepada kawan-kawannya, Jika di rasa ada hewan pesaing atau musuhnya datang dan masuk ke wilayahnya.

Suka Hidup Berkelompok

Citah termasuk hewan yang hidup dengan cara berkelompok, Apalagi jika sedang berburu biasanya mereka akan saling bekerja sama untuk dapat melumpuhkan musuh yang mungkin cukup sulit untuk dapat ditaklukkan dengan mudah.

Namun citah juga mampu hidup secara individual (siliter). Pada suatu kawanan atau wilayah tertentu, citah menandai teritorial wilayah kekuasaannya.

Biasanya citah jantan akan menadai tempat tersebut dengan bau air seninya, Sehingga citah yang lain terutama yang jantan akan ragu untuk dapat mendekat tempat tersebut.

Berkembang Biak Dengan Vivipar

Citah berkembang biak dengan cara beranak atau melahirkan. Serta induk citah akan menyusui dan merawat anaknya selama kurang lebih enam minggu atau sampai anaknya bisa mandiri. Pada umumnya citah akan melahirkan anaknya sebanyak dua hingga tiga ekor.

Habitat Citah

Keberadaan citah di indonesia sendiri cukuplah sedikit. Alasannya karena mereka bukan asli dari indonesia. Habitat aslinya berada di stepa atau padang savana yang berada di daratan afrika atau timur tengah.

Itulah beberapa ciri-ciri khusus hewan cheetah atau citah, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.