Cara Agar Bulu Kucing Tidak Rontok

Cara Agar Bulu Kucing Tidak Rontok

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok

Poin Penting

Tentu kita akan senang jika melihat kucing peliharaan memiliki bulu yang lebat, sehat, cantik dan juga bersih. Tapi untuk melebatkan bulu kucing tidak mudah loh, harus dengan treatment khusus dan juga kesabaran.

Kucing adalah salah satu jenis binatang peliharaan yang cukup banyak peminatnya di Indonesia bahkan dunia. Daya tarik yang dimiliki oleh kucing membuat orang menjadi senang salah satunya terdapat pada bulunya.

Bahkan tak jarang pula terdapat beberapa ajang perlombaan yang mempertandingkan keindahan bulu kucing itu sendiri.

Maka tidak heran kalau banyak pencinta kucing yang rela mengeluarkan uangnya untuk perawatan bulu kucing agar selalu terlihat keren dan tampil beda.

Terkadang ada juga diantara kita yang mungkin sering lupa atau jarang memperhatikan keadaan bulu kucing nya dirumah.

Nah, dengan kelalaian itulah yang akan membuat bulu kucing menjadi rontok dan tentu hal tersebut kurang baik untuk si kucing.


Adapun mengenai cara mengatasi bulu kucing rontok adalah sebagai berikut.

1. Memberikan Makanan Kucing yang Bagus dan Terbaik


Makanan juga berpengaruh besar pada kesehatan bulu kucing itu sendiri, jadi untuk sahabat yang ingin melihat kucing nya sehat serta bulunya cantik, maka jangan abaikan yang namanya jenis makanan yang bergizi dan juga menyehatkan.

Jangan berikan kucing ikan asin karena nanti bulu kucing tersebut akan menjadi cepat rontok.

Itu pernah dialami oleh kucing admin sendiri yang rontok bulunya karena ia telah berhasil mencuri ikan dengan lahap nya memakan. bukan hanya sekali saja tapi beberapa kali.

Tapi sekarang admin lebih berhati-hati lagi untuk menyimpan ikan asin, Takutnya di comot lagi dan berkurang deh jatah ikan asin untuk admin, Hehehe...

2. Jangan Membuat Kucing Stress


Bukan hanya manusia saja yang bisa rontok atau mengalami kebotakan akibat stress.

Kucing pun akan seperti itu juga jika mengalami stress, Jadi ajaklah kucing untuk bermain-main dan jangan membuat kucing merasa ketakutan.

Nanti kucing tersebut menjadi tertekan dan tidak nyaman, tentu dampaknya akan membuat bulu kucing itu mudah rontok.

3. Rajin Menyisir Bulu Kucing


Sering-sering lah menyisir bulu kucing menggunakan alat sisir khusus, manfaatnya nanti akan membuat bulu kucing terlihat indah dipandang.

Bukan hanya itu saja manfaatnya, Nanti kutu pada kucing pun akan berkurang dan dapat mengurangi adanya kutu atau tungau yang sering mengganggu kucing tersebut.

4. Berikan Vitamin Bulu Kucing


Kucing juga memerlukan vitamin yang cukup, Sehingga berguna untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Namun perlu di perhatikan juga bahwa jangan terlalu berlebihan memberikan kucing dengan vitamin.

Hal tersebut bukanya sehat malah akan sebaliknya, Berikan kucing vitamin secukupnya saja.

5. Menggunakan Obat Khusus Untuk Bulu Kucing


Sahabat dapat mencoba menggunakan beberapa jenis obat khusus untuk bulu kucing.

Namun tetap harus diperhatikan mengenai jenis obat apakah yang cocok untuk kucing peliharaan.

Karena jika obatnya tidak cocok, maka bisa saja kucing akan mengalami alergi bahkan akan menambah masalah rontok pada bulu kucing itu sendiri.

Sebelum menggunakannya kepada bulu kucing, sebaiknya kita harus selektif terlebih dahulu untuk memilih produk obat khusus bulu kucing mana yang aman dan dapat digunakan.

Atau sahabat juga dapat meminta bantuan jasa perawatan bulu kucing, Sehingga nanti akan mendapatkan informasi serta treatment khusus bagi hewan peliharaan sahabat dirumah.


Penyebab Bulu Kucing Rontok


  1. Kucing kekurangan gizi.
  2. Terlalu banyak mengkonsumsi vitamin.
  3. Salah memandikan kucing.
  4. Karena Alergi.
  5. Terkena jamur.
  6. Sedang mengalami stress.
  7. Bulu kucing rontok karena sudah waktunya rontok dan akan digantikan dengan bulu kucing yang baru.

Apakah bulu kucing berbahaya?


Nah, mungkin ada dari kalian yang mempertanyakan persoalan tersebut dan Admin akan jawab secara singkat mengenai hal tersebut.

Bulu kucing yang rontok dan kebetulan tertelan oleh manusia tentu ada dampak kesehatan atau tidak mengalami efek apa pun.

Namun hal tersebut kita kembalikan lagi ke kucing nya itu sendiri. Jika kucing yang kalian pelihara itu kotor atau tidak terawat bulunya tentu akan membawa penyakit jika tertelan oleh manusia.

Maka dari itu perawatan bulu kucing itu sangat penting dan diperlukan, Apalagi jika kalian suka bermain-main dengan kucing atau sampai menciumnya.


Itulah pembahasan singkat mengenai Cara agar bulu kucing tidak rontok, Semoga dapat bermanfaat untuk sahabat pecinta kucing dimana pun berada.
Lebih baru Lebih lama