12 Ciri-Ciri Lalat dan Jenisnya


Lalat adalah salah satu jenis hewan serangga yang sering kita jumpai di rumah, pasar atau di tempat-tempat yang basah terutama di tempat sampah organik. Lalat memiliki nama latin yaitu Diptera yang artinya adalah dua sayap dan ciri utamanya adalah mereka memiliki kaki dan badan beruas ruas atau berbuku buku.

Lalat termasuk serangga yang memiliki satu pasang sayap terbang dan sepasang halter. Binatang ini memiliki beberapa jenis dan dari semua jenisnya memiliki perbedaan dan ciri khususnya masing-masing.

Lalat pada umumnya dianggap sebagai salah satu hewan serangga yang dapat menyebabkan suatu penyakit. Contohnya saja Diare, Disentri basiler dan lain sebagainya.

Baik itu jenis Lalat Rumah, Hijau atau Buah, Mereka bisa saja dapat membawa bakteri atau kuman yang menempel pada kaki-kakinya, lalu kemudian lalat-lalat tersebut menular pada manusia melalui makanan yang dihinggapi.

Ciri-Ciri Khusus Binatang Lalat


Adapun mengenai ciri-ciri lalat adalah sebagai berikut.

Lalat Memiliki Tubuh Yang Kecil

Lalat termasuk diantara salah satu hewan dari golongan serangga yang memiliki tubuh yang kecil, ramping dan juga pendek. Namun masih lebih besar tubuhnya dari pada ukuran seekor Nyamuk. Tubuh lalat terdiri atas tiga bagian yaitu: bagian kepala, dada dan juga perut.

Memiliki Sayap

Lalat memiliki sayap yang menempel pada bagian segmen dadanya. Berbeda dengan jenis hewan serangga lainnya yang di mana memiliki dua pasang sayap, Lalat khususnya jenis lalat yang sering kita lihat dirumah hanya memiliki satu pasang sayap saja yang tipis.

Selain itu, lalat juga memiliki dua sayap kecil yang berfungsi sebagai pengatur kecepatan udara serta untuk penyeimbang atau alat stabilitas pada saat serangga tersebut terbang (disebut juga dengan halterer)

Memiliki Antena

Lalat memiliki ukuran antena yang panjang (Nematocera). Maupun Antena yang pendek (Brachycera).

Memiliki Mata Majemuk

Lalat Memiliki Mata Majemuk Besar, Apa itu mata mejemuk?

Mata majemuk adalah mata yang memiliki ribuan lensa (ommatidia) atau reseptor warna individual dan hal tersebut membuat lalat memiliki indra penglihatan yang luar biasa dan juga sangat peka.

Bukan hanya itu saja, lalat juga memiliki salah satu kemampuan yang tidak banyak dimiliki oleh hewan serangga lainnya, yaitu kemampuan melihat objek di belakangnya dan mampu melihat objek hingga 360 derajat.

Pernahkah sahabat menangkap lalat dengan tangan kosong? Nah itulah salah satu kemampuan lalat yang dapat langsung bereaksi jika ada pergerakan baik di arah depan atau pun di belakang.

Termasuk Hewan Invertebrata

Apa itu invertebrata? Invertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang, contohnya seperti Semut, Rayap, Jangkrik, Siput dan lain sebagainya.

Selengkapnya: 17 Ciri-Ciri Hewan Invertebrata

Tubuh dan Kaki Lalat

Lalat memiliki tubuh dan kaki yang beruas-ruas dan sama seperti kebanyakan hewan invertebrata lainnya yang memiliki tubuh atau kaki yang beruas-ruas juga. Fungsi dari kakinya dapat digunakan untuk berjalan atau sebagai pertahanan.

Lalat Bernapas Dengan Trakea

Contoh hewan lainnya yang bernapas dengan Trakea adalah Kupu-Kupu, Belalang, Kumbang, Lebah, Jangkrik, Nyamuk dan pastinya Lalat itu sendiri.

Lalat bernapas dengan Trakea melalui lubang-lubang halus yang ada pada antarruas tubuh. Dengan gerakan otot aktif serta teratur, maka udara yang ada di luar akan masuk ke dalam tubuh.

