16 Ciri-Ciri Tupai


Apa ciri ciri tupai? Jika sahabat belum mengetahuinya secara jelas, Maka pada kesempatan kali ini penulis ingin membahas mengenai beberapa ciri-ciri khusus tupai yang mungkin belum banyak orang yang tahu.

Tupai termasuk golongan hewan mamalia kecil yang fisiknya hampir mirip dengan binatang bajing dan kerap dianggap kedua jenis hewan tersebut tidak memiliki perbedaan sama sekali, Padahal kenyataannya adalah keduanya berbeda.

Yang menjadi faktor utama kenapa tupai dan bajing ini berbeda adalah, Karena tingkah lakunya, Tupai termasuk hewan pemangsa serangga sedangkan bajing termasuk hewan pengerat, sama seperti Tikus.

Pasti anda pernah mendengar salah satu peribahasa terkenal, Se pandai-pandai tupai melompat akhirnya jatuh juga (Seseorang yang hebat dalam sesuatu perkara tetap ada kelemahannya).

Kenapa harus tupai yang menjadi tokoh utama dari peribahasa tersebut?

Alasannya karena tupai jago sekali dalam hal melompat, tupai dapat melompat hingga jarak yang cukup jauh dan melompat dari satu pohon ke pohon yang lain tanpa kehilangan keseimbangan.

Ciri-Ciri Khusus Tupai


Adapun mengenai ciri-ciri tupai adalah sebagai berikut, Silakan sahabat dapat menyimak nya di bawah ini.

1. Tupai Termasuk Hewan Mamalia

Hewan Musang, Trenggiling, dan Tupai itu sendiri masuk ke dalam golongan binatang mamalia.

Baca juga : Ciri-Ciri Mamalia Lengkap

2. Makanan Tupai?

Tupai termasuk hewan omnivora (Pemakan segala).

Tupai bisa memakan daging berupa hewan serangga dan juga tumbuh-tumbuhan, di antaranya adalah Kelapa, Pepaya, Durian, Buah rambutan, Jambu dan lain-lainnya.

3. Habitat Tupai

Tupai banyak hidup di habitat tropis hutan hujan atau mereka suka tempat yang di mana terdapat kelimpahan makanan.

Umumnya, tupai mendiami tempat-tempat perkebunan dan pohon. Daerah yang sekitarnya penuh dengan rerumputan dan tanaman.

Tupai juga sering kali mengganggu, merusak dan menggerogoti tanaman dan juga perkebunan.

Tupai suka hidup berkelompok atau berkoloni, Tupai adalah binatang yang hidupnya secara berkelompok.

Alasannya karena hewan ini suka memberikan kode atau tanda suara apabila ada hewan jenis lain yang mengancam kelompoknya.

4. Memiliki Kemampuan Kamuflase

Tupai memiliki salah satu kemampuan yang dimilikinya yaitu mampu berkamuflase, terutama jika tupai sedang berada di batang pohon atau di batu-batuan.

Warna kulit dengan tempatnya berdiam diri, terkadang tidak terlihat dengan jelas oleh mata kita dan hal tersebut juga di gunakan nya untuk mengecoh hewan predator.

5. Kaki Tupai Ada Berapa?

Tupai memiliki empat kaki, dua bagian depan dan duanya lagi di bagian belakang, Namun jika dilihat secara langsung, tupai seakan-akan memiliki dua kaki dan dua tangan, Hampir mirip dengan kanguru.

Ketika tupai hendak ingin melompat, ia akan meregangkan kaki bagian depan dan belakangnya dan kemudian melayang atau berpindah dari pohon satu ke pohon yang lainnya.

6. Memiliki Kumis

Bukan hanya kucing saja yang terkenal dengan kumis nya, Tupai pun sama memiliki kumis di bagian sekitar mulutnya.

Uniknya jika kumis tupai terpotong, Maka tupai tersebut tidak jago lagi melompat dengan tepat sasaran.

(Kelemahan tupai ada di bagian kumis nya) Kalau samson betawi ada di bagian bulu ketiak nya. Hehehe.

Fungsi dari kumis tupai adalah untuk menjaga keseimbangan dan juga untuk mendeteksi benda-benda di sekitarnya pada malam hari.

7. Tubuh Tupai Akan Membeku

Ketika tupai tidak bergerak maka tubuh tupai akan cepat kehilangan panas pada tubuhnya dan akan mudah keras atau membeku.

Maka dari itu selama tupai tidur biasanya akan menggunakan selimut berupa ekornya yang memiliki bulu tebal.

Tupai akan melilitkan ekornya ke tubuhnya dengan cukup kencang dan dengan begitu suhu tubuhnya tidak terlalu cepat turun.

8. Memiliki Kuku

Tupai memiliki kuku dengan ukuran yang kecil, fungsi dari kukunya adalah untuk membantunya memanjat pohon dengan cepat tanpa harus bersusah payah.

9. Gigi Tupai

Tupai memiliki gigi yang di kemudian hari akan aus atau ompong dan tidak lama kemudian akan digantikan dengan gigi baru yang tumbuh.

10. Memiliki Kemampuan Melompat Dari Ketinggian

Tupai memiliki kemampuan terjun bebas dari ketinggian hingga sembilan meter dan mendarat dengan mulus tanpa luka atau patah tulang kaki sedikit pun.

11. Memiliki Ekor

Tupai memiliki ekor yang panjang berumbai dan ukurannya pun hampir sama dengan ukuran panjang tubuhnya.

Ekor tupai juga berfungsi sebagai keseimbangan, Jika tupai meloncat atau melayang maka bagian ekornya akan dipipihkan.

12. Mata Tupai

Kualitas penglihatan tupai cukuplah baik, Maka tidak heran jika tupai sangat jeli dan tepat jika meloncat atau berpindah sesuai dengan perhitungan atau perkiraan tupai tersebut.

13. Termasuk Hewan Mamalia Kecil Yang Pemberani

Walaupun ukuran tubuh tupai terbilang kecil, Namun jangan menganggap remeh dulu. Tupai memiliki keberanian yang patut diperhitungkan bagi hewan yang mengancam nya.

Jika tupai merasa terancam, tupai tidak segan-segan melawan dan bahkan melukai hewan lain yang di mana memiliki ukuran tubuh 100 kali lebih besar dari pada tubuhnya sendiri.

14. Pipi Tupai

Tupai memiliki pipi berkantung, Jika kita melihat tupai yang sedang makan dengan porsi yang banyak, Pasti pipi tupai tersebut akan terlihat mengembung atau membesar.

15. Terlihat menarik, menggemaskan dan juga lucu.

Pipi tupai digunakan untuk menyimpan sementara makanannya dan mampu membuat makanannya bertahan dalam waktu yang cukup lama.

16. Tupai Berkembang Biak Dengan Cara (Melahirkan)

Tupai berkembang biak sekali atau dua kali dalam setahun, dan untuk melahirkan anaknya tupai memerlukan waktu sampai enam minggu (Di sesuaikan dengan jenis atau spesies nya.

Sekian pembahasan kali ini mengenai apa saja ciri-ciri tupai, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.