Cara Memandikan Kucing Yang Benar Supaya Tidak Sakit


Bagaimana cara memandikan kucing? Sebenarnya cukup mudah, namun mungkin diantara sahabat ada yang belum tahu mengenai bagaimana tata cara memandikan kucing yang benar dan aman agar tidak sakit, baik itu memandikan anak kucing (umur lebih dari tiga bulan), memandikan kucing yang galak mau pun yang lainnya.

Setiap kucing memiliki karakternya masing-masing ada yang penurut jika ia sedang dimandikan dan ada pula yang sangat takut dengan air, serta kerap kali berontak dan ingin kabur ketika ia mulai terkena air.


Ada yang lebih repot lagi yaitu pada saat kita memandikan kucing galak, Nah itu perlu kesabaran tersendiri bagi pemiliknya.

Aktivitas mandi itu perlu untuk dilakukan loh, baik itu untuk manusia maupun kucing itu sendiri, hal tersebut tentu untuk menunjang penampilan, kebersihan dan juga terhindar dari kuman maupun jamur, Selain kebersihan yang di dapat, Bulu kucing pun juga akan semakin terawat, sehat dan semakin terlihat cantik dan ganteng.

Memandikan kucing berapa hari sekali? Bisa 1 atau 2 kali dalam satu minggu atau sesuai kebutuhan yang ada, contohnya ketika tubuh dan bulu kucing sudah terlihat kotor, kucel dan kumel karena terkena lumpur atau yang lainnya bisa deh langsung di mandikan.

Kucing sejatinya adalah hewan yang suka kebersihan, dilihat dari tingkah lakunya yang suka menjilati tubuhnya sendiri ketika ia tahu bahwa bulunya dalam keadaan kotor atau terdapat gangguan kutu, jamur dan lain sebagainya.

Lihat Juga: Cara Grooming Kucing Sendiri Di Rumah


cara kucing mandi - shampoo khusus - memandikan kucing

Cara Memandikan Kucing Yang Benar Supaya Tidak Sakit


Adapun mengenai langkah-langkah memandikan kucing supaya tidak sakit adalah sebagai berikut, Silakan sahabat dapat menyimaknya dibawah ini.

Sebelum memandikan kucing tentu kita harus mempersiapkan beberapa penunjang yaitu berupa alat, air, wadah dan lain sebagainya, Berikut ini adalah beberapa alat yang bisa sahabat siapkan.

1. Wadah atau ember yang telah di isi air hangat atau biasa pun tak apa.

2. Usahakan gunakan shampo khusus kucing, Bukan yang biasa di gunakan oleh manusia.

3. Sisir kawat khusus untuk hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kelinci dan lain sebagainya, Sisir biasa pun tak apa.

4. Bedak khusus kucing.

5. Handuk halus dan kering atau kanebo

6. Apakah bisa memandikan kucing tanpa hairdryer? Tentu saja bisa.

Sahabat bisa menjemur nya di bawah sinar matahari.

Namun jika ingin prosesnya jauh lebih cepat dan maksimal, maka gunakan Blower atau Hair dryer.

7. Korek kuping atau cottonbuds.

8. Baby oil.

9. Shower cap atau penutup kepala, Ada yang khusus untuk kucing.

10. Parfum khusus kucing.

Berikut Adalah Langkah Untuk Memandikan Kucing


Pertama yang harus dipersiapkan oleh kita adalah Mental, Jika kucing berontak maka sabar dan tetap rayu ia sehingga mau di mandikan dan bersihkan, Jangan di pukul ya.

1. Potong kuku


Silakan potong kuku kucing terlebih dahulu, Jika ia mulai berontak maka kulit kita tidak akan terluka karena terkena cakar 
nya yang panjang tersebut.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa jangan terlalu dalam memotong kuku kucing, cukup bagian depannya saja yang runcing.

2. Penutup Kepala


Pasang kan shower cap sampai bagian telinganya tertutup, Tidak memakai penutup pun tak masalah.

Namun tetap harus berhati-hati jangan sampai telinga kucing kemasukan air, Kalau banyak yang masuk ke telinga dijamin kucing akan semakin berontak dan tak terkendali.

3. Siram Seluruh Badan Kucing


Basuh tubuh kucing dengan air hangat tersebut secara merata sampai area kulitnya pun terkena air.

4.Menuangkan Sampoo


Tuangkan shampoo (Khusus Kucing) ke tangan lalu kemudian pijat-pijat tubuh si kucing.

Jika perlu sahabat sikat bulu-bulu si kucing, Agar bulu yang sudah tua dan rapuh tersebut bisa rontok dan terbawa oleh air pada saat pembilasan.

5. Membilas


Jika dirasa cukup sahabat bisa langsung membilas nya menggunakan air, Pastikan sisa busa shampoo yang telah di berikan kepada kucing tersebut tidak tersisa.

6. Segera Keringkan


Mulai keringkan tubuh si kucing yang basah tersebut menggunakan hairdryer sambil di sisir.

Jangan gunakan hairdryer di satu titik tapi menyeluruh, Jika tidak punya alat tersebut Sobat bisa menjemur nya di bawah cahaya sinar matahari.

7. Bersihkan Area Telinga


Jika proses di atas sudah selesai dan tidak menemukan kendala yang berarti, Maka selanjutnya adalah membersihkan telinga kucing menggunakan Cottonbuds yang telah di olesi dengan Baby oil atau jenis minyak lainnya.

Jangan minyak tanah atau bensin ya sob nanti baunya malah kurang enak dan sulit hilang.

8. Kasih Pewangi


Terakhir, Jika semua sudah selesai dan bulu si kucing sudah benar-benar kering, bersih dan kinclong.

Maka sobat bisa deh gunakan parfum ke tubuh si kucing agar harum dan kita sebagai pemiliknya pun senang jika bermain dengan kucing kesayangan.

Catatan:


Pastikan memandikan kucing pada waktu yang tepat, Contohnya kucing tidak sedang mengalami sakit dan jangan mandikan kucing pada waktu malam hari, Apalagi jika tidak punya alat hairdryer, Pasti bulunya akan lama kering dan juga ia akan merasa kedinginan.

Jika sobat melihat tubuh si kucing sudah sangat kotor dan juga di penuhi kutu, Maka bisa langsung memandikannya detik itu juga dan jangan di tunda-tunda lagi.

Agar supaya kesehatan kulitnya dapat terjaga dan tentu dengan kita rutin membersihkan tubuh si kucing.

Maka ia akan terhindar dari penyakit kulit yang mungkin sering terjadi karena adanya bakteri atau pun jamur.