Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Agar Tidak Mati

Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Agar Tidak Mati

Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir Agar Tidak Mati

Poin Penting

Secara umum induk kucing akan setia merawat dan melindungi anaknya (kitten) sampai ia tumbuh dewasa. Namun ada beberapa kasus induk kucing setelah melahirkan ia malah jadi malas-malasan untuk merawat dan menyusui anaknya sendiri. Bahkan ada juga yang meninggalkannya baik itu pergi dari rumah (kabur) atau pun meninggal dunia.

Bagi induk kucing yang mati tentu kita sebagai pemiliknya akan sedikit di repot kan karena harus merawat anak kucing yang baru lahir tanpa induk tersebut.

Ada beberapa penyebab kenapa kucing yang masih sangat kecil atau baru lahir bisa mati atau meninggal dunia. Diantaranya adalah karena induknya enggan merawat, pemiliknya cuek, mendapat serangan dari kucing liar, induk kucing memakan anaknya dengan alasan tertentu, akibat penyakit dan lain sebagainya.

Adapun cara merawat anak kucing yang baik adalah sebagai berikut, silakan sahabat dapat menyimak nya dibawah ini.


1. Selalu Mendekatkan Induk Dengan Anaknya


Cobalah Anda awasi induk tersebut supaya tidak berkeliaran ke luar rumah, Pastikan bahwa induk kucing tersebut merawat anaknya secara intens dan mau membersihkan sisa-sia plasenta atau ari-ari anaknya.

Plasenta yang masih menempel pada anak kucing dalam jangka waktu yang cukup lama, biasanya akan mempermudah si anak kucing terkena penyakit.


2. Potong Sisa Plasenta yang Masih Menempel


Induk kucing terkadang tidak terlalu begitu telaten untuk merawat anaknya, Jadi coba Anda bantu membersihkan sisa ari-ari (plasenta) yang masih menempel pada anak kucing tersebut.

Bukan hanya anaknya saja yang rentan akan serangan penyakit, Induknya pun akan terkesan menjauhi, jika anak kucing yang masih kecil tersebut masih terdapat plasenta nya.

Jadi silakan Anda bisa bantu induk kucing tersebut agar anaknya lepas dan bersih dari sisa plasenta, tapi jangan di pegang anaknya ya.


3. Tempatkan Ditempat yang Hangat


Jika tubuhnya sudah bersih dan steril, Maka selanjutnya adalah menyiapkan tempat baru yang bersih dan cukup hangat.

Tambahkan handuk atau kain yang sudah tidak terpakai tapi bersih untuk digunakan sebagai alas dan penghangat bagi si anak kucing.


4. Selalu Perhatikan Kebersihan Kucing


Baik induk atau anaknya harus diperhatikan kebersihan nya, Induk yang kotor dan memiliki kutu yang banyak, tentu akan dapat menular ke anaknya.

Jadi untuk mencegah anaknya terkena serangan kutu, Maka Anda harus memerhatikan kebersihan induknya.


5. Rutin Membersihkan Tempat Atau Kandangnya


Setelah kucing nya diperhatikan, Maka selanjutnya adalah perhatikan kebersihan tempat atau kandangnya.

Silahkan bersihkan menggunakan desinfektan pembasmi bakteri dan virus agar anak kucing terhindar dari jamur dan lain sebagainya.


6. Umur Satu Bulan Lebih Kucing Mulai Bergerak


Jika sudah mulai memasuki umur 1 atau 2 bulan, Anda bisa melatih nya untuk dapat bergerak, Agar supaya syaraf otot-otot nya berfungsi dengan baik.

Gunakan saja alat-alat yang sederhana seperti bola kecil atau suara plastik agar pendengaran nya semakin peka.

Lihat Juga: Cara Merawat Anak Kucing Umur 1 Bulan Supaya Sehat


7. Berikan Kucing Susu


Jika induknya mulai malas dan malah sering keluar rumah bertemu dengan kucing jantan, Maka bisa Anda bantu memberikan susu tambahan.

Bisa berikan ia susu formula khusus untuk kucing yang bisa sahabat beli di petshop terdekat, Jangan berikan ia susu sapi atau susu yang mengandung laktosa yang cukup tinggi.

Karena jika sampai anak kucing tersebut meminumnya, biasanya akan terjadi muntah-muntah akibat kesulitan mencerna jenis susu tersebut.


8. Mulai Berikan Kucing Makan


Coba Anda berikan ia makan, Bisa berupa ikan, daging ayam atau daging domba, Namun usahakan untuk menghaluskan nya terlebih dahulu, Jangan berikan ia secara bulat-bulat.

Halus kan terlebih dahulu, Kemudian bisa berikan pada anak kucing. Anda juga bisa memberikan ia minyak ikan, madu alami agar sistem daya imun tubuhnya jauh lebih kuat.

Mungkin dicukupkan sekian pembahasan kali ini mengenai cara merawat anak kucing yang baru lahir agar tidak mudah sakit dan mati, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama