11 Perbedaan Katak Dan Kodok


Apa saja perbedaan katak dan kodok? Mungkin kita mendengar dari orang-orang yang menganggap katak dan juga kodok ini berbeda dan kita penasaran dengan pernyataan tersebut, Apakah benar kodok dan katak ini berbeda.

Katak dan juga kodok sebenarnya dari bentuk tubuhnya sendiri tidak begitu jauh berbeda dan kedua binatang tersebut masuk kedalam jenis hewan amfibi, Namun walaupun bentuk tubuhnya tidak jauh berbeda ternyata pada kenyataannya katak dan juga kodok memang memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Jika anda penasaran dan ingin mengetahui jawaban mengenai perbedaan kodok dan katak, silakan Anda dapat menyimak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Perbedaan Ciri-Ciri Katak dan Ciri Kodok


Adapun mengenai perbedaan kodok dan katak, Adalah sebagai berikut.

1. Mengenai Habitat Katak dan Kodok

Katak sangat bergantung pada adanya air di sekitarnya, Sedangkan kodok tidak terlalu bergantung pada adanya air di sekitar lingkungannya. Beberapa habitat katak yaitu di danau, sungai, rawa-rawa, pohon, sawah dan juga lain-lainnya. Sedangkan habitat kodok sendiri di kayu yang sudah lapuk, pematang sungai dan juga sering berada di sekitar rumah kita.

2. Mengenai Kulit Katak dan Kodok

Katak memiliki tekstur kulit yang halus, lembab dan juga berlendir dan terkadang memiliki racun pada kulit katak, Sedangkan kulit kodok terlihat berbintil-bintil, terasa kasar dan juga permukaan kulitnya terasa kering. Kelenjar racun pada kodok berada pada bagian belakang matanya.

3. Mengenai Tungkai Atau Kaki Katak dan Kodok

Kaki belakang atau tungkai katak lebih bertenaga, kuat, panjang dan juga berselaput. Jadi tidak heran jika katak sangat pandai berenang dan juga melompat dengan jarak yang cukup jauh.

Sedangkan untuk kodok sendiri memiliki tungkai bagian belakang yang pendek, Maka tidak heran kalau kodok tidak ahli dalam hal melompat.

4. Mengenai Jari Katak dan Kodok

Katak memiliki kemampuan untuk menempel di pepohonan, Alasannya karena katak memiliki ujung jari yang bentuknya bulat kecil. Sedangkan untuk kodok sendiri memiliki jari yang terkesan sama seperti bentuk cakar dan digunakan nya untuk menggali tanah atau lain-lainnya.

5. Mengenai Bentuk Tubuh Katak dan Kodok

Bentuk tubuh katak pada umumnya ramping, dan untuk bentuk tubuh kodok sendiri pada umumnya gemuk dan juga pendek.

6. Mengenai Nilai Jual Katak dan Kodok

Katak lebih unggul di bandingkan dengan kodok jika kita melihat dari sektor ekonomis nya bagi manusia, Katak sering di jadikan bahan makanan dan kodok sangat jarang di jadikan sebagai bahan makanan.

7. Mengenai Gigi Katak dan Kodok

Katak memiliki gigi yang sering di gunakan nya untuk mencengkram hewan mangsanya, Sedangkan untuk kodok sendiri tidak memiliki gigi.

8. Mengenai Cara Hidup Katak dan Kodok

Ada katak yang nokturnal ada juga yang diurnal, Sedangkan untuk kodok pada umumnya adalah nokturnal. Apa itu nokturnal? Nokturnal adalah hewan yang suka tidur di siang hari dan suka melakukan aktivitas di malam hari, Sama halnya dengan jenis hewan Kelelawar.

9. Mengenai Keberadaan Katak dan Kodok

Katak bisa di temukan hampir di seluruh dunia, Kecuali di wilayah antartika, Sedangkan untuk keberadaan kodok sendiri hampir ada di seluruh dunia, kecuali di wilayah tundra dan wilayah lain-lainnya. Untuk wilayah indonesia sendiri kita tidak akan merasa kesulitan untuk menemukan binatang katak maupun kodok.

10. Mengenai Corak dan Warna Katak dan Kodok

Katak memiliki corak dan warna yang beragam, Ada yang berwarna biru, putih, oren, hijau, hitam dan lain-lain. Sedangkan untuk kodok sendiri pada umumnya memiliki warna kecokelatan yang kusam.

11. Mengenai Telur Katak Dan Kodok

Telur katak bergerombol (Mirip dengan buah anggur), katak betina pohon biasanya akan membawa telur-telur yang bergerombol tersebut ke atas punggungnya sampai kecebong lahir dan setelah lahir induk katak tersebut akan meninggalkannya. Sedangkan untuk telur kodok sendiri memanjang (Mirip rantai) Beberapa induk kodok akan membawa telur ke punggungnya dan selalu menjaga kecebong tersebut.

Sekian penjelasan singkat mengenai apa saja perbedaan katak dan kodok, Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita mengenai dunia binatang,