Kelebihan Kucing Kampung Jika Di Pelihara


Memelihara kucing sama halnya kita mempunyai sahabat baru, baik itu untuk teman bermain atau juga tempat untuk sekedar mencurahkan perasaan hati.

Ya, walaupun kucing tidak akan dapat menjawab apa yang kita ucapkan, namun setidaknya kucing mampu menemani pemiliknya dalam suasana hati yang sedih mau pun senang.

Untuk dapat merawat serta memiliki kucing, bukanlah hal yang sangat sulit untuk dilakukan, karena keberadaan kucing di indonesia sendiri cukuplah banyak.

Jenis kucing yang paling umum adalah jenis kucing kampung atau domestik, jenis kucing ini bisa kita temui di mana saja, di jalan, warung makan, persawahan dan bahkan di perumahan juga pasti banyak.

Berbeda dengan jenis ras kucing yang lainnya seperti kucing anggora, persia dan lain sebagainya yang di mana kucing jenis ras tersebut sangat jarang untuk kita temukan, apa lagi sampai berkeliaran di luar rumah.

Mungkin alasannya jenis kucing ras tersebut harganya cukup mahal di banding dengan kucing jenis domestik atau kampung yang bisa saja kita dapatkan secara gratis.

Walaupun kucing ini bisa di dapatkan secara gratis atau tanpa biaya, namun jangan anggap remeh apa lagi sampai keluar nada sinis terhadap kucing kampung.

Admin sering mendengar pencinta kucing saling membanding-bandingkan kucing rasnya dengan kucing kampung, yang admin heran kenapa mereka suka membanding-bandingkan dan saling meremehkan satu dengan yang lain.

Mereka ini pencinta kucing atau hanya membangga-banggakan kucing peliharaannya sendiri.

Toh kucing yang ada di dunia ini kan sama saja, sama-sama makhluk hidup dan ciptaan dari Allah swt yang perlu kita hargai, bukan malah kita hina atau selalu dijadikan bahan perbandingan.

Sebenarnya tidak ada yang salah kalau kita memang bangga dengan kucing peliharaan sendiri.

Tidak salah pula kalau kita membanding-bandingkannya, namun yang disayangkan nya adalah kenapa sampai harus keluar nada sinis tersebut.

Admin berbicara seperti itu bukan tanpa alasan apa-apa, karena admin merasa prihatin sebagai pencinta kucing dan bukan pecinta perbandingan.

Semoga saja pencinta kucing lainnya bukan hanya menyayangi kucing peliharaannya saja, melainkan semua jenis kucing harus dihargai dan disayangi.

Baca juga : Cara merawat kucing kampung yang baik

Kenapa kita harus bangga dengan kucing kampung? Karena ternyata kucing kampung memiliki keunikan dan keunggulan nya tersendiri.

Perbedaan kucing kampung dengan anggora, persia

Kelebihan Kucing Kampung Jika Dipelihara


Adapun mengenai kelebihannya adalah sebagai berikut.

1. Tidak Mudah Terkena Penyakit (daya tahan tubuh kucing kuat)


Kucing kampung terbilang cukup kuat untuk masalah sistem daya tahan tubuh.

Mungkin karena habitat kucing kampung itu di alam liar yang sudah terbiasa menyatu dengan alam.

Ia juga sudah biasa makan dari makanan alam, seperti serangga, tikus dan lain sebagainya.

Bahkan kucing kampung dapat bertahan hidup, walau tidur di mana saja. terkena angin malam, terkena air hujan, petir menggelegar.

Namun si kucing tetap tabah menjalani hidup, yang di mana tidak ada satu manusia pun yang ingin menjadi sahabatnya.

2. Mudah Dipelihara


Kucing kampung cukup mudah untuk kita pelihara dan tidak harus membutuhkan treatment khusus untuk dapat merawat kucing tersebut.

Tidak dipelihara saja masih bisa dan mampu hidup di alam liar, apalagi jika kita merawat kucing tersebut dengan cara yang baik dan juga benar.

Ya, walaupun kucing kampung agak sedikit bandel, sama halnya dengan kucing jantan yang admin miliki.

Bandelnya luar biasa saking bandelnya admin beri nama kucing dengan sebutan si cegos atau si cengos.

Mungkin bagi sahabat yang asalnya dari suku sunda pasti paham arti dan makna dari nama kucing yang admin miliki tersebut.

Tapi menurut admin itu adalah hal yang wajar dan sudah biasa, karena kucing kampung memang karakternya asalnya sudah begitu, suka bermain, lincah, gesit dan juga sangat aktif.

