9 Ciri-Ciri Ikan


Ciri-ciri ikan atau pisces - Adalah hewan yang hidup di air dan bernafas menggunakan insang. Ikan termasuk kelompok atau anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang memiliki spesies yang sangat beragam, diperkirakan jumlah nya lebih dari 27.000 yang hidup di seluruh dunia termasuk di indonesia.

Ikan memiliki ukuran tubuh yang beragam, Mulai dari yang sangat besar sampai ke teramat kecil, Ikan dengan tubuh yang besar bisa kita lihat pada ikan paus hiu dan yang kecil bisa kita contoh kan pada ikan yang di sebut stout infantfish.

Ciri-Ciri Ikan (pisces)


Adapun mengenai ciri-ciri khusus ikan adalah sebagai berikut, Silakan sahabat dapat menyimak nya di bawah ini.

1. Ikan bernafas menggunakan Insang dan ditutupi oleh tutup insang (operkulum), Maka tidak heran jika Ikan dapat hidup di dalam air.

2. Ikan memiliki bagian tubuh di antaranya adalah kepala, badan dan juga ekor, Secara umum tubuh ikan di lapisi atau tertutupi oleh kulit yang bersisik dan juga berlendir.

3. Bagaimana ikan berenang? Adalah menggunakan bagian sirip yang digunakan untuk membantunya berenang.

4. Alat ekskrsi yang ada pada ikan adalah berupa ginjal dengan tipe pronefron atau mesonefron.

5. Ikan termasuk jenis hewan yang memiliki sifat berdarah dingin (poikiloterm) Jadi suhu tubuh ikan akan dipengaruhi oleh keadaan suhu pada lingkungannya.

6. Ikan memiliki sistem peredaran darah tertutup tunggal, Jadi dalam 1 kali peredaran, Darah hanya 1 kali melalui jantung.

7. Sistem pencernaan ikan bisa di katakan lengkap mulai dari bagian mulut, kerongkongan, lambung, usus dan juga terakhir anus.

8. Ikan memiliki beberapa alat indra diantaranya adalah mata, telinga dalam, indra pembau dan juga gurat gusi.

9. Ikan berkembang biak dengan cara bertelur, bertelur dan melahirkan, dan melahirkan (Bersifat ovipar, ovovivipar, atau vivipar)

Klasifikasi Ikan (pisces)

Secara umum ikan atau pisces terbagi menjadi tiga kelas, Apa saja? Silakan sahabat dapat menyimak nya di bawah ini.

Agnatha (Tidak berahang)

Agnatha biasa hidup di air tawar atau di dasar perairan laut. Merupakan ikan primitif karena tidak adanya rahang dan pemakan bangkai atau hidup secara parasit.

Jika di lihat dari bentuk tubuhnya, Agnatha ini memiliki bentuk silindris memanjang serta terdapat kelenjar lendir, Contoh hewannya bisa kita lihat pada lamprey sungai, belut laut dan lain sebagainya.

Chondrichthyes (Bertulang rawan)

Kedua adalah Chondrichthyes atau biasa di kenal dengan sebutan ikan bertulang rawan, Chondrichthyes memiliki tubuh yang tertutupi dengan sisik plakoid yang tekstur nya kasar karena berisi dentin serta dilapisi pula oleh email.

Pada bagian alat kelamin terpisah, fertilisasi atau pembuahan terjadi secara eksternal atau internal, di dalam tubuh; ovipar atau ovivipar. Contoh hewannya adalah Ikan pari, hiu dan yang lainnya.

Osteichthyes (Bertulang keras)

Ketiga adalah Osteichthyes atau ikan bertulang sejati, Kelas ini biasa hidup di laut, rawa-rawa dan perairan air tawar.

Sistem pernafasan nya menggunakan insang yang ditutupi oleh tutup insang (operkulum). Contoh Osteichthyes adalah Ikan mas, Tuna, Lele, Salmon, Ikan terbang dan lainnya.

Manfaat Ikan Bagi Kehidupan Manusia

Keberadaan ikan sulit terpisahkan oleh kehidupan dan kebutuhan manusia sehari-hari pada umumnya dan berikut ini adalah beberapa manfaat ikan bagi kehidupan manusia.

1. Dapat menjaga kesehatan dan menambah asupan gizi, vitamin dan lain sebagainya.

2. Adalah mata pencaharian nelayan terutama mencari ikan, Ada pun yang menjadikan ikan sebagai peluang usaha makanan.

Contohnya seperti sarden, ikan asin, bandeng presto, kerupuk ikan, abon ikan, dan lainnya. Ikan hias pun dapat menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

3. Bukan hanya bagian dagingnya saja, Minyaknya pun kaya akan manfaat untuk tubuh manusia, Apalagi kandungan omega-3 nya sangat penting untuk fungsi otak normal.

Jadi jika ingin menambah daya ingat, kecerdasan dan berprestasi di sekolah, maka konsumsi lah minyak ikan dan jangan lupa giatkan lagi belajar nya.

Baik, mungkin cukup sekian pembahan pada kesempatan kali ini mengenai apa saja ciri-ciri ikan (pisces) Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.