Cara Grooming Kucing Sendiri Di Rumah


Cara belajar grooming kucing sendiri di rumah sebenarnya cukuplah mudah untuk dapat dilakukan, Terlebih jika hewan peliharaan tersebut sudah nurut dan tidak galak serta berontak.

Pastilah akan mempermudah pemiliknya membantu kucing tersebut untuk membersihkan, memandikan, sisir kucing serta merawat penampilan bulunya agar terlihat lebih menawan.


Apa itu grooming? Mungkin sahabat sering mendengar kalimat tersebut, Namun belum paham betul apa maksudnya.

Grooming berasal dari kata well groomed yang memiliki arti terawat dengan baik, penampilan serasi, terjaga atau selalu rapi, bahasa mudahnya adalah berdandan.

Jadi grooming bukan hanya berlaku untuk kucing saja loh, Melainkan manusia pun sering menggunakan kalimat tersebut untuk menunjukan aktivitas merawat penampilan diri supaya tetap rapi, prima, harum dan juga bersih.

Nah, kucing sendiri salah satu hewan yang memiliki kemampuan grooming sendiri. walau tidak begitu maksimal hasil kebersihan nya.

Mereka sering menggunakan lidah dan juga kakinya untuk melakukan grooming, Aktivitas kucing tersebut sering dikenal dengan sebutan self-grooming.

Menurut Catbehaviorassociates.com terdapat beberapa manfaat melakukan grooming untuk kucing diantaranya adalah dapat mendistribusikan minyak alami untuk menjaga kesehatan kulit kucing.

Bukan hanya itu saja, Manfaat dari aktivitas kucing grooming juga dapat mengatasi bulu yang kusut (sudah mati atau rontok) dan menghindari dari serangan parasit, kutu, jamur dan yang paling terpenting adalah kucing akan semakin erat ikatan dengan pemiliknya.

Grooming-Kucing-Mandi-Kutu

Harga untuk jasa grooming kucing sendiri berkisar 50 hingga 250.000 rupiah, Kalau tidak mau repot, Sobat bisa menggunakan jasa grooming kucing, Tapi jika sobat ingin belajar untuk mencobanya sendiri maka bisa melihat panduan nya disini.

Apa saja yang harus dilakukan untuk membantu kucing grooming? Langkahnya adalah Memotong kuku, Tutup area telinganya, Mandikan kucing sambil membersihkan area mata, telinga, Mengeringkan dan terakhir memberikan parfum supaya harum.

Cara Grooming Kucing Sendiri Dirumah


Bisakah anak kucing dimandikan? Baiknya tunggu hingga umurnya delapan minggu, Jika sudah lebih dari umur tersebut kita lanjutkan mengenai langkah-langkah untuk melakukan grooming kepada kucing, Silakan sahabat dapat menyimak nya di bawah ini.

Pertama Silakan Sahabat Siapkan Kelengkapan dan Alat Untuk Grooming Kucing.

  1. Siapkan air hangat atau pun dingin
  2. Shampo (Jangan gunakan shampoo pada umumnya, Namun usahakan khusus untuk kucing)
  3. Kanebo, handuk atau kain yang kering.
  4. Blower khusus untuk hewan atau HairDryer.
  5. Gunting kuku.
  6. Sisir kawat.
  7. Kapas atau cotton bath dan juga Baby oil.

Kita Lanjutkan Ke Tahap Proses Grooming


1. Usahakan lakukan pada saat jam sembilan atau dua siang, Jangan tengah malam nanti kucingnya kedinginan dan waktunya tidur juga kan.

2. Sekarang sahabat dapat mengawali dengan potong kuku kucing (ujungnya saja), bersihkan telinga dari kotoran, dan juga area mata menggunakan kapas atau cotton bath dan baby oil.

Kemudian potong bulu pada ujung ekor agar panjangnya sama rata dan terlihat rapi serta cakep dipandang mata (Tahap ini bisa diawal atau diakhir, Tapi kalau Admin sendiri tahap ini dilakukan sejak awal)

3. Kemudian silakan tutup telinganya menggunakan shower cap (khusus untuk kucing) atau jika tidak punya, Bisa menggunakan kapas saja.

Hal ini dilakukan supaya air yang diberikan kepada kucing tidak banyak yang masuk ke dalam telinga.

4. Selanjutnya sahabat bisa memulai memandikan kucing, Siram mulai dari bagian badannya dulu kemudian terakhir mukanya menggunakan air.

Kucing yang anti terhadap air mungkin akan berontak dan kita sebagai pemiliknya dimohon bersabar, ini ujian.

5. Selanjutnya kasih shampo hingga merata ke seluruh tubuhnya, Jangan lupa juga pijat-pijat secara lembut dan tidak perlu keras-keras.

Pijat ke bagian tubuhnya sehingga kutu-kutu yang bersarang merasa terusik dan nanti bisa terbawa oleh air.

Lihat Juga: Cara Menghilangkan Kutu Kucing

6. Jika tahap diatas sudah selesai dan lancar tanpa kendala sama sekali, Kemudian sahabat dapat langsung membilas nya sampai benar-benar bersih dan muka si kucing berubah jadi lebih ganteng (untuk kucing jantan) dan cantik (bagi kucing betina)

7. Bagi pemula pasti akan merasa kaget karena dalam proses memandikan kucing, Kita akan melihat kucing menjadi lemas dan bahkan terlihat goyah dan seakan ia mau pingsan.

Jangan khawatir hal tersebut memang sudah biasa terjadi, Apalagi terhadap kucing yang tidak suka dimandikan.

8. Sekarang Sobat bisa mengeringkan bulu kucing menggunakan kanebo atau handuk yang kering.

Jika ingin proses pengeringan nya jauh lebih cepat, Sobat bisa menggunakan bantuan hairdryer secara merata.

9. Jika bulu kucing sudah mulai mengering, Bisa kasih ia ultimate detangling spray agar supaya bulunya terlihat bening dan licin.

Kalau tidak punya maka lewatkan dan silakan lanjutkan pengeringan terhadap bulu kucing sambil menyisir bulunya menggunakan sisir kawat.

10. Terakhir silakan cek lagi kebersihan telinga, kuku, mata, dan gigi, Jika masih ada yang kurang bersih, Sahabat bisa langsung memaksimalkan nya.

Jangan lupa juga untuk merapihkan lagi bulunya dan kasih parfum biar harum.

Kemudian silakan bermain dengan kucing kesayangan dan kasih hadiah berupa makanan, Supaya kalau dimandikan lagi di lain hari si kucing tidak suka berontak.

Memandikan kucing memang menjadi pengalaman tersendiri dan hitung-hitung untuk melatih kesabaran bagi pemiliknya.

Serta belajar grooming atau membersihkan tubuh si kucing itu sebenarnya tidak lah terlalu sulit untuk dapat dilakukan.

Asal ada niat dan kemauan, Pasti apapun bisa dilakukan.