Cara Menghilangkan Suara Serak Di Tenggorokan


Admin baru-baru ini telah merilis sebuah artikel mengenai cara menghilangkan batuk gatal tenggorokan di malam hari silakan kunjungi link tersebut untuk melihat info menarik di dalamnya.

Bagaimana cara menghilangkan suara serak di tenggorokan? Caranya cukup mudah, Jadi pastikan Anda menyimak pembahasan ini sampai akhir ya.

Munculnya gejala suara serak biasanya disertai dengan batuk dan hal tersebut bisa di alami oleh siapa saja orang dewasa mau pun anak-anak.

Penyebab suara serak pun beragam bisa karena batuk kering, flue, sakit tenggorokan, alergi, kurang minum, suka minum air dingin, sering makan gorengan dan kurangnya waktu istirahat pun cukup mempengaruhi munculnya suara serak.

Lalu bagaimana cara menghilangkan suara serak secara alami? Jika Anda kini sedang mengalami suara serak dan tenggorokan sakit, maka coba gunakan bahan-bahan alami yang akan Admin jelaskan di bawah ini.

Menghilangkan Suara Serak Di Tenggorokan


Adapun mengenai beberapa tips untuk mengatasi suara serak adalah sebagai berikut.

1. Mengkonsumsi Madu

Walau rasanya manis, namun madu berbeda dengan gula. Madu memiliki  kandungan antioksidan yang dimana sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mencegah masuknya radikal bebas yang mungkin dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan juga suara serak, Jadi untuk mencegah atau menyembuhkan suara serak Anda bisa mengkonsumsi madu.

Konsumsi madu alami sebanyak 1 sendok makan, Lakukan hal ini 3 kali dalam sehari atau bisa juga Anda campur kan dengan air hangat.

2. Minum Perasan Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan asam sitrat yang cukup banyak. Maka tak heran jika buah ini memiliki rasa yang sangat asam.

Untuk mengatasi suara serak menggunakan perasan air jeruk nipis, Cukuplah mudah.

Silakan Anda siapkan beberapa buah jeruk nipis, Kemudian peras buahnya sehingga mendapatkan air perasan sebanyak 1 sampai 2 sendok makan.

Kemudian tuangkan kedalam air hangat dan jangan lupa juga tambahkan 1 sendok madu alami supaya hasilnya lebih maksimal.

Kalau sudah siap Anda bisa langsung meminumnya.

3. Minum Air Jahe

Tahukah sahabat? jahe sejak dulu sudah menjadi salah satu tanaman, rempah atau herbal yang di gunakan untuk mengatasi masuk angin, meringankan sakit tenggorokan dan juga mengatasi suara yang serak.

Jahe sendiri mengandung senyawa keton (zingeron) Kandungan tersebut yang membuat tanaman rempah ini memiliki rasa yang cukup pedas dan juga dapat menghangatkan tubuh jika kita mengkonsumsi nya.

Nah, untuk mengatasi suara yang serak, meringankan masuk angin atau tenggorokan sakit, Anda bisa mengolah jahe ini menjadi obat tradisional. Caranya cukup mudah, Silakan ikuti beberapa langkah-langkahnya di bawah ini.

Siapkan 1 atau 2 jahe (Jangan lupa  cuci terlebih dahulu), Kemudian parut atau tumbuk, Jika sudah silakan tuangkan 2 gelas air pada panci kecil (jangan terlalu besar apinya)

Lalu masukan atau rebus jahe tersebut, Tunggu sampai mendidih hingga air jahe tersebut tersisa menjadi kira-kira 1 gelas.

Tahap akhir silakan saring air jahe yang telah di rebus tersebut kemudian masukan kedalan gelas dan bisa juga Anda campur kan dengan madu alami.

Minum dalam keadaan hangat, Untuk mendapatkan hasil yang maksimal coba lakukan cara ini 3 kali dalam sehari sampai suara menjadi pulih kembali.

4. Mengkonsumsi Kencur

Kencur adalah salah satu tanaman rempah yang juga memiliki efek menghangatkan sama seperti jahe.

Bukan hanya digunakan untuk bumbu dapur dan masakan saja, Kencur juga bisa digunakan sebagai obat alami.

Hal tersebut karena kencur mengandung alkaloid dan minyak atsiri yang kerap kali di manfaatkan untuk obat tradisional dan sama halnya dengan jahe, kencur juga memiliki sifat menghangatkan.

Nah, untuk mengatasi suara serak menggunakan kencur silakan Anda siapkan 1 atau 2 ruas jari kencur lalu kemudian parut atau tumbuk terlebih dahulu kencur tersebut.

Jika sudah silakan rebus kencur nya di dalam 2 gelas air (apinya jangan terlalu besar) bisa juga Anda tambahkan dengan garam secukupnya saja.

Tunggu beberapa saat sampai airnya mendidih dan tersisa kira-kira 1 gelas, Jika sudah silakan angkat dan saring air kencur tersebut kedalam gelas.

Jika ada madu di rumah bisa juga Anda menambahkan nya , ika tidak ada langsung saja meminum air rebusan kencur tersebut dalam keadaan hangat, Lakukan 1 sampai 2 kali sehari.

5. Mengkonsumsi Kunyit

Kunyit biasa digunakan untuk bumbu dapur dan olahan masakan, Bukan hanya itu saja kunyit juga dapat di manfaatkan sebagai obat tradisional, jamu dan lain sebagainya.

Tanaman rempah ini memiliki kandungan minyak atsiri dan juga kurkumin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk mengatasi suara yang serak karena batuk, tenggorokan kering dan sebab lainnya.

