Ciri-Ciri Hewan Karnivora, Herbivora, Omnivora dan Contoh Hewannya


Hewan karnivora, hebivora dan omnivora adalah tiga dari golongan satwa dan fauna atau suatu kelompok hewan organime yang di klasifikasi kan dalam kerajaan Metazoa atau Animalia.

Sama seperti manusia dan tumbuhan, Hewan juga salah satu makhluk hidup yang ada di sekitar kita dan berperan penting untuk menjaga keberlangsungan kehidupan di muka bumi ini.

Terdapat banyak sekali jenis dan contoh hewan atau binatang di dunia dan memiliki ciri dan fungsinya masing-masing dan hal tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, bisa karena makanan, habitat asalnya, alamnya atau yang lainnya.

Namun pada intinya, hewan adalah salah satu makhluk hidup yang berperan penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem alam dan wajib kita jaga kelestarian nya, sehingga dapat terhindar dari ancaman kepunahan. Lihat selengkapnya: 35 Ciri Khusus Hewan dan Fungsinya

Ciri-Ciri Hewan Karnivora, Herbivora, Omnivora


Adapun mengenai cirinya adalah sebagai berikut. Sahabat dapat menyimak pembahasan nya di bawah ini.

1. Ciri Khusus Hewan Karnivora

Pengertian:  Karnivora berasal dari bahasa latin Carne yang artinya daging dan Vorare yang memiliki arti memakan atau kita sering kenal dengan sebutan hewan pemakan daging.

Kita awali dengan hewan karnivora, apa saja ciri-cirinya? Berikut ini adalah beberapa ciri khusus dari hewan karnivora.

Ciri-ciri hewan karnivora (untuk mamalia) mereka memiliki kaki empat, banyak hidup di darat sebagai habitatnya, berkembang biak dengan cara vivipar (beranak atau melahirkan), memiliki gigi dan taring tajam, serta kuku atau cakar yang tajam.

Contoh hewannya adalah sebagai berikut. Harimau, Singa, Cheetah.

Biasanya hewan karnivora di dominasi oleh jenis hewan mamalia dan reptil yang liar dan juga buas, baik di darat atau di laut.

Untuk (Reptil) Berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar), Binatang melata, Kelompok hewan vertebrata berdarah dingin dan Memiliki sisik pada tubuhnya.

Contoh hewannya : Komodo, Buaya, Ular, dan lain-lain.

Adapun yang lainnya untuk hewan laut contohnya ikan hiu. Burung elang untuk hewan karnivora jenis (burung yang memiliki paruh runcing dan juga cakar yang tajam)

2. Ciri Khusus Hewan Herbivora

Pengertian: Herbivora dalam istilah atau bahasa latin adalah Herba yang memiliki arti Tumbuhan atau Rerumputan dan untuk Vorare yang artinya Memakan. Pengertian herbivora secara umum adalah suatu golongan hewan atau binatang yang memakan tumbuhan atau tanaman saja.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri hewan herbivora (khusus mamalia) Memiliki jumlah kaki empat, banyak hidup di daratan sebagai tempat habitatnya, pada umumnya berkembang biak dengan cara beranak (vivipar), berdarah panas.

Contoh hewan herbivora adalah sebagai berikut: Kambing, Rusa, Domba, Sapi, Kuda, Zebra, Unta dan lain-lainnya.

3. Ciri Khusus Hewan Omnivora

Pengertian: Omnivora berasal dari bahasa latin yaitu Omne dan Vorera yang memiliki arti semuanya melahap atau biasa kita dengar dengan sebutan hewan pemakan segala dari tumbuhan hingga bahan hewani.

Ciri-ciri hewan omnivora: Berdarah panas atau dingin, pada umumnya memiliki kaki dua, Berkembang biak dengan cara bertelur dan mengerami telur nya hingga dapat menetas.

Contoh hewan omnivora secara umum adalah Burung, Itik, Ayam, Angsa, dan lain-lainnya.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai apa saja ciri-ciri hewan karnivora, herbivora dan omnivora beserta dengan beberapa contoh hewannya yang mungkin tidak asing bagi kita.

Semoga pembahasan kali ini dapat menambah sedikit wawasan kita mengenai dunia hewan atau satwa yang ada di bumi tercinta kita ini.