13 Ciri-Ciri Kelelawar


Ciri-ciri kelelawar - Seperti kita ketahui bahwa binatang kelelawar adalah salah satu jenis hewan mamalia yang berkembang biak dengan cara melahirkan dan memiliki kemampuan untuk terbang. Kelelawar sering di sebut dengan julukan hewan superhero batman atau binatang malam (nokturnal) yang artinya binatang ini banyak melakukan aktivitasnya di malam hari.

Walaupun kelelawar banyak melakukan aktivitasnya di malam hari namun kelelawar tidak mengalami kesulitan dalam hal menentukan arah terbang, Kenapa bisa demikian? Alasannya adalah karena kelelawar memiliki salah satu kemampuan yaitu, ekolokasi. Apa itu ekolokasi? Ekolokasi adalah kemampuan untuk mengetahui gelombang sonar (pantulan bunyi atau suara)

Dengan memiliki kemampuan ekolokasi yang handal itulah maka kelelawar mampu terbang walaupun di sekitarnya gelap gulita, itulah sebabnya kenapa kelelawar tidak menabrak tembok, batu atau menabrak rekannya sendiri pada saat melakukan terbang bersama-sama dengan kelompoknya di suasana tempat yang gelap atau sangat minim cahaya.

Nah, mungkin ada di antara teman-teman semua yang masih bingung, kenapa kelelawar mampu menangkap hewan buruan nya padahal di sekitarnya sangat gelap. Seperti apa yang telah di jelaskan di atas, kelelawar memiliki kemampuan ekolokasi yang dimana kelelawar mampu mengetahui keberadaan binatang burunya, dari bentuk, lokasi hingga ukuran hewan buruan nya tersebut.

Cara kelelawar mengetahui hewan buruan nya bukanlah menggunakan indra penglihatannya melainkan kemampuan pendengaran nya, Kelelawar akan mengeluarkan sumber suara yang asalnya dari mulut dan juga hidung kelelawar dan kemudian suara tersebut terpantulkan ke objek tertentu yang berada di sekitarnya, dengan pantulan suara atau bunyi tersebutlah kelelawar dapat mengetahui objek apa saja di sekitarnya.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai salah satu binatang malam, yaitu kelelawar. Sekarang kita masuk ke pembahasan inti yaitu apa saja ciri-ciri khusus kelelawar, Silahkan teman-teman bisa menyimak nya di bawah ini.

Ciri-Ciri Khusus Kelelawar


Adapun mengenai cirinya adalah sebagai berikut.

1. Kelelawar adalah satu-satunya hewan mamalia (binatang melahirkan atau menyusui) yang memiliki kemampuan terbang.
2. Memiliki sayap yang terbentang dari tulang tangan hingga tulang kakinya dan sayap tersebut di gunakan nya untuk terbang.
3. Kelelawar adalah hewan nokturnal yang dimana aktif di malam hari dan mencari makan di waktu malam hari dan tidur di siang hari.
4. Posisi tidur kelelawar sangat unik, karena kelelawar tidur dengan posisi kaki menggantung dan posisi kepala berada di bawah.
5. Kelelawar memiliki indra penciuman dan pendengaran yang sangat tajam.
Kelelawar dapat mengeluarkan sumber suara atau bunyi yang kerasnya sampai 20.000Hz (Suara Ultasonik).
6. Kelelawar memiliki kemampuan ekolokasi (sonar) yang sangat baik. Jadi kelelawar mampu memantulkan suaranya untuk mendeteksi suasana dan keadaan sekitarnya.
7. Ibu jari atau jempol kelelawar memiliki bentuk yang lebih kecil jika di bandingkan dengan jari-jari yang lainnya.
8. Salah satu binatang mamalia yang durasi tidurnya cukup lama.
9. Kelelawar dapat melihat dan tidaklah buta, Namun kelelawar sering menggunakan indra pendengarnya atau sonar untuk bernavigasi.
10. Cara berkembang biak kelelawar adalah dengan cara melahirkan dan menyusui anaknya.
11. Anak atau bayi kelelawar pada saat pertama kali di lahirkan dalam keadaan buta dan tidak memiliki bulu pada tubuhnya.
12. Kelelawar termasuk hewan mamalia yang dapat berumur panjang yaitu sampai sekitar umur 20 tahun.
13. Makanan kelelawar adalah berupa buah-buahan, serangga dan tumbuh-tumbuhan (Omnivora) atau di sesuaikan dengan jenisnya masing-masing.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai ciri-ciri kelelawar, Jangan lewatkan juga untuk membaca artikel menarik lainnya mengenai salah satu hewan nokturnal yang cukup menyeramkan, yaitu ciri-ciri burung hantu. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.