12 Ciri-Ciri Kura-Kura


Bagi sahabat yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai ciri-ciri kura-kura bisa menyimak beberapa penjelasan atau pembahasan mengenai hewan tersebut pada artikel berikut ini.

Beberapa bagian tubuh kura-kura terdiri dari tempurung atau cangkang yang berfungsi sebagai tempat berlindung, hidung di gunakan nya untuk bernafas dan mengidentifikasi bau, kaki dan kuku (cakar) untuk bergerak dan berjalan dan mata untuk melihat atau sebagai organ sensoris.

Hewan kura-kura termasuk kedalam keluarga testudinidae yang di mana jenis binatang ini memiliki ciri khasnya tersendiri yaitu pada bagian tubuhnya yang memiliki cangkang atau biasa disebut juga dengan rumah.

Kura-kura bisa memasukan keseluruhan tubuhnya dari kaki hingga kepala kedalam cangkang atau batok nya dan kura-kura selalu membawa cangkang nya kemana pun ia pergi mau itu sedang berjalan di darat atau pun sedang berada di air tawar.

Fungsi dari cangkang atau tempurung yang keras tersebut adalah sebagai alat pelindung atau bisa di katakan juga sebagai perisai untuk kura-kura tersebut jika merasa sedang terancam oleh hewan pemangsa.

Ciri-Ciri Khusus Kura-Kura


Adapun beberapa penjelasan mengenai ciri-ciri hewan kura-kura adalah sebagai berikut.

1. Kura-kura Termasuk Golongan Hewan Reptil

Buaya, Ular dan juga Kura-kura sendiri adalah hewan reptil atau reptilia (binatang melata) adalah kelompok hewan vertebrata yang memiliki sisik pada tubuhnya.

Selengkapnya : Ciri-ciri hewan reptil

2. Memiliki Cangkang Atau Tempurung

Tubuh atau badan kura-kura tertutupi oleh tempurung yang sangat tebal dan juga keras dan di gunakan nya sebagai rumah (tinggal didalam cangkang) atau alat pelindung dari ancaman hewan pemangsa.

3. Bergerak dan Berjalan Lambat

Bukan hanya siput saja yang terkenal dengan cara berjalannya yang sangat lambat, begitu pun dengan kura-kura yang di mana jika sedang berjalan maka akan terlihat lelet atau lambat.

Akan tetapi jangan remehkan kura-kura dulu, walaupun cara berjalannya begitu lambat, Namun kura-kura pernah juga menang lomba balap lari dengan si kancil, (Hanya dongeng, cerita si kancil dan kura-kura).

4. Jenis Hewan Herbivora

Sebagian besar kura-kura khususnya darat adalah termasuk hewan herbivora dan makanan kura-kura adalah berupa tumbuh-tumbuhan (Sayur-sayuran dan juga buah-buahan).

Di antaranya adalah, sawi, kubis, wortel, kangkung, labu, jagung, daun kacang, brokoli, singkong dan lain-lain.

5. Berkembang Biak Dengan Cara Bertelur

Kura-kura mampu bertelur dengan jumlah yang cukup banyak dan telur tersebut di kubur atau dibenamkan kedalam pasir.

Telur kura-kura dapat menetas kurang lebih 85 hari dan itu tergantung dari suhu udara di sekitarnya, jika suhu terlalu dingin, Maka akan lama lagi telur-telur tersebut bisa menetas.

6. Kura-Kura Dapat Hidup Di Berbagai Tempat

Habitat kura-kura di antaranya adalah sungai, rawa, hutan, padang rumput, gurun, sungai, laut, dan lain-lain.

7. Memiliki Ukuran Leher Yang Cukup Panjang

Kura-kura memiliki leher yang cukup panjang dan salag satu kemampuan lehernya adalah dapat keluar masuk ke dalam tempurungnya.

8. Memiliki 4 Kaki

Kura-kura memiliki jumlah kaki sebanyak 4 kaki dan dilengkapi dengan cakar atau kuku pada bagian kakinya sehingga dapat membantu ketika kura-kura tersebut hendak bergerak dan berjalan di darat.

9. Tidak Memiliki Gigi

Walaupun kura-kura tidak memiliki gigi (Terlihat ompong), Namun pada bagian mulut atau moncong nya sangat keras. Kura-kura mengunyah, dan memotong makanannya menggunakan paruhnya.

Paruh kura-kura yang keras dan kuat itulah yang digunakan nya untuk makan atau pengganti fungsi gigi.

10. Termasuk Hewan Yang Di Lindungi

Kura-kura termasuk hewan yang di lindungi oleh pemerintah indonesia, Jadi bagi siapa saja yang hobi berburu kura-kura secara membabi buta dan bermaksud untuk di manfaatkan bagian tubuhnya.

Maka sebaiknya di henti kan dan jauh lebih baik jika kita budi daya kura-kura atau mengembangbiakkan hewan tersebut agar populasi nya semakin banyak dan terhindar dari ancaman kepunahan.

11. Hewan Yang Mampu Bertahan Hidup Cukup Lama

Kura-kura termasuk salah satu hewan reptil yang memiliki kemampuan bertahan hidup yang cukup lama (Panjang umur).

Bahkan Beberapa jenis kura-kura ada yang pernah hidup hingga usia 200 tahun lamanya.

12. Memiliki Ekor

Pada bagian belakang tubuhnya, kura-kura memiliki ekor yang ukurannya tidak terlalu panjang.

Beberapa fungsi ekornya adalah untuk menjaga keseimbangan dan juga kita dapat mencoba menentukan apa jenis kura-kura tersebut jantan atau betina dari mengobservasi ekornya.

Beberapa Cara Menentukan Jenis Kelamin Kura-Kura Jantan dan Betina

1. Cangkang kura-kura jantan dewasa lebih kecil dari pada cangkang kura-kura dewasa betina yang lebih panjang.

2. Plastron (Bagian bawah / perut) kura-kura betina rata dan plastron jantan berbentuk cekung.

3. Ekor kura-kura jantan berbentuk 'V' kecil dan ukuran ekor kura-kura jantan lebih panjang dan tebal dari pada ukuran ekor kura-kura betina.

4. Ukuran cakar atau kuku kura-kura jantan lebih panjang dari pada ukuran cakar kura-kura betina.

5. Datang dan bertanya ke dokter hewan atau (Ahli di bidangnya) Maka kita akan di mudah kan untuk mencari informasi mengenai apa saja jenis kura-kura dan perihal perbedaan kura-kura jantan dan betina.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai apa saja ciri-ciri kura-kura, semoga pembahasan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.