12 Ciri-Ciri Ikan Paus (Mamalia)


Paus adalah salah satu hewan kelompok mamalia yang dapat hidup di air atau lautan dalam. Tahukah sahabat bahwa sejatinya paus ini bukanlah dari golongan keluarga ikan.

Ya, walaupun masyarakat kita sering dan biasa menyebutnya dengan sebutan "Ikan Paus" dan termasuk admin juga suka memanggilnya seekor ikan, karena sudah terbiasa sejak kecil.

Namun pada intinya, tidak semua hewan yang habitat atau tinggalnya di dalam air disebut dengan ikan, Contohnya saja seperti lumba-lumba dan paus itu sendiri yang di mana adalah seekor binatang mamalia.

Baca juga : Ciri-Ciri Mamalia

Untuk mengenali karakteristik dari paus atau lodan sebenarnya cukup mudah, Mereka memiliki ciri bentuk tubuh yang besar, gigi yang tajam (predator) serta bernapas menggunakan paru-paru dan bukan dengan insang seperti halnya jenis hewan ikan pada umumnya.

Mengenali paus (mamalia) menurut klasifikasi ilmiah: Kingdom: Animalia, Kelas: Mamalia, Subkelas: Eutheria, Filum: Chordata, Ordo: Cetacea, Upaordo: Mysticeti, Genus: Balaenoptera, Famili: Balaenopteridae, Spesies: B. musculus.

Terdapat beberapa jenis paus dan semuanya memiliki bentuk atau karakteristik nya tersendiri dan di bawah ini adalah beberapa nama-nama paus yang mungkin pernah sahabat tahu dan mendengarnya.

Jenis-Jenis Paus Baleen atau Balin (Umumnya memiliki tubuh yang lebih besar dari pada jenis paus bergigi)

Paus Biru (Blue Whale), Paus kepala busur atau paus bungkuk (Bowhead Whale), Paus abu-abu  (Gray Whale), Paus sirip (Fin Whale), Paus Sikat (Right Whale).

Beberapa Jenis Paus Bergigi (Pada umumnya adalah jenis paus pemangsa hewan laut yang memiliki ukuran tubuh yang cukup besar)

Paus Narwhal (Narwhal Whale), paus Beluga (Beluga Whale ), Paus Pilot  (Pilot Whale), Paus Kepala Kotak, Orca atau Paus Pembunuh.

Ciri-Ciri Khusus Ikan Paus (Mamalia)


Adapun mengenai ciri-ciri khusus paus, Secara umum adalah sebagai berikut. Silah kan disimak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

1. Paus adalah hewan mamalia yang dapat hidup di dalam air.

2. Mereka berdarah panas (homoiterm) dan tubuhnya terdapat lapisan lemak yang tebalnya bisa mencapai lima puluh centi meter. Fungsinya adalah untuk menjaga suhu tubuh paus agar tetap dalam keadaan stabil.

3. Paus bernapas menggunakan paru-paru, Serta memiliki lubang udara khusus yang berada di bagian atas kepalanya. Fungsi dari lubang tersebut adalah untuk alat pernapasan, Bersamaan juga dengan paru-paru. Paus akan naik atau muncul ke permukaan air laut.

Kemudian membuka lubang tersebut untuk mengambil udara atau bernapas dan biasanya diikuti dengan menyemburkan air ke atas.

Hal tersebut dimaksudkan untuk membuang air yang berada penuh di dalam paru-paru dan setelah itu paus menutup kembali lubang tersebut pada saat paus hendak menyelam kembali.

4. Bagian tulang paus berongga dan terdapat minyak. Hal tersebut agar paus dapat mengapung di permukaan air laut.

5. Pada bagian mata paus, Di lapisi oleh selaput minyak yang berfungsi sebagai pelindung.

6. Mereka memiliki sedikit rambut dan jika dilihat dari kejauhan memang hampir tidak terlihat memiliki rambut sama sekali. Rambut tersebut terletak pada bagian sekitar moncongnya.

7. Paus memiliki organ hati dengan empat bilik.

8. Sama seperti hewan mamalia pada umumnya. Mereka memiliki kelenjar susu dan fungsinya untuk menyusui anak atau bayinya.

9. Paus berkembang biak dengan cara vivipar atau melahirkan. Sama seperti kebanyakan jenis binatang mamalia lainnya.

10. Makanan paus adalah hewan laut. Seperti ikan besar, cumi-cumi, anjing laut dan lain sebagainya (khusus jenis paus bergigi)

Sedangkan untuk jenis paus balin mereka memakan plankton, krill, ikan kecil dan lain sebagainya.

11. Habitat paus adalah di lautan atau perairan luas dan dalam (Samudra).

Setiap jenis mereka memiliki sifat yang berbeda-beda, Ada yang suka berpindah-pindah (Terlihat oleh manusia) dan ada juga yang  suka menetap di laut dalam (Sulit di temukan atau dijangkau oleh manusia).

12. Keberadaan paus terbilang semakin menyusut (Langka). Maka dari itu paus digolongkan menjadi salah satu hewan yang dilindungi.

Manusia adalah sebagai pemburu utama dari paus itu sendiri, Jadi sepatutnya manusialah yang harus menjaga kelestarian paus, agar tetap selalu ada dan terhindar dari ancaman kepunahan.

Baca juga hewan laut lainnya: Ciri-Ciri Ikan Pari

Itulah, Pembahasan singkat mengenai apa saja ciri-ciri paus secara khusus dan umum, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.