Lalat Berkembang Biak Dengan Cara (Ovipar)

Cara lalat berkembang biak adalah dengan cara bertelur atau ovipar dan juga lalat mengalami metamorphosis sempurna / holometabola dengan urutannya adalah sebagai berikut : telur – larva – pupa – imago

Biasanya lalat akan menaruh telur nya di sisa-sisa makanan yang busuk, Dimaksudkan untuk keperluan anaknya pada saat menetas dan larva lalat akan langsung mendapatkan sumber makanan.

Habitat Lalat

Keberadaan hewan lalat di indonesia hampir ada di setiap daerah dan pada umumnya lalat dewasa menyukai tempat-tempat yang basah atau lembab seperti tempat sampah, genangan air yang disebabkan oleh hujan.

Lalat juga suka terbang dan menjelajahi tempat-tempat yang cukup jauh. Maka tidak heran jika lalat suka masuk ke dalam rumah atau disekitar orang-orang yang sedang beraktivitas.

Lalat Tidak Memiliki Gigi

Pada bagian mulut, lalat tidak memiliki gigi. Namun mereka memiliki lidah yang panjang (proboscis) Fungsinya sama seperti sedotan es yaitu untuk menghisap makanannya.

Makanan Lalat (Termasuk omnivora)

Biasanya lalat mencari dan menemukan makanannya pada saat mereka terbang dan hinggap di sumber makanan, mereka bisa mengkonsumsi bekas makanan (organik) atau bangkai hewan.

Dari beberapa spesies atau jenis lalat juga ada yang memakan nectar atau darah. Cara lalat makan adalah dengan mengeluarkan cairan berupa asam, setelah makanan tersebut larut lalu kemudian mereka menghisap dan memakannya.

Maka jangan heran jika makanan khususnya dari jenis sayur atau buah-buahan, pasti akan cepat busuk jika makanan tersebut lama dihinggapi oleh banyak kerumunan lalat.

Hati-hati yah yang suka menyimpan makanan di tempat yang terbuka, kemungkinan besar akan dihinggapi oleh lalat-lalat dan bisa saja makanan tersebut terkontaminasi olehnya, sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, karena disebabkan oleh kuman, bakteri atau parasit.

Beberapa Jenis Lalat

Berikut ini adalah beberapa jenis lalat yang mungkin sering kita lihat sehari-hari baik di rumah atau pada saat kita sedang beraktivitas di luar rumah.

Lalat Rumah (Musca domestica), Hijau (Calliphora vomitoria), Buah (Drosophila species), Pasir (Spiriverpa Lunulata), (Family - Sarcophagidae), Kuda (Family tabanidae) dan yang terakhir adalah Lalat pembuangan (Psychodidae).

Dari jenis yang telah penulis sebutkan di atas, terdapat dua jenis lalat yang biasa kita lihat dan mereka suka menghinggapi makanan, serta berpotensi dapat menyebarkan berbagai macam penyakit atau bakteri.

Jenisnya adalah lalat rumah dan lalat hijau, mereka dikenal sebagai lalat utama yang suka membawa berbagai macam kuman ke makanan manusia.

Mereka juga suka makanan hewan, makanan busuk, dan juga kotoran hewan dan lain sebagainya, maka tidak heran jika hewan lalat ini selalu dijuluki dengan sebutan hewan jorok dan juga kotor.

Tips Sederhana Mengusir Lalat Secara Alami Dari Rumah

1. Sebarkan aroma kayu putih, daun kemangi, jeruk lemon, daun pandan, daun cengkeh atau daun lavender (Pilih salah satu saja)
2. Menggantungkan kantung plastik putih yang telah di isi air bening.
3. Menggunakan lem lalat atau semprotan cairan anti serangga.
4. Tepak menggunakan raket nyamuk.
5. Gunakan sapu lidi atau menyalakan kipas angin.
6. Meminta bantuan orang yang ahli dalam mengatasi serangga seperti nyamuk dan pastinya lalat itu sendiri, Biar mereka semuanya kabur, pergi dan tidak mengganggu lagi.

Itulah beberapa pembahasan mengenai ciri-ciri lalat. Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat untuk kita semua.