21 Cara Mengusir Tikus Dari Rumah Dengan Mudah dan Ampuh

21 Cara Mengusir Tikus Dari Rumah Dengan Mudah dan Ampuh
Sebenarnya untuk mengusir tikus bisa dikatakan susah-susah gampang, namun cukup merepotkan untuk dapat di lakukan. Mengatasi tikus atau curut tentu memerlukan strategi khusus.

Jika kita mengusir salah satu binatang mamalia tersebut hanya dengan menggunakan suara mulut saja tentu tidaklah cukup efektif dan pasti tikus tetap membandel dan akan kembali lagi.

Populasi keberadaan tikus di indonesia sendiri bisa di katakan sangat banyak, jenis hewan ini suka sekali mendiami tempat yang kotor dan juga bau.

Contohnya saja jenis wirok atau wirog, pasti selalu ada di got, di atap rumah, pipa dan terkadang tikus tersebut mengendap-endap masuk ke rumah.

Kalau tikus kecil sih masih bisa kompromi, Tapi ini tikus besar untuk melihatnya saja pun pasti sudah ngeri dan geli duluan. Jika ada tikus atau mencit di rumah sobat, tentu jangan dibiarkan bebas begitu saja.

Karena tikus adalah binatang yang kotor dan akan membawa banyak macam penyakit dan kita tahu sendiri tikus adalah binatang pengerat, bisa saja mereka merusak baju, kabel, menggerogoti kayu lemari dan lain sebagainya.

Lihat juga: Ciri-Ciri Tikus

Selain kecil dan juga lincah ternyata binatang mamalia ini terkenal dengan kecerdikannya. Walaupun kita berusaha untuk menangkapnya namun tentu hal tersebut tidaklah cukup mudah untuk dapat dilakukan.

Apalagi jika hanya dengan bermodalkan sapu lidi di tangan, tentu hal tersebut kurang begitu efektif dan perlu beberapa cara untuk menjebak tikus supaya bisa terperangkap atau tidak mudah kembali lagi (Kapok).

Poin Penting

Cara Mengusir Tikus Secara Alami Dari Rumah Dengan Mudah


Adapun mengenai cara mengatasi tikus bisa disimak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Memelihara Kucing


Kita tahu sendiri bahwa kucing adalah salah satu hewan pemburu tikus yang cukup efektif, dengan adanya kucing di dalam rumah tentu hal tersebut akan membuat para tikus ketakutan dan enggan masuk ke dalam rumah lagi.

Namun terdapat sisi negatifnya juga yaitu kucing selalu membawa hewan buruan nya (tikus) kedalam rumah dan itu akan sedikit merepotkan kita, apalagi jika kita takut dan merasa geli terhadap tikus itu sendiri.

Memelihara Jangkrik


Tikus tidak suka dengan suara-suara bising atau yang nyaring dan jangkrik bisa menjadi salah satu solusi bagi kita untuk mengusir tikus secara alami di dalam rumah.

Namun terkadang suara jangkrik juga bisa mengganggu istirahat kita, Tapi jika sobat menyukai suara jangkrik dan tidak mempermasalahkan sama sekali suara yang nyaring tersebut, maka sobat bisa mencoba cara tersebut.

Racun Tikus


Cara ini memang agak sedikit kasar juga sih, Namun cara ini banyak dilakukan oleh pemilik rumah untuk mengatasi keberadaan tikus di dalam rumahnya. Sobat bisa membeli racun tikus di minimarket atau supermarket terdekat.

Sebelum sobat beraksi untuk menjebak tikus, pastikan di sekitar area tersebut tidak ada kucing atau hewan peliharaan sobat, agar nantinya tidak terjadi salah sasaran.

Cara Mengusir Tikus Dengan Cuka


Tikus tidak menyukai bau cuka yang menyengat, Sobat bisa menaruh beberapa kapas bola yang telah di lumuri dengan cairan cuka, Lalu kemudian simpanlah kapas basah tersebut di tempat-tempat yang menjadi sarang tikus.

Dengan adanya bau cuka tersebut tikus akan pergi dari sarangnya, Namun jika bau cuka tersebut hilang bisa saja tikus tersebut akan kembali lagi dan menempati sarangnya kembali.

Mengusir Tikus Dengan Lada


Bukan hanya tikus saja, kita sebagai manusia pun jika mencium aroma bubuk lada tentu efeknya akan bersin-bersin. Nah dengan menaburkan beberapa bubuk lada di sarang tikus, tentu akan membuat tikus merasa terganggu dan tentunya akan pergi.

