8 Ciri-Ciri Penyu


Pada sebelumnya kami telah membahas mengenai ciri-ciri kura-kura dan pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi informasi atau sedikit mengulas mengenai apa saja ciri-ciri penyu yang mungkin belum banyak orang yang tahu.

Bukankah penyu dan kura-kura itu sama dan tidak ada bedanya? Pertanyaan tersebut akan kami jelaskan juga di akhir artikel ini, Jadi jangan sampai terlewatkan dan silakan sahabat dapat menyimak topik ini secara menyeluruh.

Hewan penyu diyakini sebagai salah satu binatang (purba) yang telah ada di jaman dinosaurus dan sampai sekarang masih dapat kita temukan populasi nya.

Walaupun keberadaannya kini kian memprihatinkan (di ambang kepunahan) dan menjadi salah satu jenis hewan reptil yang di lindungi juga.

Penyu atau kura-kura laut ini memiliki tempurung dan juga kaki atau sepasang tungkai depan yang menyerupai dayung atau sirip dan hal tersebut yang membuat penyu ahli dalam hal berenang di dalam air.

Ciri-Ciri Khusus Penyu


Adapun mengenai ciri-ciri penyu adalah sebagai berikut.

1. Termasuk Hewan Reptilia

Penyu termasuk hewan reptilia yang di mana penyu ber nafas dengan paru-paru, memiliki kulit yang keras, berdarah dingin, tidak dapat menghasilkan panas sendiri dan untuk menghangatkan tubuhnya harus berjemur di bawah cahaya matahari, bergerak dengan cara melata, sama seperti Buaya, Ular, Komodo, Kadal dan juga Penyu itu sendiri.

Jangan lewatkan: Ciri-Ciri Hewan Reptil

2. Berkembang Biak Dengan Cara Bertelur (Ovipar)

Penyu berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur.

Penyu betina sangat menyukai pantai berpasir yang sepi dari hiruk pikuk kegiatan manusia dan tidak suka keramaian dan tempat seperti itu cocok untuk penyu betina tersebut bertelur yang jumlahnya hingga ratusan.

Telur penyu akan dibenamkan atau di kubur kedalam tanah, hingga telur-telur tersebut dapat menetas dan anak penyu (tukik) biasanya secara alami berbondong-bondong langsung menuju ke laut dan memulai petualangan hidupnya.

3. Memiliki Kemampuan Atau Ketangkasan Berenang Dengan Baik

Tidak seperti kura-kura yang pada umumnya suka hidup di darat.

Penyu memiliki kemampuan berenang yang sangat baik dan hal tersebut karena penyu memiliki sepasang tungkai depan yang dapat berfungsi sebagai kaki pendayung.

4. Hewan Amfibi

Penyu termasuk binatang amfibia atau amfibi, hewan yang di mana dapat hidup didua alam, baik di dalam air atau di darat dan juga termasuk hewan bertulang belakang.

5. Termasuk Hewan Pemakan Segala (Omnivora)

Penyu dapat memakan sayuran atau buah-buahan dan juga daging seperti ikan-ikan kecil, plankton, cacing, jangkrik atau hewan serangga kecil lainnya.

6. Memiliki Tempurung Atau Cangkang Yang Keras

Tempurung ini sebagai rumah penyu yang dapat berfungsi sebagai perisai atau alat pelindung penyu dari hewan pemangsa.

7. Bergerak Cukup Lambat

Penyu bergerak atau berjalan cukup lambat dan penyu menggunakan kaki yang pipih tersebut untuk mendorong dan bergerak.

8. Suka Hidup Di Air Laut (Habitat Penyu)

Penyu banyak menghabiskan waktunya di dalam air laut lepas dan termasuk hewan yang mampu berkelana atau penjelajah samudra.

Penyu akan naik ke permukaan tanah jika hendak ingin bertelur (penyu betina) dan juga untuk mengambil nafas, hal tersebut karena penyu ber nafas menggunakan paru-paru.

Beberapa Jenis-Jenis Penyu Baik Di Indonesia dan Negara Lainnya

Penyu Hijau, Penyu Sisik, Penyu Kempi, Penyu Lekang, Penyu Belimbing, Penyu Pipih, Penyu Tampayan dan lain-lain.

Penyu yang telah di sebutkan di atas adalah beberapa jenis penyu yang masih ada dan dapat kita temukan.

Namun beberapa jenis penyu keberadaannya ada yang cukup kritis atau di ambang kepunahan (sudah langka).

Semoga saja penyu-penyu tetap selalu ada, sehingga anak cucu kita mendapatkan kesempatan untuk bisa melihat hewannya secara langsung dan bukan hanya melihat lewat gambar atau poster nya saja.

Perbedaan Penyu dan Kura-kura

Adapun mengenai beberapa perbedaan dari penyu dan juga kura-kura adalah sebagai berikut.

1. Kura-kura banyak menghabiskan waktu hidupnya di darat atau air tawar, sedangkan penyu banyak hidup di air laut (lautan).

2. Penyu tidak dapat memasukan kepalanya ke dalam tempurung, sedangkan kura-kura kepalanya mampu keluar masuk ke dalam cangkang atau tempurungnya.

3. Bentuk empat kaki penyu seperti dayung atau sirip (di gunakan untuk berenang), Sedangkan kura-kura tidak demikian, kaki kura-kura terdapat kuku cukup panjang dan tajam dan di gunakannya untuk bergerak dan berjalan di darat.

4. Makanan penyu berupa hewan laut kecil seperti ikan-ikan kecil, ubur-ubur, plankton, dan bisa juga memakan sayuran dan buah-buahan, Sedangkan untuk makanan kura-kura adalah berupa tumbuh-tumbuhan (sayuran) dan buah-buahan.Namun ada juga kura-kura yang bersifat karnivora atau omnivora.

5. Persamaan hewan tersebut adalah, Sama-sama hewan yang di lindungi.

Jadi bagi siapa saja yang suka berburu penyu secara membabi buta, Baik berburu telur atau hewannya secara langsung yang tujuannya hanya untuk mendapatkan keuntungan pribadi, Maka ada baiknya untuk menghentikannya.

Jauh lebih bijak jika kita ikut serta untuk mengembang biakan hewan yang di lindungi tersebut, agar populasi nya semakin banyak dan terhindar dari ancaman kepunahan.

Itulah penjelasan singkat mengenai apa saja ciri-ciri penyu, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.