10 Ciri-Ciri Kuda Nil


Kuda Nil adalah salah satu hewan mamalia dari keluarga Hippopotamidae dan tubuhnya besar dan juga kuat. Tahukah sahabat bahwa  kuda nil ini menempati posisi ketiga dalam hal binatang darat terbesar setelah hewan Gajah dan juga Badak putih.

Kuda nil dikenal dengan ciri khususnya yaitu badannya yang berbobot dan sangat berat bisa mencapai tiga ton lebih, memiliki mulut lebar dan rahang yang kuat serta untuk warna tubuhnya sendiri ia memiliki kulit yang gelap kelabu.

Untuk mempertahankan diri dari hewan predator biasanya mereka menggunakan bagian gading yang besar tersebut. Hewan kuda nil termasuk salah satu mamalia yang berbahaya dan biasanya mereka suka berseteru dengan Buaya dan juga Singa.

Ciri-Ciri Khusus Hewan Kuda Nil


Selengkapnya mengenai apa saja ciri-ciri kuda nil adalah sebagai berikut.

Kuda Nil Termasuk Hewan Mamalia

Ciri mamalia adalah mereka binatang menyusui dari kelas hewan vertebrata (Hewan bertulang belakang)

Memiliki Kulit Yang Tebal (Sulit Di Tembus)

Kuda nil memiliki kulit yang sangat tebal dan tidak mudah untuk di lukai. saking tebal kulitnya hewan predatorpun akan dibuat kepayahan jika sedang bertarung dengan kuda nil tersebut.

Kulitnya juga akan mengeluarkan zat sekresi yang fungsinya sebagai penyaring sinar matahari langsung (ultraviolet)

Mulut dan Gigi Kuda Nil (Sangat Kuat)

Kuda nil memiliki mulut yang lebar, bagian rahang dan giginya sangat kuat. Mereka juga memiliki gading seperti halnya gajah. Gading tersebut panjangnya bisa mencapai kurang lebih satu meter dan biasa digunakan nya untuk alat pertahanan mereka.

Memiliki Kemampuan Menyelam

Walaupun kuda nil masih memiliki kekerabatan dengan babi dan juga hewan-hewan berkuku genap lainnya. Namun mereka memiliki kemampuan menyelam atau menahan nafas yang cukup lama.

Kuda nil bernapas dengan paru-paru dan mereka suka menyelam dan mampu menahan napasnya dalam air selama lima menit lebih dan salah satu kemampuan kuda nil tersebut tidak banyak hewan jenis mamalia darat lainnya yang juga memilikinya.

Kemampuan Lari Yang Cepat

Jangan salah, walaupun tubuh kuda nil ini gempal, kakinya pendek dan kelihatannya tidak terlalu agresif, Namun mereka juga memiliki kemampuan lari yang cukup cepat, Maka tidak heran jika mereka suka mengejar dan menyerang manusia secara tiba-tiba.

Jadi untuk sahabat yang berniat melihat kuda nil secara langsung di alam bebas. Maka harus berhati-hati karena bisa saja kecepatan lari sahabat kalah dengan kecepatan lari kuda nil. Jadi jangan menganggap remeh dulu yah dan harus tetap waspada.

Termasuk Hewan Herbivora

Kuda nil adalah hewan pemakan tumbuhan (Herbivora). Pada petang dan malam hari, mereka biasanya akan keluar dari kubangan air dan mencari makanan berupa rumput.

Habitat Kuda Nil

Mereka berasal dari Sub-Sahara Afrika. Kuda nil suka tinggal di dekat air tawar contohnya di sungai dan danau, Jika sahabat yang ingin melihat kuda nil secara langsung tidak perlu datang ke afrika nya langsung cukup melihatnya di kebun binatang.

Kuda nil suka menghabiskan waktu siangnya di air atau kubangan lumpur. sehingga tubuhnya tetap dingin. Kuda nil termasuk hewan yang suka hidup secara berkelompok, Namun itu sebatas hanya di air saja dan untuk di darat sendiri mereka biasanya akan individual.

Bagian Telinga, Mata dan Hidung

Kuda nil memiliki Mata, Telinga dan Lubang Hidung tepat berada di atas Kepala. Dengan posisinya yang ada di atas itulah tentu akan memudahkan kuda nil tersebut untuk dapat melihat, mendengar dan juga bernapas walaupun mereka sedang berendam di air.

Kuda Nil Berkembang Biak Dengan Cara (Melahirkan)

Kuda nil biasanya akan melahirkan satu atau dua anak dan induk kuda nil akan menyusui dan menjaga anaknya.

Kuda Nil Memiliki Umur Yang Cukup Panjang

Pada umumnya kuda nil dapat hidup sampai umur lima puluh tahun dan dengan begitu maka populasi nya masih bisa dikatakan aman. Namun tetap yang namanya perburuan liar terhadap Kuda nil, akan selalu mengancam keberadaan hewan tersebut (Terancam Punah).

Biasanya mereka diburu untuk dimanfaatkan daging dan gigi taringnya. Maka dari itu STOP perburuan liar terhadap kuda nil atau hewan-hewan yang keberadaan populasi nya sedang dalam keadaan kritis dan di ambang kepunahan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai apa saja ciri-ciri kuda nil, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.