Untuk Mengusir Tikus Dengan Kamper (Kapur Barus)


Kamper atau kapur barus biasa disimpan di lemari pakaian, Apakah sobat sudah tahu maksud kenapa orang tua kita dulu biasa menaruh kamper di sela-sela tempat pakaian kita?

Salah satu tujuannya adalah untuk menghindari tikus, kecoak atau coro yang sering menggerogoti pakaian, silakan sobat simpan beberapa kamper di tempat-tempat yang suka dilalui oleh tikus.

Menggunakan Lem Tikus


Salah satu cara paling jadul adalah dengan menjebak tikus menggunakan lem tikus. Tuangkan lem tikus ke papan kayu dan simpan papan tersebut di tempat yang sering dilalui oleh tikus, atau bisa juga di pancing menggunakan sedikit makanan yang memiliki bau yang cukup menyengat, bisa ikan atau keju.

Menjebak Dengan Alat Perangkap Tikus


Gunakan perangkap alat tikus, bisa dengan sistem jepit atau sangkar kawat. Silakan sobat simpan jebak kan tersebut di tempat yang suka dilewati oleh tikus atau pancing menggunakan ikan atau pun keju, sehingga nantinya tikus tersebut cepat terperangkap.

Dengan Cara Menyalakan Alat Ultrasonik


Metode ini cukup jarang dilakukan oleh pemilik rumah, Namun dengan alat ultrasonik ini bisa dikatakan cukup ampuh untuk membuat para tikus terkejut dan terganggu.

Walaupun suara yang di hasilkan sebesar 20 kHz (tidak didapat didengar oleh manusia secara langsung) Akan tetapi cukup efektif untuk mengusir salah satu jenis hewan pengerat ini.

Menggunakan Cengkeh


Aroma cengkeh juga tidak disukai oleh tikus, jika sobat punya bubuk cengkeh di dapur, bisa gunakan untuk mengusir tikus di rumah. Caranya cukup mudah kok, Sobat bisa menaburkan beberapa bubuk cengkeh tersebut di area atau tempat yang suka dilewati oleh para tikus tersebut.

Membuat Tikus Kabur Dengan Peppermint


Gunakan cairan pappermint yang memiliki aroma yang cukup menyengat, mungkin pappermint bagi manusia adalah menyegarkan. Namun berbeda dengan tikus jika menghirup nya, tikus akan menjadi lemas dan juga mabuk.

Sobat bisa mengoleskan cairan pappermint ke beberapa bola kapas dan setelah itu simpan bola kapas tersebut di kolong, sela-sela atau tempat tikus atau curut bersarang.

Bawang Merah


Jangankan tikus, manusia pun jika menghirup bawang merah pasti tidak akan kuat, bawang merah sendiri memiliki aroma yang cukup menyengat dan juga memiliki efek pedih jika terkena mata.

Sobat bisa menumbuk beberapa siung bawang merah, kemudian letakan bawang merah tersebut di tempat yang di mana tikus sering berlalu lalang.

Baking Soda


Silakan gunakan baking soda untuk menjebak hewan pengerat ini, Tikus adalah hewan yang tidak dapat muntah atau pun bersendawa. Jadi jika seekor tikus memakan bubuk baking soda ini tentu akan membuat perutnya dipenuhi dengan gas dan itu akan merepotkan tikusnya itu sendiri.

Sobat bisa menjebak tikus tersebut dengan cara pancing menggunakan berbagai jenis makanan, contohnya ikan asin atau keju dan jangan lupa campur kan makanan tersebut dengan bubuk baking soda nya.

Daun Salam


Salah satu bahan menyedap masakan ini ternyata cukup ampuh juga untuk mengusir tikus di rumah. Bagaimana caranya? Caranya cukup mudah, kita hanya menyiapkan beberapa lembar daun salam kemudian tumbuk daun tersebut dengan tujuan aroma baunya akan bertambah menyengat dan kemudian simpanlah di area yang suka dilewati oleh tikus.

Buah Durian


Buah ini memiliki bau yang sangat menyengat dan tikus tidak menyukai nya. Adapun cara untuk mengusir tikus, Sobat bisa menyimpan daging durian atau kulit durian yang tajam tersebut, tikus juga akan terkejut jika melihat bentuk dari kulit durian yang tajam.