3. Cukup Mudah Didapat


Mungkin saking banyaknya kucing kampung yang di buang serta tidak ada yang mau mengurusnya.

Makanya kucing kampung tersebut cukup banyak sekali yang berkeliaran, baik di warung-warung makan, atau di perumahan.

Jadi tidak heran kalau kucing kampung akan sangat mudah untuk kita dapatkan walaupun tanpa harus membayar ataupun membeli.

Biasanya juga kucing kampung dengan sendirinya akan menghampiri kita, Mungkin ingin mengajak berkenalan dan menawarkan diri untuk bisa di rawat oleh kita.

Sama seperti pengalaman admin yang di mana duku admin sangat takut dengan kucing, Lalu kemudian adik admin menemukan kucing kampung (betina) yang suka main ke rumah.

Maka lama kelamaan tuh si kucing dirawat juga oleh adik admin, penasaran dengan cerita selanjutnya silakan membaca artikel tentang.

Lihat juga: Pengalaman pertama kali suka dengan kucing

4. Gesit, Lincah, Aktif dan Cepat


Salah satu yang admin sukai terhadap kucing kampung adalah aktif dan suka bermain.

Dengan tingkah yang seperti itulah yang menjadi keunikan tersendiri, tadinya di dalam rumah sudah terbiasa sepi, sunyi.

Namun kesepian tersebut mulai berubah menjadi ramai dan bahkan satu keluarga terkadang bisa tertawa bersama, karena melihat ulah dan tingkah laku kucing itu sendiri.

5. Pintar Berburu


Walaupun kucing peliharaan sudah terjamin jatah makanannya, Namun tetap naluri aslinya sebagai hewan pemburu tidak akan berubah.

Jangan memaksa dengan melarang berburu dan terus mengurungnya didalam rumah atau kandang, Kucing itu bukanlah burung yang harus terus di dalam sangkarnya.

Pasti secara alami kucing akan mencari hewan yang mau diburunya, ya hitung-hitung dapat menyeimbangkan ekosistem atau memberlakukan rantai makanan yang ada.

Coba bayangkan kalau tidak ada kucing di dunia ini, lalu siapa yang akan mencegah serta mengusir tikus-tikus di sekitar rumah yang kapan saja bisa masuk mengancam atau bahkan dapat merusak se isi lemari baju.

6. Berkembang Biak Cukup Mudah


Untuk masalah berkembang biak, kucing kampung terbilang tidak begitu merepotkan.

Alasannya karena mereka terbilang cukup mandiri serta mampu untuk melahirkan anaknya, tanpa harus membuat pemiliknya ikut sibuk.

Namun terkadang ada juga kucing kampung yang hendak bersalin, selalu ingin di temani oleh pemiliknya.

Entah maksudnya apa, tapi admin pernah mengalami hal tersebut berkali-kali yang di mana si kucing tidak mau melahirkan kalau pemiliknya tidak ada di dekatnya.

Tapi menurut pendapat admin mungkin saja kita di suruh untuk ikut menjaga (kucing betina) yang hendak melahirkan, karena takut akan kucing liar yang kapan saja bisa masuk dan juga mengganggu.


7. Makanan Kucing Kampung Tidak Susah Dicari


Kucing kampung dari asalnya sudah mandiri, jadi tidak akan repot untuk masalah jenis makanannya.

Karena kucing kampung makanan pokoknya yaitu daging ikan, ayam atau nasi yang telah dicampur dengan minyak kelapa juga biasanya kucing suka dan lahap memakannya.

Bahkan kucing yang admin miliki sangat suka sekali dengan kerupuk, rempeyek atau jenis makanan renyah lainnya, entah awalnya bagaimana admin tidak paham.

Tapi lucu juga sih kalau ada orang disekitar rumah yang sedang makan kerupuk pasti kucing tersebut tanpa disuruh pun pasti akan menghampiri seolah-olah ingin meminta kerupuknya.

Dan pernah admin iseng, membuat pilihan dengan menyimpan 2 jenis makanan antara ikan di posisi kanan dan kerupuk di posisi kiri.

Dan ternyata memang kucing ini adalah kucing yang unik dan memilih kerupuk dari pada ikan.

8. Jarang Diambil Orang Lain


Kucing kampung termasuk kucing yang jarang diambil atau di curi orang, mungkin karena daya tarik kucing kampung masih kalah jauh dengan daya tarik kucing ras lainnya.

Dan kucing kampung mana mungkin laku untuk dijual, kan terlalu banyak kucing kampung yang belum ada pemiliknya, tinggal kita main ke warteg pasti kucing kampung akan sangat melimpah di tempat tersebut.

Tapi ya syukurlah, kucing kampung sangat jarang dijadikan sebagai bahan dagangan yang di mana ada segelintir orang yang mengaku pencinta kucing, Namun hobinya menjual belikan hewan kucing.

9. Tahu Jalan Pulang


Kucing kampung memang bukan hewan anjing yang memiliki daya ingat yang cukup tinggi, namun kucing kampung juga memiliki kemampuan tersebut walaupun tidak terlalu besar.

Pernah admin bertemu dengan kucing admin dikampung sebelah yang jaraknya cukup jauh, admin merasa bingung dan heran.

Itu kucing milik admin atau bukan? setelah didekati memang benar itu kucingnya dan kucing tersebutpun ikut mendekati admin seakan ia tahu siapa pemiliknya.

Berarti kucing tersebut setiap hari mainnya di kampung sebelah, wah jauh juga, tapi uniknya si kucing mengerti jalan pulang dan selalu pulang tepat jadwal (waktu makannya)

Ya, mudah-mudahan saja di kampung sebelah tidak ada kucing betina yang bisa memalingkan kucing dari tempat tinggalnya.

10. Tahan Banting


Kucing kampung selain mandari dan aktif, ia juga tahan banting. tapi sobat jangan sesekali mencoba atau tes kucing tersebut tahan banting atau tidak, lalu kemudian membanting kucing tersebut tanpa alasan yang jelas, JANGAN.

Tahan banting disini maksudnya, kuat dan tidak mengenal kata rasa sakit, pernah kucing admin kakinya pincang dan admin menuduh pasti ada orang yang melempar sesuatu ke arah kucing.

Tapi walaupun sedang sakit dan jalannya pincang, kucing tetap berusaha untuk bisa berjalan, Seakan-akan terlihat ingin berusaha keras untuk bisa cepat pulih dan sembuh.

Setelah admin rawat kaki kucingnya alhamdulillah tidak perlu memakan waktu lama, kucing tersebut sudah sembuh walaupun jalannya masih terlihat agak sedikit pincang.

Tapi namanya juga kucing tangguh, belum juga total sembuh tapi masih saja hobi naik ke atas loteng, emang bandel banget.

Bukan hanya kelebihan kucing kampung saja, tapi ada juga sisi unik dari beberapa kebiasan kucing kampung itu sendiri, penasaran apa saja sisi uniknya, silakan dilihat dibawah ini.

Tingkah Laku Atau Kebiasaan Unik Kucing Kampung


1. Selalu lahap dan habis jika makan daging ikan.

2. Akan mencari dan menggali tempat atau pasir jika hendak buang air lalu kemudian menutupnya lagi dengan pasir yang telah ia gali.

3. Termasuk kucing setia dan penurut.

4. Seolah-olah mengerti jika pemiliknya menegur jika kucing tersebut melakukan salah.

5. Kucing selalu tanggap, jika ada suara piring atau suara rak lemari terbuka, karena kucing paham pemiliknya akan makan, walaupun kucing dalam keadaan tertidur.

6. Hobi mandi dengan cara menjilati bulunya, kalau mau bukti silakan taburkan debu ke tubuh kucing, pasti detik itu juga langsung di bersih kan oleh kucing.

7. Suka mencuri ikan, kalau ini jangan salahkan kucingnya tapi salahkan pemiliknya yang menyimpan ikan ditempat terbuka, ya itu sama saja kalau kita menyimpan yang 1 milyar yang berserakan di lapangan terbuka.

8. Suka berguling-guling lalu kemudian masuk ke rumah, lalu tidur.

9. Buang air di mana saja, tapi itu berlaku untuk kucing yang tidak dididik sejak dini, kalau kita didik anak kucing untuk terbiasa membuang air di luar rumah, pasti tidak akan berani untuk buang air sembarangan apa lagi di dalam rumah.

10. Kucing kampung (jantan), pada saat musim kawin, akan berkelana dan merantau sesaat dan mencari kucing betina, kalau berhasil menggaet hati si kucing betina, biasanya jarang pulang ke rumah.

11. Kucing kampung mampu terbang, percaya? TIDAK, Jawaban tersebut sangat bagus, itu menandakan sobat masih sehat, Hehehe.

Mungkin dari beberapa keunikan kucing kampung yang telah dijabarkan di atas, pasti ada juga kesamaan dengan keunikan yang dilakukan oleh kucing ras lainnya, kan sama-sama kucing juga.

Nah, itulah beberapa kelebihan dari kucing kampung, bagi sobat yang hendak merawat kucing kampung, tetaplah selalu ikhlas untuk merawatnya.