Cara Menghilangkan Batuk Gatal Tenggorokan Di Malam Hari


Bagaimana cara menghilangkan batuk gatal tenggorokan di malam hari? Caranya cukup lah mudah, Jadi pastikan Anda menyimak pembahasan ini sampai akhir dan jangan melewati poin yang pentingnya.

Poin Penting

Ada berbagai macam jenis batuk di antaranya adalah batuk yang di sertai dahak dan juga batuk kering. Dua jenis batuk tersebut tentu semuanya bisa mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Bahkan di malah hari yang dimana waktunya untuk istirahat (tidur) Kadang gejala tersebut kerap datang secara mendadak serta mengganggu dan bahkan batuk tanpa henti di malam hari.

Dampaknya tentu kualitas tidur akan menjadi buruk, saluran pernafasan terganggu (tidak lancar) dan juga disertai dengan pening atau sakit kepala.

Mengapa batuk lebih parah saat malam hari? Alasannya adalah karena pada saat kita berbaring, maka secara otomatis lendir pada tenggorokan akan menumpuk dan disertai dengan rasa gatal.

Faktor kebersihan pun sangat mempengaruhi, Contohnya kasur penuh dengan debu atau terdapat bulu hewan seperti kucing yang membuat alergi.

Cara Mengatasi Batuk Di Malam Hari


Adapun beberapa tips.mengenai bagaimana cara menghilangkan batuk di malam hari adalah sebagai berikut.

Perhatikan Kebersihan Lingkungan


Kebersihan di sekitar tempat tidur juga sangat penting untuk di perhatikan, Karena tempat yang kotor dan berdebu tentu akan membawa bakteri dan alergi.

Batuk, pilek, bersin-bersin dan penyakit lainnya bisa di akibatkan karena lingkungan yang tidak bersih.

Jadi supaya batuk tidak menjadi parah di malam hari, Anda harus rutin membersihkan atau mencuci kasur, sprei dan perabotan rumah tangga dari debu-debu dan lain sebagainya.

Minum Air Hangat Yang Telah Di Campur Dengan Madu dan Parutan Jahe


Jahe ini sejak dulu telah di gunakan untuk menghangatkan tubuh dan meredakan rasa gatal pada tenggorokan.

Jika di malah hari gejala batuk semakin menjadi, Anda bisa membuat ramuan sederhana yaitu air hangat, perasan jahe dan juga madu.

Silakan campur kan jadi satu bahan-bahan yang telah di siapkan, Jika sudah Anda bisa langsung meminum air hangat tersebut.

Berkumur Dengan Air Garam


Tahukah Anda bahwa air garam cukup ampuh untuk mengecerkan dan mengeluarkan lendir yang ada pada tenggorokan, Air garam juga dapat meredakan gatal, sakit hingga iritasi.

Nah, jika batuk itu datang di malam hari Anda bisa langsung membuat larutan garam menggunakan air hangat, Kemudian berkumur-kumur lah beberapa kali.

Minum Air Jeruk Nipis dan Madu


Untuk mengatasi batuk di malam hari, Anda bisa membuat minuman berbahan perasan jeruk nipis dan juga madu alami.

Sebelum tidur Anda bisa mencoba untuk meminum perasan jeruk nipis dan madu yang telah di campur kan kedalam air hangat.

Hal tersebut bisa mengurangi rasa gatal, iritasi dan juga dapat mengecerkan lendir pada saluran pernafasan.

Anda bisa membuatnya satu termos kecil kemudian simpan di dekat tempat tidur Anda.

Jadi kalau di tengah malam gejala batuk dan rasa gatal itu mendadak kambuh lagi, Anda sudah siap untuk meminumnya.

Atur Posisi Bantal Agak Tinggi


Seperti yang telah di bahas di atas bahwa salah satu penyebab kenapa batuk di malam hari itu jauh lebih parah adalah karena menumpuk nya lendir yang membuat saluran pernafasan menjadi terganggu.

Dengan meninggikan posisi kepala pada saat tidur, tentu hal tersebut akan mengurangi gejala batuk yang disertai pula dengan dahak.

Berhenti Merokok


Nah, inilah susahnya jika sudah terbiasa merokok. Biasanya bagi perokok berat walau sedang batuk masih sulit untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Padahal dengan melakukan kebiasaan merokok pada saat batuk secara terus menerus justru akan semakin parah gejala tersebut, Bukan di malam hari saja pada siang hari pun batuk akan terus muncul.

Jadi coba paksa kan untuk berhenti merokok sampai batuk tersebut reda dan juga sembuh, Kalau sudah sembuh pun baiknya tinggalkan kebiasaan tersebut.

Minum Obat Batuk


Biasanya masyarakat kita umumnya jika mengalami batuk atau penyakit lainnya, Akan langsung membeli obat batuk di warung terdekat.

Jika di malam hari batuk sudah tak terkendali lagi dan bahan-baham alamin pun sudah tak mempan lagi.

Maka baiknya Anda membeli obat batuk, Bisa di apotek atau warung terdekat. Jangan lupa baca aturan pakai sehingga aman dan ampuh meredakan batuk.

Konsultasi Kepada Dokter


Gejala atau penyakit batuk terkadang di anggap sepele bagi kita, Namun jangan salah persepsi karena penyakit batuk ini ada tingkatannya.

Ada batuk ringan dan batuk berat, Nah yang berat ini semisal TBC dan jenis batuk yang berat lainnya harus kita ketahui.

Tentu yang dapat mengetahui secara medis adalah dokter, Maka dari itu sebelum terlambat baiknya segera periksa kan keluhan Anda kepada dokter.

Sehingga nantinya penanganan nya akan tepat dan juga maksimal. Dengan begitu gejala batuk di malam hari atau siang hari pun bisa cepat hilang, sembuh dan juga pulih, Aktivitas pun akan kembali lancar tanpa di hambat oleh batuk.

Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Pada Saat Batuk


Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang membuat gejala batuk semakin aktif di antaranya adalah sebagai berikut.

Minuman dan makanan dingin, Hindari makan banyak saat malam hari, Jangan tidur telentang, Banyak istirahat dan jangan begadang, Hindari gorengan, Minuman berkafein, Susu, keju, dan yoghurt, Makanan manis juga akan membuat tenggorokan menjadi gatal dan batuk pun akan semakin sering.

Nah, itulah beberapa jenis aktivitas, makanan dan juga minuman yang harus di hindari pada saat sedang batuk.

Mungkin itu yang dapat Admin jelaskan di dalam artikel yang berjudul cara menghilangkan batuk gatal di tenggorokan pada saat malam hari.

Semoga apa yang di sampaikan di sini dapat bermanfaat untuk kita semua.