8 Cara Merawat Kucing Kampung Yang Baik Dan Benar


Bagaimana cara merawat kucing kampung yang baik dan benar? Dalam merawat kucing kampung tidak lah begitu sulit untuk dapat di lakukan sendiri.

Hal terpenting disini adalah kita suka dulu, berani memegang dan juga benar-benar niat untuk merawat kucing peliharaan itu sendiri.

Jika sudah suka terhadap kucing peliharaan, maka untuk merawat kucing pun pasti akan lebih mudah untuk kita lakukan.

Coba kalau kita tidak suka dan tidak berani untuk memegang kucing, ya tentu nanti untuk merawat serta memandikannya akan sulit dilakukan, kecuali menggunakan jasa memandikan kucing.

Banyak orang menganggap kucing kampung tidak se bagus dan se lucu kucing anggora atau pun kucing persia.

Tapi menurut admin kucing kampung alias kucing domestik pun, kalau di rawat dengan baik dan benar, maka kucing kampung tersebut tidak kalah lucu nya dengan kucing anggora atau pun persia.

Kalau menurut admin kucing yang lucu dan menggemaskan itu adalah kucing yang bersih, gemuk dan tidak galak alias penurut.

Nah, untuk membuat kucing kampung supaya menjadi penurut memang tidaklah mudah.

Kecuali kucing kampung yang masih kecil, kalau kucing kampung atau kucing jalanan yang telah dewasa kemudian kita merawatnya.

Tentu harus memerlukan waktu yang cukup lama, supaya kucing tersebut bisa menurut dengan pemiliknya.

Cara supaya kucing kampung yang galak bisa jadi penurut adalah salah satunya dengan cara merawat dan memperlakukan kucing dengan cara yang baik.

Kalau merawatnya benar pasti kucing yang tadinya galak akan menjadi penurut atau yang sebelumnya kucing kampung tersebut tampilan nya kurus, kotor, bau, atau tidak ada lucunya sama sekali bisa berubah menjadi kucing yang sehat dan menjadi kesayangan dirumah.

Ternyata kucing kampung memiliki keunggulan nya tersendiri loh, Salah satunya adalah lincah dan yang paling penting adalah mandiri dan jenis makanannya pun tidak terlalu sulit untuk kita dapatkan.

Cara Merawat Kucing Kampung Yang Benar dan Baik


Adapun mengenai beberapa tips merawat kucing kampung, Adalah sebagai berikut. Silakan sahabat dapat menyimak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

1. Harus Dimandikan


Untuk menjaga kebersihan kucing, Tentu harus rutin memandikannya, supaya bulunya tetap bersih sehingga kucing akan selalu sehat dan tidak mudah terkena jamur atau kutu kucing.

Untuk memandikan kucing bisa minimal satu minggu sekali atau memandikannya pada saat kucing memang sedang kotor.

Karena kucing kampung itu aktif, lincah dan suka guling-guling di sembarang tempat atau bisa saja kucing kampung menjadi kotor karena disiram tetangga karena telah berbuat masalah.

Nama nya juga kucing kampung, jadi ya harap di maklum.

2. Menghilangkan Kutu


Kucing sejatinya menyukai kebersihan dan kadang sering membersihkan diri nya sendiri, jika tubuhnya terdapat kutu tentu akan tidak baik untuk kesehatannya.

Jadi kita sebagai temannya, harus sering memandikan atau membersihkan bulu kucing dengan shampoo khusus kucing.

Lihat Juga: Cara Menghilangkan Kutu Kucing

3. Memberikan Makan


Untuk masalah makanan kucing kampung sendiri tidaklah begitu khusus.

Kita bisa beri makan kucing dengan ikan, atau daging rebus, jangan memberi kucing ikan asin, karena pernah admin beri ikan asin untuk kucing admin, memang kucing sangat suka dan melahapnya.

Tapi ternyata berdampak pada bulu kucing itu sendiri yang sering rontok.

4. Beri Vitamin


Bisa membeli vitamin kucing atau bisa juga memberikannya kuning telor dan lain sebagainya.

5. Bersihkan Telinganya


Biasanya telinga kucing cepat sekali kotor, jadi kita harus sering-sering dibersihkan telinga kucing tersebut, agar bersih dan kesehatannya akan tetap terjaga.

6. Memotong Ujung Kuku


Karena kucing adalah suka sekali bermain, Maka ada baiknya untuk memotong ujung kuku kucing, agar nanti tidak melukai kita kalau sedang bermain dengan si kucing.

Untuk memotong ujung kuku kucing tidak perlu dibawa ke salon khusus kucing, Sahabat dapat melakukannya sendiri menggunakan gunting kuku.

7. Sering Mengelus Kepala Atau Menggaruk Leher Kucing


Dengan cara itu kucing akan merasa tenang dan merasa nyaman dan yang paling penting adalah kucing semakin menurut dengan kita.

Kalau kucing sahabat diperlakukan seperti itu, tentu ia akan tambah senang dan tenang.

8. Mengajak Kucing Kampung Mengobrol


Kalau ini sih admin yang iseng-iseng saja, karena memang mengajak kucing berbicara itu admin bisa menghilangkan sedikit stres karena beban pikiran.

Coba ajak kucing sahabat untuk mengobrol. Pasti tidak akan di jawabnya. Tapi reaksi kucing tersebut biasanya terlihat lucu.

Bagaimana sahabat mudah bukan merawat kucing kampung?

Semoga dengan merawat kucing kampung dengan cara yang baik dan benar, akan membuat kucing tersebut semakin lucu, bersih, gemuk dan tentunya kucing akan semakin menurut.