8 Ciri-Ciri Rayap


Sudah tahu apa saja ciri-ciri rayap? Jika sahabat belum mengetahuinya secara jelas, Maka pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi sedikit informasi mengenai ciri khusus hewan rayap.

Rayap kayu atau rayap tanah termasuk jenis hewan serangga yang ukuran tubuhnya kecil berkisar tiga milimeter dan salah satu jenis hewan purba atau sebagai makhluk hidup paling tua di dunia yang masih ada sampai saat ini.

Rayap di perkirakan telah ada sejak seratus atau dua ratus juta tahun yang lalu. Dalam bahasa inggris rayap disebut "white ant" (Semut putih), Rayap dan binatang semut sekilas memiliki kesamaan dari segi cara hidup atau perilakunya.

Rayap dan semut dapat dikatakan cukup mengganggu kenyamanan pemilik rumah dan apa lagi jika mereka sedang bergerombol di tempat di mana yang kita anggap penting.

Namun, rayap lebih berpotensi untuk membuat kerusakan yang cukup parah jika di bandingkan dengan semut, Mereka akan menggerogoti kayu-kayu rumah dan tentu jika hal tersebut dibiarkan begitu saja, Maka rumah tersebut akan bisa ambruk dan dapat membahayakan penghuni rumah itu sendiri.

Ciri-Ciri Khusus Rayap


Adapun mengenai ciri-ciri rayap adalah sebagai berikut

1. Makanan Rayap (Termasuk Hewan Herbivora)

Rayap tidak memakan daging, Melainkan memakan selulosa seperti kayu, tanaman, humus dan serasah, Maka dari itu rayap disebut hewan herbivora. Rayap harus makan dua puluh empat jam setiap harinya, (Rakus juga)

2. Hidup Dengan Cara Berkoloni

Sama seperti Semut dan Lebah yang di mana kehidupannya suka berkelompok atau berkoloni dan juga memiliki kedudukan masing-masing dalam suatu kelompok rayap. Terdapat tiga jenis kasta dalam hewan rayap yaitu kasta prajurit, kasta pekerja, dan kasta reproduktif.

Kasta pekerja memiliki jumlah terbesar dalam suatu koloni rayap dan jumlahnya dapat mencapai sembilan puluh persen dari keseluruhan koloni yang ada.

Rayap dengan kasta pekerja tidaklah bersayap, bisa dikatakan buta (penglihatan yang buruk) dan steril, ukuran tubuhnya lebih kecil dari pada rayap ratu dan raja, Kepalanya berwarna pucat hampir sama dengan warna tubuh yang lain.

Tugasnya untuk mencari makanan, Rayap pekerja bekerja dengan cara gotong royong untuk mengumpulkan tanaman. Rayap dengan kasta prajurit memiliki ciri khusus yaitu berupa bentuk kepala yang besar dan pada kedua sisi kepalanya memiliki capit.

Untuk kasta reproduktif adalah kasta rayap yang akan menduduki calon ratu dan juga raja. Ukuran tubuh ratu rayap bisa mencapai ukuran lima hingga sembilan centimeter, Hal tersebut karena tubuh rayap mengalami pembesaran pada perut, lemak tubuh dan juga usus.

Ratu rayap tidak bergerak (Bekerja) dan hanya tinggal dalam istananya.

3. Habitat Rayap

Rayap suka mendiami tempat yang gelap dan suhu yang hangat, Rayap cenderung tidak suka dengan sinar matahari langsung dan juga akan menghindari sinar.

Maka tidak heran jika rayap mendiami kayu-kayu yang ada di rumah dan juga pepohonan dan jika ada rayap disana pastilah akan terdapat kerusakan seperti bolong, tergerus dan bentuk kerusakan struktur kayu yang lainnya.

4. Mengenai Tubuh Rayap

Rayap memiliki ukuran tubuh yang kecil dan juga lunak serta cara bergerak atau berjalannya lambat.

5. Siklus Hidup Rayap (Cara Berkembang Biak)

Rayap memiliki siklus hidup, Yaitu dari telur yang memiliki warna jingga transparan, Kemudian berkembang menjadi larva, Setelah itu berubah menjadi rayap muda dan setelah itu akan menjadi rayap dewasa.

Pada musim tertentu, rayap akan menjadi laron dan setelah itu akan beterbangan di bawah sinar lampu, Terbang secara berpasang-pasangan.

Rayap berkembang biak dengan cara bertelur dan jumlah telur nya bisa mencapai puluhan ribu telur rayap.

6. Memiliki Antena (Cara Rayap Berkomunikasi)

Rayap memiliki antena dengan bentuk lurus ke depan dan salah satu fungsinya adalah untuk mendeteksi adanya makanan atau sumber air (kelembapan). Cara rayap berkomunikasi antara sesamanya bisa melalui bunyi dan juga senyawa kimia.

7. Memiliki Rahang dan Gigi Yang Kuat

Kayu yang rusak atau keropos adalah salah satu bukti bahwa rahang dan gigi rayap sangatlah kuat, dengan tubuh yang sekecil itu dengan cara bergotong royong, Maka akan berpotensi dapat merobohkan sebuah rumah dan Rayap mampu menggigit dan menggerogoti fragmen terkecil dari kayu.

8. Beberapa Jenis Rayap

Pada umumnya rayap dikenali atau ditandai menjadi tiga kelompok dan dari kesemua jenis rayap yang ada tentu memiliki potensi daya rusak yang luar biasa.

Beberapa jenis rayap memiliki perbedaan dan hal tersebut dapat di identifikasi dari makanan dan kemampuan perusak nya dan Berikut ini adalah beberapa  jenis rayap yang mungkin pernah anda dengar atau melihatnya secara langsung.

1. Rayap Kayu Kering (Drywood Termite)
2. Rayap kayu Basah (Subterranean)
3. Rayap Tanah (Macrotermes, Subteranian Termite)

Cara Mengatasi dan Mengusir Rayap Dari Atap Rumah, Lemari Kayu, Kusen Pintu dan Tembok Dengan Bahan Alami

Anda dapat mengatasi rayap di rumah dengan cara menyiram dengan cairan khusus, Caranya adalah sebagai berikut.

Siram atau tuangkan menggunakan Air cucian beras, Air kapur sirih, Air tembakau, Minyak tanah, Garam, Menjemur kayu (Perabotan Rumah) ke cahaya matahari langsung.

Cara menghindari perabotan rumah tangga dari serangan rayap adalah dengan cara menyimpan perabotan rumah di tempat yang kering dan jangan terlalu lembab atau basah.

Atau bisa juga dengan bertanya atau konsultasi langsung kepada ahli di bidang pengusiran rayap.

Biasanya anda akan diberikan cairan khusus kimia dan jika di berikan pada rayap biasanya akan langsung membuat para gerombolan rayap langsung kocar-kacir.

Sekian pembahasan mengenai ciri-ciri rayap, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.