Cara mengolahnya mudah saja, Silakan Anda rebus 1 sampai 2 ruas jari kunyit dan jangan lupa di parut atau di tumbuk dulu kemudian masukan pada panci kecil yang telah terisi 2 gelas air.

Kemudian silakan nyala kan kompor dengan api yang tidak terlalu besar ( Sedang-sedang saja) Bisa menambahkan sedikit garam kedalam rebusan air kunyit, tunggu beberapa saat hingga mendidih dan sisa air menjadi kira-kira 1 gelas.

Jika telah berkurang volume air rebusan nya menjadi 1 gelas, Silakan matikan api, angkat, saring kedalam gelas dan minum dalam keadaan hangat, Lakukan cara ini 1 atau 2 kali dalam sehari.

6. Seduh Daun Mint

Daun mint ini termasuk tanaman yang cukup serba guna, Kerap digunakan untuk bahan tambahan pasta gigi, makanan (permen) balsam, aroma terapi, dan lain sebagainya.

Daun mint memiliki kandungan zat anti mikroba yang dimana kandungan ini dapat berfungsi sebagai pencegahan terhadap bakteri dan jamur.

Nah, daun mint ini juga cukup ampuh untuk mengatasi suara yang serak, Untuk membuatnya silakan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

Coba siapkan beberapa daun mint jangan lupa cuci bersih terlebih dahulu, Jika sudah bersih silakan masukan kedalam gelas ukuran sedang.

Kemudian tuangkan air panas kedalam gelas tersebut, Bisa juga menambahkan madu alami agar menambah rasa menjadi lebih enak dan mantap.

Minum dalam keadaan hangat dan lakukan cara ini 2-3 kali dalam sehari, Sampai tenggorokan Anda menjadi lebih reda dan suara pun dapat jernih kembali.

7. Meminum Air Rebusan Akar Manis

Tanaman akar manis sering di manfaatkan untuk menambah efek rasa manis ke suatu makanan dan juga kerap di gunakan untuk obat tradisional seperti jamu dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi suara serak dengan akar manis caranya cukup mudah, Silakan siapkan 1 sampai 2 batang akar manis atau bisa juga menggunakan akar manis yang sudah bubuk.

Siapkan 1 sendok makan akar manis, kemudian tuangkan pada air yang telah terisi kedalam panci kecil kira-kira 2 gelas sedang.

Kemudian rebus, didih kan pada api yang sedang (tidak terlalu besar apinya) tunggu hingga 10-15 menit sampai benar-benar mendidih.

Jika sudah silakan saring dan tuangkan kedalam gelas lalu tunggu hingga suhu air menjadi hangat.

Jika sudah hangat Anda bisa langsung meminumnya, Lakukan cara ini sampai 2 kali dalam sehari maka tenggorokan pun akan menjadi enak dan suara serak akan berangsur-angsur bisa pulih kembali.

8. Menghirup Uap Panas

Cara ini juga bisa meringankan pilek atau pernafasan tersumbat. Nah bagi kalian yang sekarang mengalami pilek di tambah dengan sakit tenggorokan dan suara serak.

Maka bisa mencoba dengan menghirup uap air hangat, Langkahnya cukup mudah silakan Anda rebus air sampai mendidih, jika sudah mendidih kemudian tuangkan ke dalam baskom.

Anda juga bisa menambahkan beberapa lembar daun sirih, mint atau daun jeruk nipis kedalam baskom tersebut. Jika sudah silakan posisi kan kepala Anda tepat di atas baskom yang telah terisi air tersebut.

Tutup kepala Anda beserta baskom nya menggunakan handuk agar supaya uap yang di hirup lebih maksimal, Lakukan cara ini sampai kurang lebih 15 menit atau sampai pernafasan Anda menjadi lega.

9. Berkumur Dengan Air Garam

Dirumah khususnya di dapur pasti selalu tersedia garam, Nah jika di dapur kalian ada garam bisa di gunakan untuk meringankan suara serak di tenggorokan.

Selain di gunakan untuk bumbu dapur, garam sendiri sudah sejak lama di manfaatkan untuk meringankan sakit gigi, mencegah penyakit gondok dan juga meringankan sakit tenggorokan.

Untuk mengatasi sakit tenggorokan atau suara serak, Silakan siapkan setengah gelas air hangat, garam 1 sendok teh.

Jika sudah silakan larut kan garam tersebut dan berkumur-kumur lah dengan air garam tersebut.

Jangan lupa berkumur nya dengan posisi kepala tengadah ke atas supaya air tersebut menyentuh ke bagian tenggorokan juga.

Untuk hasil maksimal silakan lakukan hal tersebut 3 kali dalam sehari, Bakteri yang ada di dalam mulut akan berkurang dan rasa sakit dan serak di tenggorokan pun akan semakin reda.

10. Minum Air Hangat

Perbanyak minum air hangat dan kurangi minum air dingin, Cukupi tubuh anda dengan air putih agar supaya terhindar dari dehidrasi dan juga panas dalam.

11. Istirahat

Timbulnya suara serak mungkin akibat kurangnya waktu istirahat dan banyak begadang di malam hari, Maka dari itu perhatikan tubuh anda dengan cara istirahat yang cukup.

Mungkin hanya itu yang dapat Admin jelaskan di dalam artikel yang berjudul cara menghilangkan suara serak di tenggorokan.

Semoga apa yang di sampaikan disini dapat bermanfaat untuk kita semua.