Cara Merawat Anak Kucing Umur 1 Bulan Supaya Sehat


Selasa, 07 Januari 2020

Cara Merawat Anak Kucing Umur 1 Bulan Supaya Sehat

Bagaimana cara merawat anak kucing umur 1 (satu) atau 2 (dua) bulan supaya tetap sehat dan juga gemuk ? Caranya cukuplah mudah untuk dapat dilakukan dan apalagi jika induknya masih ada serta sangat rajin merawat anaknya.

Berbeda cerita jika kita merawat anak kucing yang baru lahir tanpa induk, tentu perawatan nya akan sangat khusus dan agak sedikit merepotkan bagi kita seorang pemiliknya.

Merawat anak kucing sejak kecil sekitar umur satu atau dua bulan baik itu jenis persia, anggora dan kampung (domestik) Ternyata cukup penting untuk dilakukan oleh pemiliknya.

Alasannya karena jika kita merawatnya sejak dini, Maka jika ia tumbuh dewasa, nantinya akan menjadi kucing yang lebih penurut dan tentunya tubuhnya akan jauh lebih sehat.

Secara alami induk kucing akan merawat anaknya, Namun kadang kala ada saja induk kucing yang malas-malasan untuk merawat anaknya sendiri.

Jadi kebersihan dan asupan makanan dan minumannya akan berkurang dan hal tersebut tentu kurang lah begitu maksimal. Jadi kita sebagai pemiliknya harus ikut serta untuk merawatnya.

Cara Merawat Anak Kucing Umur 1 Bulan Supaya Sehat dan Gemuk


Adapun cara merawat anak kucing umur satu bulan adalah sebagai berikut, Silakan sahabat dapat menyimak nya dibawah ini.

1. Menjaga Induknya

Jika induknya enggan merawat anaknya, Maka sobat bisa sedikit memaksanya untuk dapat mengasuh anaknya.

Caranya adalah jangan beri ia kesempatan untuk sering keluar rumah, apalagi bertemu dengan kucing jantan.

Berikan ia makanan yang cukup agar tidak mencarinya diluar dan lain sebagainya.

Umumnya anak kucing berumur satu atau dua bulan masih sangat membutuhkan asupan air susu dari induknya, Jadi jaga selalu kesehatan induknya.

Jika induknya sakit, maka biasanya anaknya pun akan ikut mengalaminya dan hal tersebut pernah dialami oleh kucing admin yang di mana induk dan anaknya sama-sama sakit.

2. Perhatikan Makanannya dan Minumannya

Secara umum anak kucing yang sudah berumur 1 bulan biasanya sudah mulai bisa makan.

Jadi silakan sobat coba berikan ia makan. Jenis makanan dan minuman yang bisa sahabat berikan adalah sebagai berikut.

Susu Formula Khusus Kucing

Sobat bisa memberikan ia susu formula, Namun se bisa mungkin pilih yang khusus untuk kucing dan jangan berikan ia susu sapi yang di mana kandungan laktosa nya cukuplah tinggi.

Jika diberikan pada kucing, biasanya ia akan muntah-mutah dan hal tersebut disebabkan karena tubuhnya sulit untuk mencerna kandungan laktosa yang ada pada susu sapi tersebut.

Berikan ia jenis susu yang kandungan laktosanya sangat minim, Sobat bisa membeli jenis susu khusus kucing dipetshop terdekat.

Air Putih

Berikan juga ia air putih (bening) yang bersih dan sudah matang, Agar tubuhnya mulai terbiasa dengan air putih.

Sobat juga bisa menyimpannya pada wadah kecil dan biasanya si anak kucing (kitten) akan bermain-main dengan benda-benda yang ada disekitar nya.

Makanan

Kucing umur satu bulan belumlah lancar untuk memakan makanan yang berat atau keras, Jadi lebih baik sobat berikan ia makanan yang agak lunak atau halus.

Jika sobat hendak memberikannya ikan atau daging ayam, maka sebaiknya dihaluskan terlebih dahulu, Kemudian masukan kedalam suntikan tanpa jarum dan berikan pada kucing secara perlahan-lahan.

Usahakan jenis makanan yang mengandung nutrisi, gizi, vitamin dan lain sebagainya. Sobat bisa memberikan ia daging ayam, ikan, daging domba, minyak ikan, madu alami agar supaya kesehatan tubuhnya tetap terjaga.

Lihat Juga: Cara Membuat Makanan Kucing Kampung Agar Gemuk dan Sehat

3. Menjaga Kebersihan Tempat Atau Kandangnya

Anak kucing yang masih kecil, Biasanya akan mudah sekali terkena virus, bakteri dan juga jamur, Maka untuk mencegahnya sobat bisa rutin untuk membersihkan sarangnya dan jangan lupa juga untuk mengganti alasnya.

Dan usahakan kandangnya jangan terlalu kecil, sempit apalagi lembab, Kucing umur satu atau dua bulan, Biasanya suka sekali bergerak ke sana ke sini, Jadi berikan ia ruang gerak yang cukup agar mempermudah nya untuk bermain serta melatih syaraf otot-otot nya.

4. Melatih Kucing

Untuk membuat kucing peliharaan penurut dan terbiasa, Maka waktu yang pas untuk melatih nya adalah pada saat ia masih kecil.

Jadi manfaatkan waktu tersebut untuk melatih anak kucing, Bagi seorang pemilik kucing tentu ingin memiliki kucing yang menurut dan tidak sembarangan membuang airnya.

Maka dari itu sobat bisa menyiapkan wadah (Litter Tray) dan juga pasir nya, Jangan lupa juga berikan alas pada bagian bawah wadah nya.

O, ya pasir yang digunakan bukan pasir yang biasa ada di depan halaman rumah atau jenis pasir kebun dibelakang, Namun pasir khusus yang bisa sobat beli dipetsohop terdekat.

5. Berikan Kasih Sayang

Jangan sungkan untuk membawanya ke halaman yang lebih luas, seperti ruang tamu dan lain sebagainya.

Bermain lah dengan anak kucing tersebut, Dengan cara menyentuh dan mengelus-elus tubuh si anak kucing, Hal tersebut tentu akan membuatnya lebih nyaman dan nantinya akan mudah mengenai siapa pemiliknya.

6. Berikan Vaksin

Anak kucing rentan sekali terkena penyakit, Maka dari itu sahabat bisa memberikan ia vaksin atau obat, Seperti obat cacing dan lain sebagainya.

Lihat Juga: Cara Merawat Anak Kucing Yang Baru Lahir Tanpa Induk

Untuk menghindari kesalahan dalam memberikan obat, Maka ada baiknya sobat membawanya ke dokter hewan terdekat, Agar supaya mendapatkan perawatan yang khusus, tepat dan sesuai.

Mungkin hanya itu saja pembahasan singkat mengenai cara merawat anak kucing umur 1 bulan agar supaya sehat. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.