12 Ciri-Ciri Tapir Asia dan Habitatnya


Ciri-ciri tapir asia dan habitatnya dari mana saja? Jika sahabat belum mengetahuinya secara jelas, Maka pada kesempatan kali ini penulis ingin sedikit berbagi informasi mengenai ciri khusus tapir asia beserta dengan asal (habitatnya)

Terdapat beberapa jenis tapir dan salah satunya adalah jenis tapir asia (Tapirus indicus) Tapir asia adalah spesies tapir satu-satunya yang hidup atau berasal dari kawasan asia dan memiliki ukuran tubuh yang cukup besar jika di bandingkan dengan jenis tapir yang lainnya.

Tapir termasuk hewan yang di lindungi, Alasannya karena kini keberadaannya kian mengkhawatirkan dan di ambang kepunahan.

Mudah-mudahan saja di kemudian hari populasi nya semakin banyak dan habitatnya semakin luas dan terhindar dari para oknum-oknum perusak yang ada di muka bumi ini.

Ciri-Ciri Khusus Tapir


Adapun mengenai ciri-ciri tapir adalah sebagai berikut.

1. Termasuk Golongan Hewan Mamalia

Tapir salah satu hewan mamalia terbesar paling primitif di dunia. Binatang ini di perkirakan sudah ada sekitar dua puluh juta tahun yang lalu.

2. Mengenai Bentuk Fisik Atau Tubuh Tapir

Tapir asia memiliki ukuran tubuh yang tidak kecil dan tidak pula terlalu besar, Kira-kira sebesar hewan keledai.

Tapir memiliki tubuh yang gempal yang membulat, kakinya pendek, ekornya pendek namun gemuk, ukuran mata dan telinganya kecil, lidahnya cukup panjang, dan juga pada bagian kakinya terdapat empat jari di setiap kaki depan dan tiga jari pada bagian kaki belakang.

Untuk mengenali bentuk dan corak tapir asia sendiri sebenarnya cukuplah mudah, tapir asia memiliki dua warna yang mendominasi pada bulunya yaitu hitam dan putih.

Warna bulu pada bagian tubuh depan yaitu kepala, leher dan kaki, berwarna hitam. Sedangkan bagian tubuh belakangnya memiliki warna putih dan uniknya pada bagian ujung telinganya berwarna putih.

Pola warna pada tubuh tapir berfungsi sebagai kamuflase dan dapat melindunginya dari hewan pemangsa pada saat tapir ini sedang tidur atau beristirahat.

Hal tersebut dapat mengecoh hewan predator yang menganggap tapir bukanlah hewan melainkan batu besar yang sedang tergeletak di tanah.

Jika dilihat dari fisiknya, Tapir hampir menyerupai binatang babi, telinganya mirip badak dan bagian mulut atau moncong nya menyerupai Gajah (belalai namun pendek) atau Hewan Trenggiling, Untuk suara atau lenguhan nya mirip suara burung (keras dan cempreng)

3. Memiliki Moncong

Ciri khas dari tapir adalah ada pada moncong nya, Salah satu fungsinya moncong pada tapir tidak berbeda dengan jauh dengan belalai gajah.

Moncong tapir memiliki fungsi sebagai bibir dan juga hidung bagian atas moncong tapir juga biasa di gunakan untuk mengambil makanan berupa buah atau memetik dedaunan, kemudian memasukkan makanan tersebut ke dalam mulutnya.

Bukan hanya itu saja fungsi dari moncong nya.

Moncong tapir juga di gunakan untuk pertahanan diri jika ada hewan predator hendak memangsanya maka tapir akan berlari ke perairan dan tenggelam ke sungai.

Kemudian menggunakan moncong nya itu untuk memudahkan nya bernapas, sama seperti fungsi snorkel yang dipakai oleh manusia.

4. Makanan Tapir

Tapir termasuk hewan pemakan tumbuhan (herbivora) suka memakan dedaunan muda dan juga buah-buhan yang berada di hutan atau pinggiran sungai.

