Cara Merawat Kucing Kampung Agar Bulunya Lebat

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Bulunya Lebat

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Bulunya Lebat dan Gemuk


Daftar Isi

Mungkin Anda menginginkan Kucing kampung yang bulunya lebat seperti kucing anggora, persia atau jenis ras lainnya. Namun hal tersebut pastilah tidak mudah untuk dapat dilakukan. Karena kucing terdapat beberapa ras yang berbeda-beda serta memiliki ciri khasnya masing-masing.

Untuk di Indonesia sendiri yang paling banyak dan mendominasi adalah jenis domestik atau sering dikenal dengan sebutan kucing kampungTapi menurut admin, kucing kampung memiliki keunggulan nya tersendiri.

Diantara keunggulan nya adalah ia lebih lincah, gesit dan jenis makanan kucing kampung tidak lah aneh-aneh serta lebih penurut dan lain sebagainya.

Dibalik keunggulan nya terdapat beberapa kekurangannya tersendiri dan salah satunya adalah bulunya yang pendek dan tidak terlalu lebat seperti kucing angora.

Lantas bagaimana cara melebatkan bulu kucing? Untuk mengusahakan nya Anda bisa mengikuti beberapa panduan dibawah ini.

Namun perlu diketahui bahwa cara ini Admin tidak menjamin 100% dapat berhasil atau tepatnya maksimal. Tapi jika Anda mau mencobanya ya silahkan saja.

Adapun mengenai caranya adalah sebagai berikut, Sahabat bisa menyimak nya dibawah ini.

1. Makanan Kucing yang Bagus Untuk Bulu Rontok


Perlu diketahui bahwa kucing itu sebenarnya sangat membutuhkan makanan yang mengandung nutrisi, protein, lemak dan lain sebagainya daripada kandungan karbohidrat itu sendiri seperti nasi dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana cara menumbuhkan bulu kucing yang botak atau susah tumbuh, Tentu kita harus memberikan ia jenis makanan yang mengandung cukup protein dan juga nutrisi.

Makanan yang mengandung protein akan berguna untuk membentuk jaringan tubuh pada kucing dan juga akan merawat kesehatan bulu si kucing.

Kandungan cukup lemak seperti asam omega tiga dan enam juga akan sangat membantu menyehatkan bulu kucing.

Apakah ikan asin salah satu penyebab bulu kucing rontok? Jawabannya adalah iya, Hal tersebut pernah dialami oleh kucing admin sendiri dan memang benar bulunya cepat sekali mengalami kerontokan.

Jadi cukup berikan ia jenis makanan yang mengandung gizi, protein, nutrisi. Anda bisa mendapatkannya dari ikan, daging ayam atau produk makanan khusus kucing yang kandungannya telah sesuai dengan takaran dan baik jika dikonsumsi oleh kucing peliharaan.

Adapun mengenai jenis minumannya, Anda bisa memberikannya air putih (bening) yang sudah matang atau pun susu. Namun jangan susu sapi karena umumnya kucing akan kesulitan untuk mencerna, Anda bisa membeli susu khusus kucing atau susu dengan kandungan laktosa yang minim atau rendah.

2. Berikan Kucing Kampung Kuning Telur Ayam Kampung


Apa saja sih manfaat kuning telur untuk kucing? Ternyata ada beberapa manfaatnya loh salah satu contoh khasiat nya adalah dapat membuat bulu kucing semakin indah. 

Coba Anda berikan kuning telur ayam kampung kepada kucing peliharaannya dirumah, Cukup kuning telur nya saja dan yang putihnya jangan di ikut sertakan. Karena biasanya ia akan muntah setelah memakan putih telur.

Berikan ia maksimal tiga kali dalam seminggu, Jangan terlalu berlebihan nanti ia akan obesitas atau terlalu gemuk dan tentu hal tersebut akan mengganggu kesehatannya tubuhnya.

Kuning telur ini dapat membuat si kucing agar lebih bugar dan bulunya akan semakin lembut dan halus serta dapat mencegahnya dari kerontokan.

3. Minyak Ikan


Manfaat minyak ikan untuk kucing juga cukup banyak karena mengandung nutrisi yang cukup baik bagi si kucing. Kandungan asam lemak omega tiga ini sangat membantu menyehatkan kulit dan juga bulu si kucing agar semakin lebat serta mencegah bulunya dari kerontokan.

4. Vitamin E


Vitamin E dipercaya dapat melembabkan kulit dan terhindar dari efek samping sinar ultraviolet yang di mana dapat menyebabkan kulit dan bulunya bisa menjadi kering. Anda bisa mendapatkan atau tepatnya membeli vitamin E di apotek atau di petshop terdekat.

5. Mandikan Kucing Secara Teratur


Usahakan kucing kampung dimandikan satu atau dua minggu sekali, Bersihkan kotoran seperti debu, pasir dan lain sebagainya yang menempel pada kulit atau bulu kucing.

Kerontokan bulu pada kucing sering diakibatkan karena kutu, bakteri, dan juga jamur, Jika dibiarkan begitu saja, Tentu akan merusak bulunya.

Anda juga bisa menggunakan shampoo khusus kucing yang dapat merangsang pertumbuhan rambut atau bulu pada saat ia dimandikan.

6. Menyisir Bulunya


Setelah dimandikan dan tubuhnya sudah kering, bersih dan wangi, Maka selanjutnya Anda menyisir bulunya.

Memang benar kucing kampung memiliki bulu yang tidak terlalu panjang, Namun dengan sering menyisir bulunya. Maka hal tersebut akan membantu merawat kesehatan bulunya dan berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

  1. Merontokkan atau menghilangkan bulu yang sudah mati (Membuat regenerasi bulunya lebih cepat).
  2. Terhindar dari gangguan kutu, Serta bulunya akan nampak terlihat rapi dan halus.
  3. Kucing memiliki minyak alami yang diproduksi melalui organ tubuhnya sendiri, Dengan menyisir bulu kucing maka itu akan membatu untuk menyebarkannya.

7. Ajak Bermain Supaya Kucing Tidak Mudah Stress


Kucing juga bisa stress juga loh, Apalagi jika sering dipukul atau di bentak, tentu kondisi jiwanya akan mudah terganggu.

Dampak yang sering terjadi jika ia sedang stress dan biasanya akan mempermudah bulunya menjadi rontok dan bahkan akan terus menerus, Sampai keadaannya kembali normal dan membaik.

Nah, itulah beberapa cara bagaimana membuat bulu kucing kampung menjadi lebat, gemuk dan juga sehat.

Perlu di perhatian juga bahwa kucing kampung (domestik), tetaplah menjadi kucing kampung dan tidak mudah menjadikan jenis kucing tersebut untuk berubah bentuk menjadi kucing ras anggora atau persia yang di mana mereka sejak lahir memang sudah memiliki bulu yang lebat.

Jadi jika cara ini kurang begitu maksimal, tentu Anda tetap harus merawatnya dengan baik dan ikhlas tentunya.

Menurut admin tidaklah terlalu penting apakah bulunya lebat atau pun tidak dan yang paling diutamakan tentu kebersihan, sehat dan bisa nurut sama pemiliknya. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama