11 Ciri-Ciri Katak


Ciri-ciri katak - Apakah katak termasuk hewan reptil atau mamalia? Binatang katak bukanlah jenis dari hewan Reptil maupun jenis Mamalia, Melainkan binatang katak termasuk kedalam golongan hewan amfibia.

Adapun yang bertanya mengenai perbedaan katak dan juga kodok, Jika sahabat menyamakan jenis binatang katak dan juga kodok, maka sebaiknya hal tersebut harus di koreksi lagi.

Walaupun dari karakteristik bentuk tubuh katak dan juga kodok itu hampir sama, Namun kenyataannya terdapat beberapa perbedaan diantara keduanya.

Lihat juga: Perbedaan Katak dan Kodok

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai katak,Sekarang kita masuk ke pembahasan utama yaitu mengenai ciri-ciri khusus katak, Silakan Anda dapat menyimak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Ciri-Ciri Katak


Adapun mengenai cirinya adalah sebagai berikut.

1. Binatang Katak Termasuk Hewan Amfibi

Apa itu amfibi? Katak bisa disebut hewan amfibi karena katak mampu bertahan hidup di 2 alam berbeda, Yaitu di air dan juga di darat.

2. Katak Berkembang Biak Dengan Cara Bertelur

Telur katak akan bergerombol (Bergerombol mirip buah anggur) Telur tersebut akan di bawa induk katak ke punggungnya, Sampai dengan menetas dan setelah menetas biasanya induk katak akan meninggalkan kecebong tersebut.

3. Hewan Katak Bernafas Mengunakan Paru-Paru dan Juga Kulitnya.

Bukan hanya menggunakan organ paru-paru saja yang di gunakan nya untuk bernafas, Ternyata pada bagian kulitnya pun di gunakan nya untuk bernafas, Alasannya karena di bagian kulit katak terdapat banyak pembuluh darah yang bisa membantu oksigen berdifusi lewat kulit katak tersebut.

4. Memiliki Kelenjar Racun Yang Cukup Berbahaya

Walaupun tidak semua katak memiliki racun, Namun ada juga katak yang memiliki racun pada bagian kulitnya, Racun tersebut biasanya berguna untuk melindungi katak dari musuh atau binatang pemangsanya.

5. Hewan Katak Termasuk Binatang Berdarah Dingin

Karena katak ini berdarah dingin, Maka katak memiliki kemampuan untuk mengatur dan menyesuaikan suhu tubuhnya dengan keadaan suhu di lingkungan sekitar katak tersebut.

6. Mengalami Metamorfosis Yang Sempurna

Hewan katak biasa di sebut dengan hewan holometabola, Karena dari bentuk katak yang masih menjadi larva lalu kemudian berubah menjadi bentuk tubuh katak dewasa, Bentuknya sangat jauh berbeda.

7. Katak Memiliki Lidah Yang Menempel Pada Bagian Depan Mulutnya

Berbeda dengan jenis lidah pada hewan pada umumnya atau lidah yang di miliki oleh manusia, yaitu berada di letak belakang mulutnya.

8. Katak Memiliki Gendang Telinga

Termasuk hewan yang memiliki indra pendengaran yang cukup baik dan uniknya gendang telinga katak jantan ukurannya hampir sama besar dengan ukuran matanya dan ukuran gendang telinga katak betina justru lebih kecil di bandingkan dengan ukuran matanya, Posisi telinga katak berada tepat di bagian belakang matanya.

9. Katak Biasa Hidup Di Lingkungan Yang Terdapat Sumber Air

Katak sangat bergantung pada adanya air dan hewan katak menyukai habitat yang di sekitarnya terdapat sumber air, Berbeda dengan kodok yang dimana binatang kodok tidaklah terlalu sangat bergantung pada adanya air di lingkungannya.

10. Posisi Mata dan Hidung Katak Berada Di Posisi Atas Kepalanya

Mata katak menonjol dan hal tersebut cukup membantu katak untuk melihat pada saat berada di air atau pada saat berenang, Kemampuan indra penglihatan katak sendiri cukuplah baik dan untuk posisi hidung katak sendiri tepat berada di atas kepalanya dan hal tersebut cukup membantu katak untuk dapat bernafas di air.

11. Memiliki Kaki Yang Berselaput

Katak memiliki kaki belakang yang jauh lebih besar, panjang dan kuat daripada kaki depannya, Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan katak untuk melompat. Kaki katak juga berselaput, jadi tidak heran jika katak pandai berenang di air.

Cukup sekian penjelasan singkat mengenai ciri-ciri katak, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.