5. Termasuk Hewan Nokturnal

Tapir termasuk hewan yang cenderung suka melakukan aktifitasnya di malam hari (Nokturnal) Tapir juga suka berpindah-pindah tempat dan bahkan berjalan dengan jarak yang sangat jauh, Mereka berpindah-pindah dengan maksud mencari tempat yang di mana kaya akan sumber makanan.

Tapir sering kali mengikuti jejak yang dibuat oleh kaki Tapir lainnya dengan maksud hendak ingin mencari jejak air dan vegetasi.

Tidak jarang pula tapir menyelam ke dasar lubang yang berair untuk memakan vegetasi yang ada di bawah air tersebut.

6. Jenis-Jenis Tapir

Pada umumnya tapir dikenal memiliki 5 jenis atau spesies, di antaranya adalah:

1. Tapir Melayu (Malayan Tapir) Asia Tenggara.
2. Tapir Baird (Baird's Tapir) Amerika tengah & Kolombia utara.
3. Tapir Gunung (Mountain Tapir) Amerika selatan bagian utara.
4. Tapir Dataran Eendah (Lowland Tapir) Hutan Amazon, Amerika Selatan.
5. Tapir Kabomani (Kabomani Tapir) Pedalaman Brazil & Kolombia, Amerika Selatan.

7. Habitat Tapir

Habitat asli tapir asia adalah di dataran rendah hampir di seluruh kawasan Asia Tenggara, Seperti, Indonesia, Malaysia Laos, Kamboja, Vietnam, Thailand dan Myanmar.

Untuk di indonesia khususnya di sumatra, Tapir pada umumnya dikenal dengan sebutan tenuk or seladang, babi alu, kuda ayer, gindol, kuda rimbu, cipan,kuda arau, ipan dan marba. Keberadaan tapir sendiri kian memprihatinkan (Terancam punah)

Populasi nya setiap tahun selalu menurun, Hal tersebut karena ulah para oknum-oknum manusia yang berburu dan memperdagangkan tapir secara ilegal dan juga merusak habitat mereka.

Ketika tapir hidup di alam bebas dan tanpa ada gangguan pada habitatnya, umur tapir bisa mencapai 30 tahun.

Mereka biasanya cukup senang tinggal di daerah yang dekat dengan sumber air dan juga suka berendam dan berenang. Mereka juga mampu untuk naik dan mendaki dinding tebing dengan kecuraman yang cukup tajam.

8. Tapir Berkembang Biak dengan Cara Melahirkan

Tapir berkembang biak dengan cara melahirkan anaknya, masa kehamilan tapir cukup lama yaitu sampai tiga belas bulan dan juga tapir betina hanya melahirkan satu anak setiap tahunnya.

Anak tapir memiliki corak yang berbeda dengan tapir dewasa atau tua, Yaitu kulitnya memiliki pola garis-garis berwarna cokelat.

9. Tidak Suka Hidup Secara Berkelompok

Secara umum tapir hidup soliter atau tidak berkelompok. Tapir senang menyendiri dan akan bersembunyi di semak-semak ketika hewan lain atau pun manusia datang dan mendekati hewan tersebut.

10. Memiliki Kemampuan Lari Yang Cukup Cepat

Walaupun badannya cukup berbobot, Namun tapir memiliki kemampuan lari yang cukup cepat, lincah dan kencang.

11. Memiliki Gigi dan Rahang Yang Kuat

Bukan hanya di gunakan untuk mengunyah makanannya saja. Gigi dan rahang tapir juga di gunakan untuk pertahanan diri dari serangan hewan pemburu atau hewan sejenisnya.

12. Cara Berkomunikasi Tapir

Cara tapir asia berkomunikasi adalah dengan suara cicitan atau lenguhan yang bernada tinggi.

Mungkin di cukup kan sekian pembahasan kali ini mengenai ciri-ciri tapir, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.