Ciri-Ciri Burung Bangau dan Jenisnya


Ciri-ciri.id baru-baru ini telah merilis sebuah artikel mengenai ciri-ciri burung merpati, silakan kunjungi link tersebut bagi sahabat yang ingin melihat beberapa informasi menarik di dalamnya dan pada kesempatan kali ini Admin ingin sedikit membahas mengenai apa saja ciri-ciri burung bangau yang mungkin saat ini kalian sedang mencari dan membutuhkan informasinya.

Bangau adalah salah satu jenis burung yang masuk kedalam keluarga Ciconiidae. Ia memiliki ukuran tubuh yang cukup besar, leher dan kakinya pun cukup panjang (jangkung) Burung bangau juga memiliki paruh dengan tekstur yang keras, kuat, tebal dan ukuran paruh yang cukup besar jika di bandingkan dengan jenis burung pada umumnya.

Untuk habitat burung bangau sendiri, Ia lebih menyukai lingkungan dengan cuaca yang hangat dan juga suka menempati tempat yang kering. Jika cuaca yang ia tempati itu kurang bersahabat dengan bangau tersebut, Biasanya ia dan juga kawanan nya akan segera bermigrasi mencari tempat baru yang sesuai dan cocok dengan habitatnya.

Bangau ini memiliki kemampuan untuk terbang dan hal tersebut tentu akan mempermudah nya untuk mencari tempat yang baru (bermigrasi) Ukuran sayapnya pun dapat dikatakan lebar dan itu lah yang membuat bangau tersebut mampu untuk terbang dengan jarak yang cukup jauh.

Untuk makanan sang bangau sendiri, Ia suka mencari dan memakan berbagai jenis hewan seperti ikan, katak, cacing, serangga, binatang mamalia kecil dan lain sebagainya, dengan jenis makanan tersebut, Maka sudah di pastikan burung bangau adalah salah satu jenis hewan hewan karnivora.

Cara berkembang biak burung bangau adalah dengan cara bertelur (ovipar) Umumnya bangau akan mengerami telur nya hingga dapat menetas.

Ciri-Ciri Khusus Burung Bangau


Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri khusus bangau, Silakan di simak saja di bawah ini.

1. Memiliki paruh panjang yang berfungsi untuk mengambil makanan berupa ikan dan hewan laut lainnya.

2. Memiliki kaki berselaput yang berfungsi untuk memudahkan burung bangau tersebut berenang di lumpur atau di medan yang berair lainnya.

3. Ukuran kakinya panjang yang berfungsi untuk memudahkan nya berjalan di medan yang berlumpur.

4. Bulunya di lapisi oleh lilin yang dimana hal tersebut dapat berfungsi agar bulu burung bangau tersebut tidak mudah basah walau sedang berada di air.

5. Burung bangau suka tinggal di daerah dengan iklim yang hangat dan juga kering, Mereka juga suka melakukan migrasi mencari tempat baru yang sesuai dengan dirinya.

6. Ukuran sayap burung bangau sangat lebar dan hal tersebut memudahkan nya untuk terbang jauh (bermigrasi) dan berat tubuhnya pun di dominasi oleh ukuran sayap yang lebar dan besar tersebut.

7. Burung bangau tidak bersuara karena ia tidak memiliki organ syrinz. Bagaimana cara mereka berkomunikasi? Mereka berkomunikasi biasanya dengan cara mengadu paruhnya sehingga menimbulkan bunyi.

8. Hal unik dari burung bangau yaitu suka berdiri menggunakan satu kaki, Nampak seperti burung Flamingo. Hal tersebut di lakukan nya untuk mengistirahatkan kaki yang satunya dan ia pun mampu terbang dengan satu tumpuan kaki saja.

Jenis Burung Bangau

Adapun mengenai beberapa jenis burung bangau yang dapat kita kenali atau bahkan suatu saat kita dapat melihatnya secara langsung adalah sebagai berikut nama-namanya.

Bangau putih, ciconia, bangau marabou, bangau rimba amerika, mycteria, leptoptilos, bluwuk berwarna, bangau paruh sadel, asian openbill, bangau leher hitam, african openbill dan jenis burung bangau lainnya.

Nah, itulah mungkin pembahasan singkat mengenai apa saja ciri-ciri burung bangau semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.