18 Ciri-Ciri Singa


Ciri-ciri singa - Binatang singa adalah termasuk keluarga kucing dan salah satu hewan mamalia yang dikenal oleh banyak masyarakat sebagai si raja hutan, Sebenarnya julukan si raja hutan kurang lah tepat untuk di sandang kan kepada singa.

Alasannya karena habitat singa sebenarnya bukanlah di hutan yang dikelilingi oleh banyak pepohonan, melainkan di wilayah teritorial yang luas, padang rumput, semak belukar atau hutan terbuka yang sedikit akan pepohonan.

Walaupun julukan si raja hutan kurang tepat, Namun singa tetaplah singa, hewan buas yang memiliki jiwa kepemimpinan dan kharismatik itulah, maka singa tetaplah pantas mendapatkan julukan si raja.

Singa termasuk hewan pemakan daging (karnivora) singa biasa berburu dan memangsa berbagai jenis hewan herbivora diantaranya adalah hewan zebra, Rusa, Jerapah, Kerbau, Kelinci dan juga banyak binatang lainnya.

Binatang singa suka hidup dengan cara berkelompok (Populasi) dan biasanya di dalam kelompoknya akan ada beberapa singa betina dan satu jenis singa jantan yang menguasai area tersebut. Di dalam kehidupan sehari-hari singa betina lah yang banyak melakukan aktivitas.

Singa betina lebih sering mencari hewan buruan nya dan biasanya memberikan hasil hewan buruan tersebut kepada singa jantan (raja). Namun singa jantan cukup bijak dan tidaklah rakus dan hanya mengambil sebagian daging saja dan sebagian besar daging buruan tersebut tetaplah milik kelompoknya.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai binatang singa, Sekarang kita masuk ke pembahasan utama yaitu mengenai ciri-ciri khusus singa, Silahkan anda dapat menyimak nya di bawah ini.

Ciri-Ciri Singa


Adapun mengenai cirinya adalah sebagai berikut.

1. Singa adalah hewan pemakan daging (karnivora)
2. Binatang singa termasuk hewan mamalia, Apa itu mamalia? Silakan anda dapat membaca artikel mengenai, Ciri-ciri mamalia.
3. Singa jantan memiliki bulu atau rambut yang jabrik (surai) atau lebat di sekitar lehernya.
4. Memiliki dua kaki depan dan juga dua kaki belakang.
5. Terdapat kuku atau cakar yang runcing dan juga tajam.
6. Pada umumnya bulu singa berwarna krem, coklat muda atau coklat kehitaman.
7. Singa memiliki rahang yang kuat serta gigi yang runcing dan juga tajam.
8. Mereka suka hidup secara berkelompok (Populasi)
9. Salah satu keunggulan singa adalah dapat berlari sangat cepat, Kecepatan lari singa kurang lebih bisa mencapai kecepatan 80 km/jam.
10. Singa memiliki sepasang mata dan kemampuan indra penglihatan singa sangat baik. Singa mampu melihat di waktu malam hari dengan cukup baik.
11. Tergolong hewan yang cukup aktif di malam hari (nokturnal).
12. Memiliki sepasang telinga.
13. Cara berkembang biak singa adalag dengan cara mengandung, melahirkan dan juga menyusui anaknya.
14. Kelemahan singa adalah tidak bisa memanjat ke atas pohon, Berbeda dengan jenis Kucing lainnya yang pandai memanjat ke atas pohon.
15. Binatang singa memiliki ukuran ekor yang panjang dan pada ujung ekornya di tumbuhi oleh bulu.
16. Singa jantan bisa memiliki pasangan hingga tiga sampai enam singa betina.
17. Dibagian telapak kaki singa terdapat bantalan yang tebal, Hal tersebut yang membuat keadaan senyap jika singa sedang bergerak atau pun berjalan.
18. Didalam kelompok singa, Jenis singa jantan bertugas untuk menjaga wilayahnya. Sedangkan untuk jenis singa betina bertugas untuk mencari hewan buruan (makanan).

Cukup sekian pembahasan singkat mengenai ciri-ciri singa. Jangan lewatkan juga untuk membaca artikel tentang jenis kucing tangguh lainnya, yaitu Ciri-Ciri Harimau, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.