Ciri-Ciri Pisang dan Klasifikasinya


Pisang adalah salah satu dari sekian banyak tanaman pangan yang sangat populer di dunia maupun indonesia, Ia memiliki nama ilmiah yaitu musa parasidica dan merupakan tumbuhan terna raksasa berdaun besar dan memanjang dari suku musaceae.

Bukan hanya pohon kelapa saja, ternyata pohon pisang pun dapat dikatakan tanaman serba guna, Karena dari mulai dari Batang, Daun, Buah dan Bunganya dapat digunakan untuk keperluan manusia seperti pertanian, bahan makanan atau masakan, pengobatan dan lain sebagainya.

Klasifikasi Ilmiah Pisang:

Kingdom/Kerajaan: Plantae (Tumbuhan)
Divisi: Magnoliophyta (Berbunga)
Kelas: Liliopsida (Monokotil atau Berkeping Satu)
Ordo: Musales
Famili: Musaceae (Suku pisang-pisangan)
Genus: Musa

Ciri-Ciri Khusus Tanaman Pisang


Adapun mengenai deskripsi, morfologi atau ciri-ciri pisang secara umum dan singkat adalah sebagai berikut, Silakan sahabat dapat menyimak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Akar 

Akarnya berserabut dan berukuran cukup besar, serta tidak berakar tunggang serta akarnya menempel pada bonggol yang di mana merupakan bagian yang paling padat dari batang pisang.

Akar tanaman pisang berwarna kecokelatan serta umumnya tumbuh dari bongo (corm) pada bagian samping dan bawah, Secara umum pertumbuhannya berkelompok dan menuju ke arah samping dan masuk ke dalam tanah kurang lebih mencapai empat sampai lima meter.

Batang

Batangnya tidak bercabang melainkan berbentuk bulat silindris dan berlapis, Serta batang pisang dibedakan menjadi dua bagian yaitu batang asli (utama) dan batang semu (palsu).

Batang asli atau bonggol berada di pangkal batang dan berada dibawah permukaan tanah serta akan tumbuh beberapa tunas baru (calon anakan tanaman pisang).

Untuk batang semu akan tumbuh ke atas yang tersusun dari pelepah-pelepah batang yang saling membantu menutupi atau membalut secara berlapis-lapis dan juga pada bagian pelepah batangnya berongga dan mengandung banyak air.

Daun

Bentuk daun pisang berupa helai memanjang, lebar tidak merata, bagian ujung tumpul dan terkesan oval.

Bukan hanya batangnya saja yang mengandung air, Pelepah daun nya pun berongga dan menyimpan kandungan air.

Warna daun pisang umumnya berwarna hijau dan jika kering biasanya berubah warna menjadi cokelat dan biasa dikenal dengan sebutan Klaras Bahasa (Jawa), Kararas (Sunda), Kerusung (Gayo / Aceh) dan Dried banana leaf dalam bahasa inggris, Mungkin saja masih ada banyak lagi bahasa daerah lainnya.

Buah

Buah pisang tersusun dari beberapa sisir dan satu tandan, Umumnya terdapat beberapa sisir empat hingga sepuluh lebih (tergantung varietesnya)

Buah pisang bagian luar atau kulitnya berwarna hijau (jika belum masak atau masih mentah) dan akan berwarna ke kuningan jika sudah masak atau matang.

Dagingnya berwarna putih atau tampak kekuningan, serta didalamnya terdapat biji dan ada pula yang tidak memiliki biji (disesuaikan dengan jenisnya masing-masing).

Biji tersebut tidak dapat digunakan sebagai alat reproduksi generative alasannya karena tidak mengandung zigot.

Pisang berkembang biak melalui tunas dan tunas adalah golongan vegetatif. Maka dari itu pisang berkembang biak atau bereproduksi dengan tunas yang muncul di sekitar bonggolnya, Jadi pisang adalah termasuk golongan tumbuhan vegetatif.

Bunga

Bunga pisang atau sering dikenal juga dengan sebutan jantung, Umumnya muncul di bagian ketiak atau ujung batang pisang.

Jantung pisang berwarna kemerahan muda serta bagian mahkotanya mempunyai warna putih atau ke kuningan dan berserabut halus berwarna agak hitam.

Jenis-jenis pisang yang dapat ditemukan di indonesia, Adalah sebagai berikut

Pisang Raja, Raja Sereh, Kepok, Pisang Ambon Lumut, Ambon Putih, Ambon Kuning, Barangan, Raja Molo, Kluai Hong Thong, Mas, Tongkat Langit, Pisang Lampung, Giant Cavendish, Raja Uli, Kidang, Pisang Badak, Awak, Pisang Nangka, Kapas, Tanduk dan lain sebagainya.

Kandungan Gizi Buah Pisang

Zat besi: 0,3 miligram, Serat: 3 gram, Vitamin A: 81 UI, Vitamin B6: 0,5 miligram, Niacin / vitamin B3: 0,8 miligram, Sodium: 1 miligram, Vitamin C: 9 miligram, Kalium: 450 miligram, Potassium: 400 miligram, Folat: 25 microgram, Mangan: 0,3 miligram, Riboflavin / vitamin B12:  0,1 miligram, Magnesium: 34 miligram, Karbohidrat: 23 gram, Protein: 1 gram dan lain sebagainya.

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

Pisang memperbaiki pencernaan, Menurunkan tekanan darah tinggi, Meningkatkan kesehatan jantung, Membantu menciptakan sel-sel tubuh kembali sehat, Kaya akan Vitamin C, Melawan anemia.

Sangat baik dikonsumsi oleh atletik karena dapat meningkatkan otot dan memberikan antioksidan serta nutrisi lainnya secara alami, Mengandung cukup karbohidrat dan cukup ampuh menekan rasa lapar dan lain sebagainya.

Lihat Juga: Ciri-Ciri Kentang

Mungkin sekian pembahasan mengenai apa saja ciri-ciri pisang dan klasifikasi nya, Kurang lebihnya admin mohon maaf jika ada salah kata yang terucap dan semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.