Buah Mengkudu


Buah mengkudu atau pace ini memiliki bau yang tidak disukai oleh tikus atau pun oleh manusia itu sendiri, Terlebih buah mengkudu yang telah matang pasti aroma nya akan semakin menyengat.

Walau baunya tidak mengenakan tapi siapa sangka ternyata buah jenis ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan bagi tubuh manusia dan bukan hanya itu saja buah ini juga tidak disukai oleh tikus.

Maka untuk mengusir tikus secara alami, Sobat bisa mencoba manyimpan buah mengkudu yang matang di area yang suka dilalui oleh tikus, dengan harapan tikus tersebut tidak akan kembali lagi ke tempat tersebut.

Menggunakan Sambal


Sambal atau tepatnya cabai yang telah di tumbuk atau di halus kan, memang menjadi alat bantu mengusir tikus, dengan aroma yang menyengat dan juga dapat membuat pedih di mata, tentu hal tersebut tidak akan disukai oleh tikus.

Silakan sobat simpan sambal atau tumbuk kan cabai halus tersebut di sarang atau tempat-tempat yang biasa dilalui oleh tikus.

Cairan Deterjen


Silakan larut kan deterjen pakaian dan tuangkan ke beberapa area atau tempat yang di mana suka dilalui oleh tikus. Dengan deterjen tersebut pasti akan membuat tikus menjadi tidak nyaman jika ia berdiam diri di tempat tersebut.

Jika sobat melihat tikus mengintip dan mengendap-endap, Maka sobat bisa juga menyemprotkan cairan deterjen tersebut tepat ke arah tikus, dijamin tikus tersebut akan terkejut dan juga lari.

Menaburkan Bubuk Kopi


Aroma bubuk kopi juga tidak disukai oleh tikus, jika tikus menghirup bau bubuk kopi tentu akan membuatnya kesulitan bernapas. Cara ini juga sering di gunakan oleh banyak orang dan hasilnya cukup efektif untuk mengatasi keberadaan tikus di rumah.

Menggunakan Kantong Teh Celup


Cara ini juga sering di gunakan banyak orang untuk mengusir tikus di rumah. Adapun cara untuk mengatasi keberadaan tikus adalah dengan menyiapkan beberapa bekas kantong teh celup, kemudian simpan di tempat atau sela-sela yang terdapat tikusnya.

Menggunakan Kantong Teh Celup


Jika kita tidak mau repot-repot mengatasi dan mengusir tikus di rumah, Sobat bisa menggunakan jasa ahli pengusir tikus. Biar nantinya sarang tikus yang tidak dapat di jangkau oleh kita, mereka bisa menjangkau nya sampai ke akar-akarnya, tentu sobat harus mengeluarkan beberapa lembar rupiah untuk menggunakan jasa tersebut.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengusir tikus di rumah, Sobat bisa memilih salah satu cara yang dirasa bahannya mudah di dapat. Jika dirasa cara yang satu kurang begitu efektif, Sobat bisa menggunakan cara yang lainnya, sampai masalah gangguan tikus di rumah sobat dapat cepat teratasi.

Bagaimana Cara Mengusir Tikus Di Sawah


Tikus bukan hanya mengganggu dan mengerat barang-barang yang ada di rumah saja, tikus juga berperan sebagai Hama bagi para petani. Tikus suka merusak sebagian tanaman yang ada di sawah dan tentu itu cukup merugikan bagi para petani.

Berikut Beberapa Cara Mengatasi Hama Tikus Di Sawah.

1. Memelihara burung hantu (Sebagai salah satu hewan pemburu tikus paling efektif)

2. Menggunakan buah maja, Potonglah buah tersebut sampai 4 atau lebih potongan, kemudian sebarkan potongan buah tersebut ke sawah.

3. Menjebak dengan batang tanaman yang memiliki duri tajam.

4. Menaruh beberapa buah durian ke sawah, makan buahnya kemudian sisanya dari biji atau kulitnya sobat tempatkan ke sawah.

5. Cara yang terakhir adalah dengan cara bergotong royong dengan sesama petani atau warga, dengan terjun langsung ke sawah dan mencari si biang hama, Mungkin akan membuat tikus tersebut terbirit-birit lari dan ketakutan.

Sekian pembahasan mengenai cara ampuh mengusir tikus di rumah atau sawah, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.
Lebih baru Lebih lama